5 Ciri Kolestrol Tinggi Pada Tubuh, Kenali Sebelum Terlambat

Komentar
ciri kolesterol tinggi
5 Ciri Kolestrol Tinggi Pada Tubuh (ilustrasi: viva.co.id)

Pada kasus tertentu, penderita kolesterol tinggi bisa mengalami stroke atau serangan jantung secara tiba-tiba.

Oleh karena itu penting mengenali tanda-tanda kolestrol tinggi pada tubuh Anda sebelum terlambat.

Dalam tubuh manusia kolesterol tersebar dalam bagian-bagian tubuh tertentu seperti kulit otot, saraf, otak dan juga jantung.

Kolesterol pada umumnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu fungsi organ agar berjalan dengan baik.

Tubuh membutuhkan kolesterol juga untuk menghasilkan estrogen dan hormon lainnya dan juga memproduksi vitamin D. Namun, kadar kolesterol yang berlebihan justru dapat merugikan tubuh.

Pada keadaan yang normal seseorang mempunyai kadar kolesterol 160-200 mg dan dapat dikatakan dalam fase yang berbahaya apabila melebihi 240 mg yang dapat mengakibatkan stroke.

Total Kolesterol < 200 mg/dl = ideal, 200-239 mg/dl = ambang batas resiko tinggi dan 240 > + = risiko tinggi.

Jika Anda tidak mau berisiko mengalami berbagai penyakit karena kolesterol, maka artinya Anda harus mewaspadai ciri-ciri kolesterol tinggi sejak dini.

Kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh makan-makanan yang tidak sehat, contohnya makanan gorengan yang banyak mengandung lemak jenuh. Selain itu, obesitas dan jarang berolahraga juga bisa memicu kenaikan kadar kolesterol yang berisiko serangan jantung atau stroke.

Namun, apa saja tanda-tanda kalau kolesterol sedang tinggi? Bagaimana cara mengetahuinya? Simak penjelasan lengkap sebagaimana kami kutip dari berbagai sumber berikut ini.

Apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi dalam tubuh?


terkini.id

Sebenarnya tidak ada tanda-tanda kolesterol tinggi yang tampak oleh penderita. Tingkat kolesterol hanya bisa dideteksi jika Anda memeriksakan diri melalui tes darah.

Pada kasus tertentu, penderita kolesterol tinggi bisa mengalami stroke atau serangan jantung secara tiba-tiba. Hal ini dapat terjadi karena kolesterol sudah membentuk plak sehingga mempersempit pembuluh nadi (arteri). Akibatnya, aliran darah pun terhambat.

Namun demikian, gejala umum yang sering menimpa tubuh penderita kolestrol tinggi adalah sebagai berikut;

1. Dada terasa nyeri

Ciri-ciri kolestrol tinggi pada tubuh yang pertama adalah adanya nyeri pada dada.

Ketika kadar kolesterol tinggi, hal ini bisa menyebabkan penumpukkan lemak di dalam arteri.

Kondisi ini sering membuat alirah darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Nyeri pada dada sering berhubungan dengan kondisi ini.

Namun nyeri dada biasanya sering diabaikan karena dianggap sebagai rasa kelelahan. Nyeri bisa memicu aliran darah yang tidak lancar dan bisa menjadi indikasi munculnya gejala penyakit jantung.

2. Kaki dan tangan jadi gampang sakit

Ciri-ciri kolestrol tinggi pada tangan dan kaki biasanya lebih dirasakan.

Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi juga bisa mengalami rasa sakit pada bagian tangan dan kaki. Rasa sakit ini, bisa saja dialami dengan rasa nyeri, ngilu atau bahkan kondisi tidak nyaman ketika digunakan untuk mengangkat benda berat atau bahkan bergerak sekalipun.

Biasanya, lansia juga sering merasa panas dan kesemutan pada kaki dan tangan sehingga mempengaruhi fungsinya.

Hal ini menjadi pertanda bahwa kolesterol sudah menyebabkan aliran darah pada bagian kaki dan tangan menjadi tidak lancar.

3. Jadi sulit bernapas

Ciri-ciri kolesterol tinggi juga bisa ditandai dengan sulitnya bernapas. Ini terjadi akibat penumpukan kolesterol yang terlanjur menjadi-jadi pada dinding pembuluh darah paru.

Jantung sudah tidak bisa memompa darah dengan baik ke paru, sehingga tubuh mengalami kekurangan oksigen.

