Gejala, Tanda, dan Cara Mengobati Bisul yang Efektif

Komentar

Image Source: alodokter.com

Bisul adalah salah satu kondisi kulit yang paling yang sering terjadi. Wanita, pria, tua, dan anak muda bisa saja mengalaminya sewaktu-waktu. Meski begitu, orang yang sedang sakit dan sedang minum obat tertentu yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh akan lebih rentan untuk mengalami bisulan. Beberapa penyakit yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh termasuk diabetes atau gagal ginjal. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah misalnya karena usia tua atau karena HIV, Anda juga dapat rentan bisulan.

Bisul juga mungkin muncul lebih dari 1 benjolan dalam waktu bersamaan. Kondisi ini tidaklah serius dan mudah disembuhkan. Bagaimana cara mengobati bisul?

Tanda dan gejala bisul

  • Kondisi ini biasanya muncul sebagai ruam kemerahan di kulit yang terasa sakit ketika Anda menyentuhnya. 
  • Lambat laun, ruam kemerahan ini membentuk benjolan kecil yang keras, terisi penuh oleh nanah, dan terasa nyeri. 
  • Benjolan dapat muncul di area leher, wajah, pinggang, lipat paha, ketiak, dan pantat.
  • Benjolan biasanya berdiameter kira-kira 1,5 hingga 5 cm. Selain itu benjolan ini juga dapat membesar dan semakin terasa nyeri jika disentuh.
  • Beberapa benjolan terdapat di lapisan kulit yang lebih dalam, lalu muncul dan mengeluarkan cairan berisi darah dan cairan putih. 
  • Setelah benjolan berisi nanah, rasa nyeri akan berkurang tetapi bengkak dan kemerahan menetap dalam beberapa hari atau beberapa minggu, dan dapat meninggalkan bekas.
  • Jika tidak diobati dengan tepat, kondisi ini dapat memasuki aliran darah dan menginfeksi organ sekitar, menyebabkan infeksi.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda khawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Membedakan benjolan bisulan dan jerawat

Banyak orang yang kebingungan untuk membedakan benjolan tanda bisulan dan jerawat. Karena, keduanya bisa terlihat mirip. Penyebab dan cara mengobati bisul terkadang dapat membuat kulit Anda memerah dan benjolannya terasa menyakitkan jika disentuh.
  • Dari segi tampilan. Jika Anda bisulan, benjolan umumnya timbul dari ukuran yang kecil dan selanjutnya akan tumbuh membesar. Selain itu, beberapa benjolan karena bisulan juga terlihat seperti membengkak.
  • Dari segi lokasi. Jerawat biasanya muncul di wajah, dada, atau punggung karena lokasi tersebut memiliki kelenjar minyak yang sangat aktif. Sementara jika Anda mengalami bisulan, benjolan biasanya muncul di area sering berkeringat atau bergesekan dengan pakain. Misalnya selangkangan, pantat, ketiak, dan paha.

Jika Anda masih bingung apakah Anda mengalami bisulan dan jerawat, jangan ragu untuk menanyakan langsung ke dokter spesialis kulit. Dokter spesialis kulit akan menjelaskan secara rinci sekaligus memeriksa kondisi Anda secara langsung guna menentukan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Cara mengobati bisul

Bagaimana cara mengatasi bisul? Ada berbagai cara mengobati bisul. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan bahan alami dan obat yang dijual di apotek.

1. Kompres air hangat

Benjolan berisi nanah dapat pecah dengan sendirinya dalam 1-2 minggu. Anda dapat menempelkan kompresan air hangat di lokasi benjolan tersebut untuk mempercepat proses penyembuhan sekaligus mengeringkannya. Kompres air hangat adalah salah satu obat bisul alami yang paling mudah untuk dilakukan. Caranya:
  • Siapkan air hangat serta handuk/kain halus dan bersih. 
  • Celupkan handuk/kain bersih ke dalam air hangat dan peras hingga kering. 
  • Letakkan kain pada benjolan selama 10 menit beberapa kali sehari. 
  • Tetap kompres dengan kain hangat dan basah setelah benjolan berisi nanah tersebut pecah.

Obat bisul alami satu ini dapat mengurangi rasa sakit dan memancing agar nanah di dalam benjolan naik ke permukaan. Jangan lupa, selalu cuci tangan sampai bersih sebelum dan setelah Anda menyentuh benjolan berisi nanah ini.

2. Jangan dipencet

Obat bisul lainnya adalah jangan pernah Anda mencoba memencet benjolan berisi nanah. Memencet benjolan yang berisi nanah justru dapat meningkatkan risiko penyebaran infeksi di area kulit sekitarnya. Jika, sudah terlanjut menyebar, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius.

Salah satu yang bisa terjadi apabila Anda nekat memencet benjolan berisi nanah ini adalah selulitis, yaitu jenis infeksi bakteri serius pada kulit yang dapat masuk ke dalam aliran darah Anda. Hal tersebut dapat memicu sepsis, alias keracunan darah, yang berpotensi menyebabkan infeksi pada organ dalam tubuh lainnya. Contohnya endokarditis (infeksi pada jantung) bahkan hingga osteomielitis (infeksi pada tulang).

3. Bawang putih

Bagaimana cara mengobati bisul dengan bawang putih? Bahan alami yang pertama yang dapat mengobati bisul yang sudah pecah adalah bawang putih. Bawang putih sendiri tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat umumum. Kandungan anti bakterinya cocok untuk mengobati bisul yang sudah pecah. Caranya Anda hanya mengoleskan parutan bawang putih pada bisul.

4. Benzocaine

Obat bisul satu ini dapat membantu meredakan sakit ketika Anda memiliki benjolan berisi nanah di kulit. Hal ini karena kandungan pada salep bisul ini dapat menghalangi sinyal rasa sakit. Gunakan salep sesuai dengan petunjuk dokter atau yang tertera pada label kemasan. Biasanya, penggunaan salep bisul ini sudah mampu mengurangi rasa sakit. Jadi, pastikan Anda tidak berlebihan dalam menggunakan salep bisul ini karena mungkin justru dapat menimbulkan efek samping.

5. Mupirocin

Bagaimana cara menghilangkan bekas bisul? Salep bisul satu ini merupakan antibiotik asam monoxycarbolic yang biasa digunakan untuk mengobati bisul. Jika digunakan sesuai dengan aturan pakai, salep bisul ini sangat efektif dalam melawan dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bisul. Gunakan obat bisul satu ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Lanjutkan penggunaan obat ini hingga yang diresepkan habis. Menghentikan penggunaan obat yang terlalu cepat dapat membuat bakteri kembali berkembang.

Demikian bagaimana cara mengatasi bisul? Semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Top