Cara Membuat Masker Lidah Buaya Untuk Perawatan Kulit & Rambut

Komentar
cara membuat masker lidah buaya
Cara Membuat Masker Lidah Buaya Untuk Perawatan Kulit & Rambut (foto: papasemar.com)

Wajib dicatat!!

Berikut cara mudah membuat masker lidah buaya untuk kesehatan kulit, penyembuahan jerawat maupun perawatan rambut biar hasilnya maksimal.

Lidah buaya adalah tanaman serbaguna yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk skin care dan kosmetik.

Masker alami satu ini menawarkan segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut yang tentunya sayang jika terlewatkan.

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman berduri yang berwarna hijau dengan bercak kekuningan dan bentuknya agak meruncing di bagian ujung. Daun lidah buaya tidak bertulang, justru berdaging tebal dan banyak mengandung gel atau getah.

Nah, khasiat lidah buaya ini terletak pada gel maupun getah yang terdapat pada daun tersebut.

Berdasarkan penelitian, kandungan lidah buaya kaya akan antioksidan, glukosa, mineral seperti kalsium, magnesium, dan natrium, serta vitamin A, B, C, E, dan folat.

Lidah buaya juga mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial dan merupakan tanaman yang memiliki sifat antiradang dan antipenuaan alami.

Berbagai kandungan nutrisi dalam lidah buaya diatas membuat tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat dan mengobati berbagai masalah kulit serta rambut.

Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa lidah buaya dapat membantu mengatasi jerawat, ruam, iritasi kulit, gatal akibat gigitan serangga dan reaksi alergi, bekas luka, hingga gejala psoriasis.

Masker lidah buaya juga dapat dijadikan salep alami untuk mengobati luka bakar dan bahkan membantu mengatasi masalah kulit terkait sengatan matahari.

Nah kalau manfaat lidah buaya untuk rambut, kandungan enzim pada lidah buaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala dan menutrisi akar rambut Anda. Dengan begitu, rambut pun tumbuh lebih kuat, halus, dan mudah diatur.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Perawatan wajah & Kecantikan


tribunnews,com

Anda bisa membuat sendiri masker lidah buaya untuk perawatan wajah dan kecantikan di rumah dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Masker lidah buaya untuk kesehatan wajah

Cara membuat masker lidah buaya untuk perawatan wajah cukup mudah.

Anda dapat membuat masker lidah buaya baik dengan atau tanpa campuran bahan lain, atau masker lidah buaya murni.

Caranya:
  • Cuci bersih lidah buaya.
  • Kupas lidah buaya hingga mendapatkan daging buahnya yang berwarna putih bening.
  • Oleskan lidah buaya pada wajah dan leher secara merata dan biarkan hingga mengering.
  • Cuci wajah hingga bersih.
Waktu penggunaan masker lidah buaya cenderung bebas, sebagian orang menggunakannya saat malam hari sebelum tidur, dan dibersihkan pada pagi hari.

2. Masker lidah buaya untuk menghaluskan kulit

Selain masker lidah buaya murni Anda juga bisa mencampurkan beberapa bahan lain seperti madu dan kayu manis. Ini berkhasiat untuk menghaluskan kulit dan mengurangi bakteri penyebab jerawat.

Caranya membuat masker lidah buaya dan madu:
  • Campur 2 sendok makan madu murni dengan 1 sendok makan daging lidah buaya. Aduk rata.
  • Kemudian campur 1/4 sendok makan kayu manis dalam campuran tersebut sebelum mengaplikasikannya pada wajah.
  • Oleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama 5-10 menit.
  • Bilas wajah hingga bersih.
Baca Juga: Punya Masalah Perut Kronis? Konsumsi Lidah Buaya Dicampur Madu Saja

3. Masker lidah buaya untuk mencegah jerawat

Selain dengan madu dan kayu manis, Anda bisa membuat masker lidah buaya dengan campuran lemon untuk membersihkan pori-pori wajah, dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Caranya membuatnya:
  • Campur 2 sendok makan daging lidah buaya dengan 1/4 sendok teh air perasan lemon.
  • Aplikasikan pada wajah secara merata dan biarkan selama 5 - 10 menit.
  • Bilas dan bersihkan wajah.