4. Gampang capek

Tanda kolestrol tinggi pada tubuh selanjutnya adalah mudah lelah.

Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi pada semua orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi.

Masalah utamanya, adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah kadar oksigen yang cukup.

Lalu, berbagai organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras, sementara jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah.

Tak jarang akhirnya tubuh yang mudah lelah dan tidak bersemangat sering dialami oleh orang yang mengalami tinggi kolesterol.

5. Otot tubuh lemah

Penderita hipertensi yang mengalami kolesterol tinggi juga bisa mengalami otot kaki yang sangat lemah.

Hal ini terjadi ketika arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga otot kaki menjadi sangat lemah.

Risiko kolesterol tinggi tak boleh Anda abaikan


hellosehat.com

Seperti yang kami paparkan diatas, ketika kadar kolesterol tubuh melonjak, arteri koroner yang
mensuplai jantung dengan darah perlahan bisa menyempit akibat penumpukan plak.

Proses ini disebut aterosklerosis, terjadi perlahan seiring berjalannya waktu, bahkan kadang Anda tidak merasakan gejala tertentu.

Akhirnya, jika penumpukan plak terus menerus terjadi, sepotong plakat pada arteri bisa tersobek. Bila ini terjadi, bekuan darah akan terbentuk di sekitar plak.

Hal ini dapat menghalangi aliran darah ke otot jantung dan hilang juga aliran oksigen dan nutrisinya.

Nah, kekurangan oksigen dan nutrisi ini disebut iskemia. Saat jantung menjadi rusak, atau bagian jantung mulai mati karena kekurangan oksigen, itulah yang disebut serangan jantung.

Baca Juga: Yang Punya Kolesterol (Jahat) Tinggi, Konsumsi 5 Bahan Alami ini!

Pemicu Kolesterol Tinggi


hellosehat.com

Selain makanan tidak sehat dan juga obesitas seperti kami paparkan diatas, beberapa penyebab kolesterol tinggi yaitu:

Merokok

Kebiasaan merokok menyebabkan penurunan kolesterol baik (HDL), sekaligus merusak pembuluh darah yang memicu timbunan lemak.

Diabetes

Penderita diabetes berisiko mengalami kolesterol tinggi karena kadar gula darah tinggi dapat merusak pembuluh nadi (arteri). Selain itu, kondisi tersebut meningkatkan kadar LDL serta menurunkan kadar HDL.

Lingkar pinggang lebar

Waspadai juga dengan kondisi lingkar pinggang yang lebar, sebagai pemicu kolesterol tinggi. Wanita dengan lingkar pinggang lebih dari 89 cm dan pria lebih dari 102 cm, berisiko mengalami kolesterol tinggi.

Gaya hidup tak sehat dan kurang olahraga

Jangan malas berolahraga dan memulai hidup sehat. Tubuh yang kekurangan gerak akan meningkatkan adanya penumpukan kolestrol pada tubuh.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi



Ketika muncul beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi, Anda perlu untuk mewaspadainya. Penanganan yang tepat akan membuat kondisi tubuh Anda utamanya terkait kadar kolesterol menjadi lebih baik.

Nah seperti kami paparkan penyebabnya, berarti juga ada solusi yang bisa Anda lakukan.

1. Jaga Pola Makan

Pola makan tak sehat membuat resiko kolestrol Anda meningkat, maka sebaliknya menjaga pola makan yang sehat akan menurunkan kemungkinan munculnya kolesterol tinggi dalam tubuh.

Konsumsilah beras merah dan batasi asupan daging yang mengandung lemak. Anda juga harus memperbanyak buah-buahan dan sayuran, serta rutin meminum teh hijau untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Perbanyak konsumsi ikan

Salah satu cara yang terbilang ampuh untuk menurunkan gejala kolesterol tinggi adalah mengonsumsi ikan.

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalamn ikan bisa menurunkan kadar lemak dalam darah dan LDL, serta bisa menaikkan HDL.

Contoh ikan yang banyak mengandung omega 3 adalah ikan salmon. Jika Anda ingin lebih praktis, suplemen omega 3 sudah banyak dijual di pasaran.

3. Rutin berolahraga

Nah, gaya hidup sehat adalah kuncinya. Berolahragalah secara rutin minimal 3 kali seminggu untuk menurunkan gejala kolesterol tinggi.

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.
Top