Ingin Gemuk, Begini Cara Meningkatkan Nafsu Makan

Komentar

Image Source: grid.id

Nafsu makan yang menurun merupakan masalah yang menjengkelkan bagi orang-orang yang kekurangan berat badan, atau terus-menerus kehilangan berat badan yang tidak diinginkan.

Kurangnya nafsu makan bisa menjadi efek samping dari obat yang Anda gunakan, karena Anda sedang tertekan atau dilanda stres, atau Anda baru saja pulih dari sakit. Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan?

Cara meningkatkan nafsu makan

1. Konsumsi makanan favorit

Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan anak? Mengonsumsi makanan favorit dapat menjadi salah satu metode paling efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Selama makanan yang disukai adalah jenis asupan yang baik bagi tubuh, maka tidak ada salahnya untuk memilih makanan yang memang disukai tersebut. Metode tersebut juga sangat efektif diterapkan bagi anak-anak. Memilih asupan yang tepat bagi anak memang tidak mudah karena terkadang asupan gizi yang tepat tidak diimbangi dengan minat anak terhadap asupan makanan tersebut.

2. Konsumsi sayur dan buah

Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan pada bayi? Sayur dan buah merupakan asupan yang kaya akan nutrisi dan juga serat. Jika nafsu makan menurun karena sering merasa kembung di bagian perut, maka konsumsilah sayur dan buah setiap hari. Kandungan serat yang tinggi di dalam sayur dan buah akan mencegah kembung di dalam perut dan juga melancarkan proses pencernaan. Kondisi tersebut akan meningkatkan nafsu makan secara lebih signifikan.

3. Olahraga

Cara meningkatkan nafsu makan dengan cepat yaitu dengan olahraga. Olahraga adalah metode sehat dan alami yang dapat meningkatkan nafsu makan. Ketika berolahraga, tubuh melakukan pembakaran kalori dalam kurun waktu relatif cepat. Kalori yang terbakar pada saat berolahraga akan membuat tubuh kita kekurangan kalori dan menimbulkan rasa lapar. Dengan kata lain, aktivitas fisik seperti olahraga akan memicu rasa lapar sehingga nafsu makan akan meningkat. Selain sebagai cara meningkatkan nafsu makan, olahraga juga sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah berbagai jenis penyakit seperti ganguan jantung, hipertensi, obesitas, dan lain sebagainya.

4. Membiasakan sarapan

Sarapan mungkin menjadi salah satu aktivitas yang sangat sulit dilakukan, terutama bagi yang memiliki nafsu makan rendah. Tetapi, melewatkan sarapan justru akan semakin menurunkan nafsu makan. Sarapan pagi ternyata akan membuat proses metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Metode seperti itu akan meningkatkan pembakaran kalori di dalam tubuh sehingga membuat perut lebih cepat merasa lapar. Sehingga, nafsu makan juga akan meningkat.

5. Hindari stres

Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan pada ibu hamil? Stres merupakan kondisi psikologis yang sering memicu penurunan nafsu makan. Usahakan agar Anda selalu melakukan relaksasi agar terhindar dari stres. Perbanyaklah berkumpul bersama teman karena bisa jadi berkumpul dengan orang-orang terdekat akan membuat Anda lebih banyak tersenyum dan juga tertawa. Metode semacam itu akan membuat mood Anda lebih baik sehingga nafsu makan juga akan meningkat. Bahkan menurut penelitian, tertawa bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan nafsu makan sebagai pengganti olahraga.

6. Konsumsi jamu tradisional

Cara meningkatkan nafsu makan dengan bahan alami yaitu dengan mengonsumsi ramuan tradisional berbahan herbal atau yang sering disebut dengan jamu bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan nafsu makan. Beberapa jenis jamu yang terbuat dari bahan alami seperti temulawak, kunyit, jahe, dan bahan alami lainnya telah terbukti mampu meningkatkan nafsu makan. Bahkan banyak produk susu kemasan untuk anak yang mengandung berbagai bahan herbal tersebut karena dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan anak.

7. Hindari makanan dengan aroma yang menusuk 

Makanan yang memiliki aroma yang tajam bisa sangat mengganggu dan membuat Anda tidak mau menghabiskan makanan Anda, apalagi jika awalnya Anda tidak merasa lapar. Hindari makanan seperti ikan tuna atau keju berbau tajam (kecuali jika Anda menyukainya) atau apapun yang memiliki aroma yang tidak merangsang nafsu makan Anda. Perlu diingat, makanan panas biasanya memiliki aroma yang lebih tajam daripada makanan dingin, jadi cobalah makan sandwich, salad, atau daging olahan yang disajikan dingin, jika Anda tidak suka makanan beraroma tajam.

8. Minum air diantara waktu makan

Pada saat makan, sebaiknya Anda tidak terlalu sering minum karena akan membuat Anda kenyang lebih cepat. Boleh sesekali minum, akan tetapi lebih baik jika Anda minum air setelah selesai makan. Terlebih, Anda sebaiknya lebih sering minum air putih diantara waktu makan. Hindarilah minum minuman bersoda karena hal tersebut kurang baik untuk kesehatan.

Demikian bagaimana cara meningkatkan nafsu makan? Semoga bermanfaat.
Top