8 Cara Mudah Mengetahui Ciri-ciri Madu Asli & yang Palsu

Komentar
ciri ciri madu asli
8 Cara Mudah Mengetahui Ciri-ciri Madu Asli & yang Palsu (foto: jytm.co.id)

Jangan sampai tertipu saat membeli madu.

Agar tidak salah pilih, berikut delapan cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui madu yang akan Anda beli asli atau palsu.

Harus diakui di balik manisnya madu, ada beragam khasiat madu yang bermanfaat untuk tubuh. Mulai dari berguna untuk perawatan kulit, membantu menyembuhkan luka sampai berfungsi sebagai antioksidan.

Madu adalah salah satu bahan minpman alami yang banyak digunakan dan dimanfaatkan di masyarakat.

Madu merupakan bahan nectar yang diperoleh oleh lebah dari bunga-bunga. Nectar ini selanjutnya akan dikumpulkan di sarang lebah dan di dalamnya akan mengalami tiga proses pengolahan hingga menjadi madu.

Di tahap pertama, enzim yang dimiliki lebah akan bercampur dengan nectar lalu masuk ke proses fermentasi untuk nektar. Setelah itu, dari tahap pertama ini akan menghasilkan madu dan pada tahap terkahir semua cairan yang ada dalam madu akan keluar dan menyisakan madu murni saja.

Khasiat madu yang sangat mlimpah membuat kebutuhan akan madu di masyarakatpun semakin banyak, namun kebutuan konsumen tersebut tak sebanding dengan jumlah produksi madu itu sendiri. Hal inilah yang kemudian dilirik oknum-oknum nakal untuk membuat madu palsu.

Oleh karena itu, masyarakat harus jeli dan paham dalam membedakan madu asli dan madu palsu.

Agar tidak salah pilih dan tertipu, berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda jadikan pedoman untuk mengetahui ciri-ciri madu asli tanpa campuran;

Ciri-ciri Madu Asli dan Bedanya dengan yang Palsu

Biasanya sebelum membeli, penjual akan mempersilahkan kita mencobanya. Nah gunakan kesempatan tersebut untuk mengetahui apakah madu yang akan Anda beli asli atau bukan dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Ambil madu dengan sendok, kemudian angkat 


pixabay.com/stevepb

Jika ada tester yang diberikan, cobalah memasukan sendok atau pengaduk ke dalam madu. Kemudian, angkat pengaduknya kira-kira 5-10 cm dari tempatnya.

Madu yang berkualitas, cairannya tidak akan putus-putus. Madu asli akan sulit untuk diputus alirannya karena teksturnya sangat kental. Sebaliknya, kalau madu pada sendok yang diangkat mudah diputus, sebaiknya kamu mencari merek lain.

2. Celupkan madu pada air


dietoflife.com

Cara lainnya adalah dengan mencelupkan madu ke dalam air. Madu murni tidak akan mudah larut dan langsung jatuh ke dasar gelas yang telah diisi air. Berbeda dengan madu dengan kualitas yang kurang baik, dia akan mudah larut atau terapung di permukaan air.

3. Meneteskan madu di permukaan kertas


Ark.21

Kertas yang telah dilapisi madu asli dengan kualitas baik tidak akan mudah robek atau tembus ke sisi sebaliknya. Namun, apabila kertas yang diolesi madu mudah untuk robek dan tembus, bisa saja sudah dicampur air dan mengurangi khasiatnya.

Baca Juga: Bukan Sebuah Mitos, Inilah 4 Manfaat Nyata Kunyit Dicampur Madu Bagi Kesehatan

4. Coba bakar setetes madu saja


Youtube

Setelah meneteskan di kertas tadi, anda bisa mencoba membakarnya.

Madu yang telah dicampur gula, akan menggumpal atau terkaramelisasi. Sedangkan madu yang asli, akan tetap berbentuk cairan dan hanya menunjukan buih meski setelah dipanaskan. Perubahan rasanya pun tidak signifikan.

5. Teteskan madu pada kain


rejekinomplok.com

Madu murni akan diserap oleh kain jika Anda teteskan. Jika tetesan tersebut menggumpal dan tak terserap kain, bisa dipastikan madu tersebut palsu.

Anda juga dapat membuktikan kemurnian dengan mencuci bekas tetesan pada kain. Jika Anda tidak menemukan noda di atasnya, madu Anda murni.

6. Cium aromanya


berkahkhair.com

Madu murni memiliki aroma yang ringan dan halus yang menggoda hidung Anda, sedangkan madu palsu biasanya berbau asam.

Namun cara ini memang sulit dan butuh keahlian.

7. Perhatikan warna madu


jualmaduhitamasli.wordpress.com

Madu asli takkan sejernih yang diharapkan karena bagaimanapun juga akan ada sisa sarang lebah atau serbuk sari yang lolos saat proses penyaringan. Berbeda halnya dengan madu palsu yang teksturnya lebih bersih, jernih, dan juga encer.

Oleh sebab itu, jangan tertipu dengan penampilan madu yang terlalu jernih karena bisa jadi itu sudah tidak asli lagi.

8. Periksa label pada kemasan madu

planethajiumrah.com

Nah ini cara terahir yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian madu, kususnya madu kemasan.

Pada saat pembelian periksa label dengan hati-hati. Jika Anda menemukan bahan-bahan tambahan, tidak usah membelinya.

Ada banyak alasan mengapa Anda sebaiknya tidak sembarangan membeli madu.

Sebab, madu palsu sudah dibubuhi gula tambahan atau pemanis lainnya sehingga bisa memicu kenaikan berat badan, diabetes, ginjal, bahkan kanker kalau dikonsumsi terus-menerus.

Selain itu, proses pembuatan madu palsu tidak terjamin kebersihannya sehingga rawan terkontaminasi berbagai kuman berbahaya.

Jadi jangan biarkan kesehatan Anda dipermainkan oleh madu palsu. Kenali ciri-ciri madu asli sebelum melakukan transaksi.

Demikian, semoga bermanfaat.
Top