Cara Meruqyah Diri Sendiri dan Orang Lain Supaya Tubuh Tidak Dihuni Jin

Komentar

Image Source: serikatnews.com

Ruqyah merupakan bagian dari doa, sebagai bentuk memohon perlindungan atau memohon kesembuhan dari gangguan atau bahaya, baik fisik atau batin. Dan juga hal tersebut merupakan kebiasaan sejak jaman Nabi, Berikut hadist dan pendapat ulama tentang ruqyah.

Dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah,
“sesungguhnya meruqyah termasuk amalan yang utama, termasuk kebiasaan para Nabi dan orang orang shahih yang senantiasa menangkis syetan syetan dari anak adam dengan cara yang diperintahkan Allah dan Rasul Nya.” (Kaifa Tu’Aliju Maridhaka Bi Ar Ruqyah Asy Syar’iyyah hal 41)

Ibnul Atsir mengatakan,
“Ruqyah adalah doa memohon perlindungan, yang dibacakan untuk orang yang sedang sakit seperti demam, kerasukan, atau penyakit lannya.” (An Nihayah fi Gharib At Atsar : 2/254)

Pendapat Al Qarrafi,
“Ruqyah adalah lafadz khusus yang diucapkan dengan niat untuk kesembuhan dari penyakit dan segala sebab yang merusak.” (Aunul Ma’bud : 10/264)

Sebenarnya ruqyah berisi ayat-ayat Al-Quran atau doa-doa dari Hadist, yang boleh dilakukan secara pribadi untuk diri sendiri dengan harapan berlindung kepada Allah SWT atau untuk menyembuhkan penyakit. Lalu bagaimana cara meruqyah diri sendiri?

Bagaimana cara meruqyah diri sendiri dengan mudah? Bagaimana cara meruqyah diri sendiri dengan benar? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Cara Meruqyah Diri Sendiri dan Orang Lain

1. Mantapkan Hati

Pertamaa awali dengan kemantapan hati bahwa kesembuhan hanya datang dari Allah SWT, ikhlas dan hadapkan diri dengan kesungguhan, jika anda percaya maka Allah SWT akan mengabulkannya.

2. Berwudhu 

Berwudhu terlebih dahulu, karena ruqyah harus dilakukan dalam keadaan suci. Dalam kondisi suci akan mempermudah proses ruqyah yang dilakukan.

3. Dalam kondisi bersih

Memakai pakaian yang bersih, bebas dari najis, dan menutup aurat. Sehingga jiwa menjadi tenang dan tentram serta jauh dari godaan syaitan.


4. Shalat taubat dan shalat sajat masing-masing 2 Rakaat

Hal tersebut dilakukan untuk memohon ampunan terlebih dahulu atas dosa dosa kita sebagai umat manusia dan untuk memperkuat memohon hajat atau doa kepada Allah SWT supaya dikabulkan dan mendapat ridho Nya.

5. Membaca ayat-ayat tertentu

Ada beberapa ayat suci Al-Quran yang sering dibaca saat meruqyah diri sendiri dan orang lain dari gangguan jin. Di antaranya adalah surat Al-Fatihah, Ayat Kursi, Surat al-Ikhlas, Surat al-Falaq, dan Surat an-Naas.

6. Mengusap tangan keseluruh tubuh

Mengusapkan tangan ke seluruh tubuh setelah ditiupkan dengan ayat-ayat Al-Quran di atas.

7. Ruqyah dengan media air

Bagaimana cara meruqyah diri sendiri dengan media air? Caranya, cukup dengan minum atau meminumkan air yang sudah ditiupkan dengan ayat-ayat Al-Quran di atas.

8. Ruqyah ketika ada anggota tubuh yang sakit

Caranya, letakkan tangan di atas anggota tubuh yang sakit. Baca 'Bismillah' sebanyak 3 kali. Lanjutkan dengan membaca doa yang dianjurkan Rasulullah SAW berikut sebanyak 7 kali:

A’UUDZU BI ‘IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU

Artinya: “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

9. Ruqyah sebelum tidur

Gabungkan kedua telapak tangan, lalu bacakan surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. Setelah itu tiupkan pada kedua telapak tangan. Kemudian usapkan ke seluruh tubuh yang bisa dijangkau. Antara lain mulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan, diulang sebanyak 3 kali.

10. Ruqyah ketika terluka

Ambil ludah di ujung jari, kemudian letakkan di tanah dan selanjutnya oleskan campuran ludah dan tanah tersebut di bagian yang luka. Dan juga sambil membaca doa berikut:

BISMILLAH, TURBATU ARDHINAA BI RIIQATI BA’DHINAA, YUSYFAA SAQIMUNA BI IDZNI RABBINAA

Artinya: “Dengan nama Allah, debu tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah.” (HR. Bukhari 5745 & Muslim 5848)

Demikian penjelasan diatas tentang cara untuk meruqyah diri sendiri dan orang lain. Semoga bermanfaat!
Top