Cara Mengobati Amandel Tanpa Oprasi, Cukup Minum 5 Ramuan Obat Alami Ini

Komentar
cara mengobati amandel
Cara Mengobati Amandel Tanpa Oprasi (foto ilustrasi: alodokter.com)

Amandel  lebih sering dialami oleh anak-anak, tapi orang dewasa juga bisa terserang penyakit ini.

Namun jangan panik dulu! Dengan 5 ramuan obat alami ini, amandel akan sembuh tanpa operasi.

Radang amandel atau bahasa medisnya disebut dengan tonsilitis adalah pembengkakan dan peradangan pada amandel yang biasanya disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau virus.

Gejala umum amandel biasanya sakit tenggorokan, susah menelan, leher menjadi kaku, demam, sakit kepala, bau mulut, dan lain sebagainya.

Amandel merupakan garis depan pertahanan tubuh dari serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut.

Itu sebabnya, jika amandel seseorang mengalami pembengkakan maka bibit penyakit akan mudah menyerang mulut, tenggorokan, paru-paru serta organ tubuh yang lain. Tak hanya itu, radang amandel adalah salah satu penyakit yang penularannya bisa sangat cepat dari satu orang ke orang lainnya.

Nah, biasanya baik anak-anak maupun orang dewasa langsung takut untuk dioperasi ketika divonis mengalami amandel.

Padahal, tidak semua orang perlu menjalani tonsilektomi. Ada sejumlah cara alami yang bisa ditempuh untuk mengobati amandel selain lewat operasi.

Ada banyak obat- obatan untuk radang amandel. Jika Anda tak suka menggunakan obat kimia, Anda bisa mencoba obat alami radang amandel yang mudah ditemukan di rumah tanpa harus operasi.

Nah, bagaimana cara mengobati amandel secara alami? Berikut ulasannya.

5 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Amandel


wanitaawetmuda.blogspot.com
Cara mengobati amandel pada anak maupun cara mengobati amandel pada orang dewasa pada dasarnya sama saja. Berikut ini beberapa obat alami radang amandel yang mudah ditemukan di rumah;

1. Air garam

Obat alami radang amandel yang paling mudah adalah dengan cara berkumur menggunakan air garam hangat.

Air hangat memiliki efek menenangkan amandel, sedangkan garam bertindak sebagai antiseptik alami yang membantu mengurangi peradangan dengan membunuh virus dan bakteri.

Anda bisa mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Lalu kumur-kumur dengan larutan tersebut, namun pastikan Anda tidak menelannya.

2. Air perasan lemon dan madu

Khasiat lemon untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Lemon memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-inflamasi sehingga ampuh merawat infeksi dan peradangan.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Sebagai obat alami radang amandel yang ampuh, Anda bisa menggunakan perasan air lemon (1 buah), sedikit garam, dan satu sendok teh madu ke dalam segelas air hangat. Aduk sampai tercampur semua, lalu minum secara perlahan. Lakukan rutinitas ini dua kali dalam sehari untuk mempercepat penyembuhan,

3. Bawang putih

Sebagai salah satu obat alami yang sudah digunakan selama ribuan tahum, bawang putih dipercaya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kaya akan kandungan antioksidan serta antibakteri dan senyawa antiviral sehingga efektif untuk melawan virus akibat pilek, flu, dan radang amandel.

Salah satu cara untuk menggunakan bawang putih sebagai obat alami radang amandel adalah dengan memakan bawang putih utuh.

Namun jika Anda tidak tahan dengan aroma dan rasa yang menyengat dari bawang putih, Anda bisa mencampurkannya dengan teh herbal.

Rebus dua siung bawang putih yang sudah digeprek selama 5 menit (gunakan air sebanyak satu cangkir). Lalu angkat dan saring air bawang putihnya. Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu.

Baca Juga: Perbedaan Radang Amandel dan Radang Tenggorokan

4. Kayu manis

Tidak hanya sebagai bumbu masakan atau kue, kayu manis ternyata juga bisa membantu meredakan radang amandel loh.

Hal ini dikarenakan kayu manis kaya akan sifat anti-mikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya yang melekat di amandel. Dengan begitu, kayu manis membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu.

Selama minuman ini masih panas, hirup uap airnya, dan setelah airnya sudah menghangat Anda bisa mengonsumsinya. Anda bisa minum ramuan alami ini 2-3 kali sehari selama seminggu.

5. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan antiseptik alami yang cukup kuat. Jadi tidak heran, jika kunyit mampu membantu melawan infeksi amandel dan bisa melegakan gejala amandel yang sangat mengganggu kegiatan menelan Anda.

Jika Anda salah satu orang yang suka mengonsumsi susu, Anda bisa menambahkan segelas susu hangat dengan satu sendok teh bubuk kunyit dan sejuput lada hitam.

Minum ramuan kunyit ini pada malam hari selama 2-3 hari berturut-turut. Cara ini dipercaya ampuh untuk mempercepat penyembuhan radang amandel.

Cara Menangani Penderita Amandel


Ilsutrasi dilansir dari Times Lombok

Selain menggunakan beberapa jenis obat alami radang amandel yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga harus melakukan beberapa hal agar cepat sembuh. Diantaranya:

Istirahat dulu

Ketika amandel meradang, Anda sebaiknya istirahat dulu di rumah. Pasalnya, beristirahat bisa mempercepat proses penyembuhan. Tubuh yang sedang mengalami infeksi membutuhkan banyak energi untuk melawan bakteri.

Karena itu, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan seperti bekerja, sekolah, atau berolahraga sampai Anda sembuh.

Makan makanan yang lembut

Radang amandel umumnya membuat Anda malas makan karena sulit menelan. Untuk menyiasatinya, pilih makanan yang lembut, berkuah, dan mudah ditelan. Makanan seperti bubur, sup, nasi tim, atau kentang tumbuk (mashed potato) bisa jadi pilihan Anda.

Hindari dulu gorengan atau makanan pedas karena makanan-makanan tersebut bisa membuat amandel dan tenggorokan Anda semakin iritasi.

Minum obat pereda nyeri

Bila rasa sakit di tenggorokan sudah tidak tertahankan lagi, Anda bisa minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Buat anak-anak di bawah lima tahun, konsultasikan dulu dengan dokter anak obat pereda nyeri seperti apa yang aman dikonsumsi.

Banyak minum

Jaga tenggorokan dan amandel Anda agar tetap lembap. Amandel yang kering akan terasa semakin perih.

Jadi, pastikan Anda banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi. Anda boleh minum air hangat agar tenggorokan lebih tenang.

Namun, air dingin juga baik untuk meredakan rasa nyeri. Anda bisa memilih sendiri mana yang paling nyaman buat tenggorokan Anda.

Demikian, semoga bermanfaat!
Top