Cara Meningkatkan Daya Ingat & Konsentrasi, Begini Anjuran Medis Maupun Islam

Komentar
cara meningkatkan daya ingat
Cara Meningkatkan Daya Ingat & Konsentrasi (Ilustrasi: kampoengilmu.com)

Anda sering lupa atau bahkan susah konsentrasi?

Jangan pernah disepelekan, ikuti anjuran Islam maupun medis ini agar kinerja otak tetap terjaga.

Otak merupakan organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Organ ini berfungsi dari mulai untuk berpikir hingga alam bawah sadar.

Jamak diketahui, fungsi kerja otak menurun pada orang-orang berusia lanjut. Itulah mengapa kakek dan nenek kita kerap kali menderita penyakit pikun atau mudah lupa.

Meski demikian, tidak sedikit pula orang di usia muda maupun pelajar yang mudah lupa alias daya ingatnya tidak baik ataupun kehilangan konsentrasi.

Sebenarnya, tidak ada yang namanya "daya ingat buruk". Hanya saja, seiring waktu fungsi otak akan kian menurun akibat proses penuaan dan juga dampak kondisi kesehatan tertentu.

Terkadang, Anda mengalami lupa menaruh barang, lupa ada janjian dll. Kondisi tersebut memang lumrah terjadi, namun jika keseringan bisa saja hal tersebut berdampak buruk bagi Anda.

Secara medis dan juga agama, sebenarnya ada berbagai cara menjaga kinerja otak. Termasuk memaksimalkan fungsi otak sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi dan fokus tanpa termakan usia.

Hal ini juga berlakau sebagai cara meningkatkan daya ingat anak, maupun cara meningkatkan daya ingat saat belajar.

Apa saja caranya? Silahkan simak ulasan lengkapnya.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi dari Segi Medis


Medikus.com

Salah satu tips ampuh sebagai cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi adalah dengan menjalani pola hidup sehat.

Berikut beberapa kebiasaan yang baik untuk dilakukan agar daya ingat bisa terjaga. Di antaranya:

1. Cerdas memilih konsumsi makanan

Cara meningkatkan daya ingat otak secara alami adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk otak.

Tentunya setiap bahan makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Memilih makanan yang tepat bisa menjaga otak tetap sehat dan menguatkan daya ingat.

Coba deh Anda konsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan lemak sehat untuk meningkatkan fungsi otak. Anda juga bisa mengkonsumsi salmon, walnut, blueberry, alpukat, kelapa dan coklat yang terbukti bermanfaat untuk otak.

2. Banyak beraktivitas & olah raga

Anda perlu aktif bergerak untuk menjaga daya ingat tetap kuat. Dengan ini, pertukaran udara yang lancar dapat memudahkan oksigen masuk hingga ke otak.

Selain itu, aktif berolahraga juga dapat memiliki manfaat lain bagi tubuh untuk tetap bugar dan mencegah diabetes.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan aerobic dan yoga secara rutin. Selain meningkatkan performa otak, Anda juga bisa lebih fokus.

3. Istirahat yang cukup

Memaksa otak terus bekerja dalam waktu yang panjang justru dapat membuat kinerjanya semakin kacau.

Kekurangan tidur juga bisa berbahaya bagi fisik dan mental.

Usahakan untuk tidur 7-9 jam perhari untuk mengistirahatkan pikiran. Dengan demikian, Anda lebih siap untuk menerima informasi dan tidak mudah lupa.

4. Jangan manjakan otak

Inilah pentingnya berfikir dan terus belajar, apalagi yang masih berusia muda.

Seperti pisau yang perlu diasah, Anda pun harus terus melatihi otak. Semakin sering Anda berfikir, belajar dan lain sebagainya, maka semakin kuat pula kinerja otak Anda.

5. Meditasi

Sebagaimana dilansir dari alodokter.com, pikiran yang sedang stres bisa mempengaruhi kinerja otak untuk mengingat. Dalam jangka panjang, stres dapat merusak sel otak dan melemahkan daya ingat.

Anda perlu berpikir jernih dan tetap tenang untuk mencegahnya dan menjaga otak tetap sehat.

Rutin melakukan meditasi selama tiga bulan terbukti dapat meningkatkan performa kinerja otak. Selain baik untuk kinerja otak, melakukannya selama 25 menit perhari juga bisa meningkatkan semangat Anda.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi dalam Islam


Islamidia.com.

Selain medis, dalam Islam sendiri telah ada metode untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi serta kecerdasan otak.

Dalam kitab “Ta’lim al-Muta’alim”, membahas mengenai tatakrama untuk mencari ilmu. Dikatakannya bahwa ada beberapa hal yang bisa menguatkan ingatan dan hafalan seseorang. Diantaranya:

1. Mendirikan shalat

Itulah sebabnya jika seharusnya shalat itu bukan hanya menjadi kewajiban bagi Umat Muslim, tetapi menjadi kebutuhan.

Seorang professor mengatakan bahawa 80% darah yang bisa jantung pompa hingga sampai ke otak, ialah dalam keadaan sujud.

Didalam otak, terdapat bagian syaraf yang tidak bisa dialiri oleh darah kecuali jika dalam keadaan sujud. Karena, posisi jantung yang terletak di dada tidak cukup kuat untuk mengalirkan darah keseluruh bagian otak.

Oleh karena itu, ketika dalam posisi sujud yang mana otak berasa lebih bawah dari jantung, menyebabkan aliran darah mengalir ke seluruh bagian otak. Hal ini pula yang menyebabkan kita dianjurkan untuk sujud lebih lama.

Fakta membuktikan jika otak kekurangan oksigen, maka kemampuan otak pun akan menurun dan daya pikir akan melemah. Namun, sebaliknya apabila banya pasokan oksigen, kita kan lebih mudah untuk menghafal, mengingat dan meneriam inforamasi baru.

Baca Juga: Cara Melatih Kecerdasan Anak dengan 7 Macam Senam Otak ini

2. Sering membaca al-Qur’an dan menghafalnya

Dalam riset Universitas Al-Azhar menyatakan, bahwa dengan membaca al-Qur’an kinerja otak akan meningkat dan ingatan tajam hingga 80%.

3. Puasa

Mungkin seseorang berpikir jika puasa tidak hanya memiliki peranan khusus untuk sistem pencernaan. Namun nyatanya, puasa juga berpengaruh besar pada kinerja otak.

Apabila menurut kebanyakan orang puasa membuat konsentrasi berkurang, maka salah. Justru dengan berpuasa kita akan lebih mudah untuk menerima pelajaran dan berpikir pun akan menjadi terasa ringan dan enteng.

Maka, tidak heran jika ulama-ulama terdahulu pun selalu mengamalkan puasa.

Nah itulah pembahasan singkat cara meningkatkan daya ingat, konsentrasi serta kinerja otak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian.
Top