4. Masker lidah buaya untuk menghilangkan sel kulit mati

Cara membuat masker lidah buaya untuk muka, Anda juga bisa membuatnya dengan campuran gula pasir halus dan minyak kelapa untuk mendapatkan manfaatnya sebagai exfoliator yakni menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat memblokir pori-pori, merangsang pertumbuhan kulit yang sehat, membuat kulit terasa halus dan segar.

Caranya membuatnya:
  • Campur 1/2 cangkir minyak kelapa dengan 1/2 cangkir gula pasir, aduk rata.
  • Lalu tuangkan 1/4 cangkir lidah buaya yang sudah dicincang. Anda dapat menyimpannya di dalam lemari pendingin baik sebelum dan sesudah menggunakannya.
  • Untuk menggunakannya, gosok lembut campuran masker tersebut pada wajah dan hindari area mata.
  • Bilas wajah dengan air hingga bersih.

5. Masker lidah buaya untuk mengobati jerawat

Cara membuat masker lidah buaya untuk mengobati jerawat, Anda bisa mencampurkan lidah buaya dengan  tea tree oil.

Campuran lidah buaya dengan tea tree oil ini sudah terbukti sangat efektif untuk mengobati jerawat secara alami.

Namun demikian, Anda perlu berhati-hati saat mengaplikasikannya pada wajah karena tea tree oil sangat asam dan dapat mengiritasi kulit sensitif.

Caranya pembuatannya pun sangat mudah, yakni dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan 3 tea tree oil dan air. Segera bilas dan keringkan wajah setelah 1 menit pengaplikasian masker.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya Untuk Rambut


rambutsehatcantik.com

Selain vitamin A, C dan E, lidah buaya juga mengandung vitamin B-12 dan folat yang berguna untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan berkilau, mencegah rambut rontok, dan memperbaiki kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari.

Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut juga sangat mudah, caranya:
  • Potong dua atau tiga daun lidah buaya yang besar-besar. Kemudian kupas kulitnya hingga mendapatkan daging buahnya.
  • Tanpa perlu tambahan air, haluskan lidah buaya dengan bantuan blender.
  • Saring lidah buaya yang telah halus dan tempatkan dalam wadah.
  • Setelah keramas, oleskan lidah buaya secara menyeluruh dan rata dari akar ke ujung rambut. Jangan lupa untuk memijat-mijat kepala.
  • Setelah itu, diamkan selama sekitar satu jam.
  • Bilas rambut hingga bersih.

Hal yang Wajib Anda Perhatikan Sebelum Menggunakan Perawatan Lidah Buaya

Penting untuk dipahami bahwa berbagai manfaat masker lidah buaya seperti yang sudah disebutkan di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Pasalnya, beberapa penelitian yang ada sampai saat ini masih tergolong skala kecil sehingga perlu lebih banyak bukti kuat dengan melibatkan peserta lebih banyak. Jadi, tak semua manfaat masker lidah buaya di atas terjamin keamanan dan efektifitasnya.

Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, pastikan Anda selalu menggunakan gel lidah buaya segar yang diambil langsung dari daun lidah buaya segar.

Lidah buaya yang asli dan masih segar mengandung semua senyawa penting yang sangat efektif untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk meredakan kulit dari iritasi dan jerawat yang meradang.

Jika memiliki jenis kulit sensitif, ada baiknya melakukan tes kulit (skin test) terlebih dahulu sebelum pakai masker lidah buaya. Anda bisa mencobanya dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung tangan atau daun telinga bagian belakang. Apabila terasa gatal atau muncul kemerahan, cuci area tersebut dengan air sampai bersih dan hentikan pemakaian.

Demikian, semoga bermanfaat.
Top