8 Cara Mengatasi Sesak Nafas Dengan Alami, Cegah Sebelum Parah

Komentar

Image Source: halodoc.com

Cara mengatasi sesak napas untuk setiap orang tidak sama. Namun ada beberapa langkah-langkah sederhana yang dapat Anda lakukan ketika sesak napas.

Dari tindakan yang memerlukan diagnosa medis hingga cara alami. Cara mengatasi sesak napas secara alami dan tanpa obat sebenarnya sangat mudah dilakukan. Tetapi, langkah ini tidak bersifat mengobati penyebab sesak. Bagaimana cara tepat mengatasi sesak nafas?

Dalam artikel ini, kami akan memberikan Anda informasi mengenai penyebab serta cara mengobati sesak nafas dengan obat alami sesak.

Cara mengatasi sesak nafas

1. Menggunakan madu

Madu sangat baik untuk mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernapasan, yang kemudian dapat dikeluarkan. Anda dapat mengonsumsi madu dengan air putih hangat. Hindari penggunaan air dingin karena akan memperburuk kondisi pernapasan, hindari juga penggunaan air panas karena akan merusak nutrisi pada madu. Sebagai bahan yang digunakan untuk mengatasi batuk dan flu. Penderita asma dapat mencampurnya dengan air hangat untuk membantu mengatasi iritasi pada tenggorokan, walaupun madu seringkali dijadikan bahan untuk berbagai penelitian, namun belum ada penelitian pada manusia yang dapat membuktikan cara mengatasi sesak nafas dengan madu karena asma.

2. Air hangat dan garam

Cara mengatasi sesak nafas dengan air hangat yaitu dengan berkumur dengan air hangat yang dicampur garam bisa dilakukan berkali-kali dalam sehari sampai dada sesak pulih. Disarankan dilakukan 3-4 kali. Garam membantu menghilangkan lendir dari dada dan air panas menenangkan iritasi di tenggorokan. Untuk takarannya cukup mencampurkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat, kemudian kumur-kumur.

3. Bawang putih

Cara mengatasi sesak nafas dengan bawang putih. Bawang putih telah digunakan sebagai obat asma alami dan dipercaya mengatasi banyak penyakit, terutama penyakit kardiovaskular, karena sifat anti-peradangannya. Karena asma adalah penyakit radang, bawang putih juga dapat membantu meredakan gejala asma. Meski bawang putih dapat digunakan sebagai obat asma, Anda tidak boleh mengandalkannya untuk mengatasi gejala asma. Penggunaan bawang putih sebagai obat asma alami masih membutuhkan penelitian lanjutan.

4. Istirahat dan relaksasi 

Bagaimana cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil? Sesak nafas pada ibu hamil merupakan gejala umum yang tergolong tidak berbahaya. Namun, sebaiknya ibu melakukan aktivitas perlahan dan tidak memaksakan diri untuk bergerak terlalu aktif selama hamil. Ketika hamil, tubuh Anda akan mengalami perubahan untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang meningkat. Meningkatnya hormon, terutama progesteron, berdampak langsung terhadap kinerja paru-paru. Seiring bertambahnya usia kandungan, rahim yang semakin membesar akan menekan diafragma sehingga pernapasan akan terganggu, terutama bagi ibu yang mengandung anak kembar atau memiliki cairan ketuban yang berlebih.

5. Minum air jahe

Jahe menjadi salah satu bahan alami yang sangat penting untuk melegakan pernapasan dan mengatasi sesak nafas. Jahe mengandung beberapa bahan alami seperti antioksidan yang akan mengatasi infeksi pada saluran pernapasan. Untuk mendapatkan manfaat jahe maka Anda bisa mencoba merebus dua gelas air mineral dengan sepotong ruas jahe. Kemudian rebus hingga mendidih dan minum sepanjang hari. Jahe akan membantu mengatasi sesak nafas yang terjadi karena asma atau flu saat hidung tersumbat.

6. Minum kopi

Bagaimana secangkir kopi bisa digunakan sebagai obat asma? Ternyata, kadar kafein pada kopi membantu menyembuhkan penyakit pernapasan dengan membersihkan saluran hidung sehingga penderita bisa bernapas lebih mudah. Jika Anda tidak menyukai kopi, cobalah meminum teh hitam dan konsumsi maksimal tiga cangkir per hari. Cara ini dapat meningkatkan fungsi paru hingga empat jam.

7. Kunyit

Kunyit adalah obat asma alami lainnya yang bisa Anda coba. Kunyit telah menjadi subjek dari sejumlah penelitian, kunyit ditemukan memiliki beberapa sifat anti-alergi. Diperkirakan bahwa kunyit memiliki efek pada histamin yang dapat menyebabkan peradangan. Namun demikian, banyak penelitian yang perlu dilakukan sebelum kunyit dapat ditetapkan sebagai obat alami yang aman dan efektif untuk asma.

8. Pola hidup sehat

Gaya hidup sehat dapat membantu Anda terhindar dari serangan sesak nafas. Berhentilah merokok atau menghindari asap rokok, hindari paparan polusi udara, dan turunkan berat badan jika Anda terlalu gemuk. Menjaga pola makan dengan menu yang sehat dan tidur yang cukup. Anda perlu berkonsultasi ke dokter terkait kemungkinan masalah medis yang mendasari kondisi sesak napas yang Anda alami.

Demikian beberapa bagaimana cara mengatasi sesak nafas? Semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Top