Cara Mengatasi Sakit Pinggang Dengan Mudah dan Efektif

Komentar

Image Source: Liputan6.com

Sakit pinggang adalah penyakit yang sering dialami banyak orang. Bahkan, hampir semua orang pernah mengalami sakit pinggang sekali seumur hidupnya.

Jika Anda sering duduk di depan meja kerja berjam-jam, wajar jika Anda sering sakit pinggang.

Mari ketahui penyebab dan obat sakit pinggang yang bisa Anda gunakan. Nah, berikut berbagai pilihan obat tradisonal sakit pinggang dan obat mengatasi nyeri sendi dan otot karena mengandung phytochemical. Jangan remehkankah cara ini sebagai obat sakit pinggang alami.

Tergantung penyebabnya, rasa sakit yang ditimbulkan dapat berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang ringan dan berlangsung sebentar, ada pula yang parah hingga menghambat aktivitas sehari-hari. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang?

Cara mengatasi sakit pinggang 

1. Kompres dingin atau panas

Jangan meremehkan kompres dingin atau panas sebagai obat sakit pinggang herbal. Pasalnya, cara ini efektif untuk membantu proses penyembuhan sakit pinggang. Dilansir dari WebMD, E. Anne Reicherter, PhD, PT, DPT, seorang profesor di University of Maryland School of Medicine mengatakan bahwa pemberian kompres dingin selama 24-48 jam (1-2 hari) hari setelah cedera dapat mengurangi peradangan. Setelah 48 jam, Anda dapat beralih ke kompres panas jika Anda menyukainya. Baik itu kompres panas ataupun dingin, penting untuk memberikan jeda setidaknya 20 menit supaya kulit Anda dapat beristirahat. Jika setelah melakukan kompres nyeri masih berlanjut, segera konsultasi ke dokter.

2. Berendam air hangat

Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan? Saat Anda berendam air hangat, saraf dan otot yang menegang akan mengendur sehingga membuat Anda jadi lebih rileks. Tidak hanya itu, berendam air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon dopamin untuk melawan stres dalam tubuh. Itu sebabnya, berendam air hangat dapat menjadi obat sakit pinggang herbal. Untuk obat tradisional sakit pinggang, mandi 2-3 jam sebelum tidur bisa jadi pilihan terbaik.

3. Aktif bergerak

Jika memang memungkinkan, orang dengan sakit pinggang dianjurkan untuk banyak bergerak dibandingkan hanya tidur-tiduran saja. Ya, aktif bergerak sebenarnya obat tradisional sakit pinggang yang paling mudah Anda lakukan. Tidak perlu melakukan gerakan yang berat dan ekstrem, cukup jalan kaki santai akan membantu mengurangi sakit pinggang yang Anda rasakan. Jika keadaan Anda sudah lebih baik, rutinlah melakukan latihan aerobik, berenang, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki di taman.

4. Jaga posisi tidur yang aman untuk pinggang

Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang sebelah kiri? Posisi tidur yang buruk bisa memberi tekanan pada bagian-bagian tersebut yang dapat memperparah rasa sakit pada bagian pinggang belakang. Berbaring telentang dengan punggung lurus di atas kasur dianggap sebagai posisi tidur terbaik untuk sakit pinggang. Pasalnya, punggung berada dalam posisi lurus sehingga berat tubuh dapat ditopang dengan baik secara merata. Anda bisa menempatkan bantal kecil di bawah lutut sebagai penopang tambahan sehingga posisi tubuh dari kepala hingga kaki sejajar. Hal ini juga membantu tubuh untuk menjaga lekukan alami tulang belakang.

5. Hindari kebiasaan duduk atau berdiri terlalu lama

Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil? Anda lebih berisiko mengalami sakit pinggang saat hamil jika sebagian besar waktu dihabiskan dengan duduk atau berdiri. Duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat memicu kemunculan rasa sakit ini. Hindari terlalu cepat berdiri dari posisi duduk atau berbaring.

6. Perbanyak makan buah dan sayur

Bagaimana cara mengobati sakit pinggang secara alami? Pilih buah dan sayur berwarna pekat atau terang, jangan yang pucat. Karena, buah dan sayur lebih cepat melawan peradangan pada otot-otot di punggung bawah dan pinggang. Jadi Anda bisa mengonsumsi wortel, buah bit, ubi, anggur, buah delima, dan semangka sebagai obat tradisional sakit pinggang. Selain itu, sayuran yang tinggi magnesium juga baik untuk melemaskan otot sehingga tidak terasa terlalu tegang. Pilihannya buah dan sayur untuk obat sakit pinggang herbal lainnya adalah bayam, alpukat, dan pisang.

7. Konsumsi makanan tinggi protein

Daging ayam dan ikan mengandung protein yang tinggi. Begitu juga dengan daging sapi tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan. Makanan yang tinggi akan protein akan membantu proses pemulihan otot dan tulang Anda, sehingga sangat cocok dijadikan obat sakit pinggang herbal. Namun, kalau Anda punya kondisi kesehatan khusus seperti asam urat atau hipertensi, konsultasikan dulu dengan dokter Anda makanan sumber protein mana yang paling aman dikonsumsi sebagai obat sakit pinggang herbal.

8. Kurangi minuman berkafein

Cara mengatasi sakit pinggang dengan cepat yaitu menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman energi bersifat diuretik merupakan salah satu obat sakit pinggang alami. Dieuretik sendiri adalah zat yang membuat Anda lebih cepat kehilangan cairan tubuh, entah lewat keringat atau urine. Akibatnya, Anda jadi lebih rentan dehidrasi sehingga nyeri makin hebat. Jadi, jika Anda ingin terbebas dari nyeri pinggang, ada baiknya menghindari mengonsumsi minuman berkafein.

Demikian beberapa cara bagaimana mengatasi sakit pinggang? Semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Top