Khasiat dan Cara Membuat Masker Beras Untuk Kecantikan Ala Wanita Jepang

Komentar

Cara Membuat Masker Beras Untuk Kecantikan Ala Wanita Jepang (ilustrasi: kolase tribunnews.com)

Pernah dengan tentang khasiat air beras untuk kecantikan?

Ya, air beras sudah lama dikenal khasiatnya untuk menjadikan kulit lebih cerah. Di Jepang, misalnya, Pitera yang merupakan air fermentasi beras digunakan SK-II dalam produk-produknya.

Nah bagi Anda yang ingin tampil cantik dengan beras seperti wanita jepang, begini langkah-langkanya.

Masker beras untuk merawat wajah, kenapa tidak? Beras merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk perawatan kecantikan. Selain itu bahan ini mudah didapatkan di tanah air karena termasuk makanan pokok warga Indonesia.

Menurut The Epoch Times, beras putih yang diolah dari tanaman padi kaya akan inositol dan allantoin.

Inositol merupakan senyawa vitamin B kompleks yang merangsang pertumbuhan sel dan memperlambat proses penuaan. Sementara allantoin adalah zat pelembap alami yang berfungsi untuk melembutkan kulit dan mencegah iritasi.

Jika difermentasi, beras akan memproduksi pitera. Inilah kandungan ampuh yang digunakan wanita Jepang untuk dapat menjadikan kulitnya bening bercahaya.

Selain itu, berdasarkan penelitian air rendaman beras juga memiliki kandungan vitamin, mineral, dan asam amino. Air beras juga mengandung asam ferulat yang berfungsi sebagai anti-oksidan.

Gabungan kandungan ini mampu mendorong produksi kolagen, meningkatkan kelembapan kulit, hingga menjaga kekenyalan kulit.

Sebagai contoh, Anda yang sering mencuci beras mungkin tanpa sadar telah mendapat manfaatnya. Kulit tangan jauh lebih halus dan cerah, kan?

Nah untuk mendapatkan khasiat dari beras seperti wanita Jepang, sebenarnya Anda tak harus membeli kosmetik luar negri berharga ratusan ribu atau jutaan rupiah.

Anda cukup menyediakan beras yang pastinya sudah ada dirumah, kemudian membuat masker bedak dingin dengan beras fermentasi ataupun masker dari tepung beras.

Cara membuat masker beras alami untuk memutihkan wajah pun cukup mudah, berikut ulasan lengkapnya;


tribunnews.com

1. Bedak dingin beras

Bukan hanya wanita jepang, para nenek moyang kita dulu juga sudah terbiasa enggunakan bedak dingin dari beras untuk mencegah pengaruh buruk sengatan sinar matahari.

Salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk membuat bedak dingin adalah beras yang direndam selama beberapa hari hingga lumat, atau biasa disebut fermentasi beras.

Bahan:
  • 3 genggam beras putih
  • 1 genggam mahkota bunga mawar/melati/kenanga dan atau irisan daun pandan segar
  • 1 buah bengkuang segar ukuran sedang (opsional)

Cara membuat bedak dingin beras:
  1. Cuci bersih beras, kemudian rendam di dalam air jernih. Usahakan menggunakan air mineral atau air yang bebas kaporit. Diamkan selama dua atau tiga hari.
  2. Blender bengkuang yang sudah dicuci bersih dan dikupas kulitnya. Saring air sarinya dan sisihkan ampasnya.
  3. Setelah dua atau tiga hari, tiriskan air rendaman beras kemudian tumbuk beras yang sudah terfermentasi hingga halus.
  4. Setelah itu tambahkan air sari bengkuang
  5. Masukkan mahkota bunga mawar, melati, kamboja, atau kenanga. Boleh juga dicampurkan dengan irisan halus daun pandan segar. Tujuannya adalah untuk menetralisir aroma menyengat yang dihasilkan dari fermentasi beras.
  6. Buat bola-bola kecil dari adonan beras fermentasi. Setelah itu jemur sampai benar-benar kering. Bedak dingin pun sudah siap untuk digunakan.
Simpan bedak dingin di dalam wadah kedap udara. Pastikan higienitas tempat penyimpanan. Bedak dingin bisa bertahan hingga satu atau dua bulan jika disimpan di tempat yang kering.

Jika Anda ingin menggunakan bedak dingin, ambil satu atau dua bola. Setelah itu larutkan dengan satu sendok air mawar. Boleh juga ditambahkan sedikit air perasan jeruk nipis atau madu.

Usapkan merata pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan selama setengah jam. Bilas wajah dari sisa masker dengan air dingin yang mengalir.

2. Masker Tepung Beras

Untuk Anda yang menginginkan masker beras praktis, silakan memakai tepung yang dibuat dari beras tumbuk.

Kombinasikan dengan bahan-bahan bernutrisi tinggi seperti madu, jeruk nipis, susu, kunyit, yogurt, atau teh hijau agar semakin maksimal khasiatnya.

Cara membuat masker beras alami ini cukup mudah.

Bahan:
  • 2 sendok makan tepung beras asli
  • 3 sendok air larutan baha-bahan diatas sesuai selera.

Cara membuat masker beras:
  1. Larutkan bahan-bahan seperti madu, jeruk nipis, susu, kunyit, yogurt, atau teh hijau.
  2. Campur air tersebut dengan tepung beras kemudian aduk hingga merata.
  3. Terapkan masker pada wajah yang sudah dibersihkan sempurna. Setelah itu diamkan selama 15 menit.
  4. Jika masker sudah kering, bilas wajah dengan air bersih yang mengalir.
Baca Juga: Ulasan Lengkap Cara Membuat Masker Bengkoang Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit

Scrub Beras

Untuk yang memiliki kulit berminyak atau tekstur kulit tak rata, Anda bisa memanfaatkan beras sebagai scrub!

Untuk membantu mencerahkan wajah, gunakan lemon yang punya kandungan vitamin C.

Selain sebagai anti-oksidan, asam arkobat dalam vitamin C juga berfungsi untuk mendukung kerja kolagen yang dibutuhkan untuk memroduksi sel kulit baru.

Asam arkobat juga berpengaruh terhadap produksi enzim tirosinase yang akan menekan pembentukan melanin. Kulit bisa menggelap karena pembentukan melanin ini.

Untuk membuat scrub beras, siapkan 1 canting beras dan lemon.

Cara membuat scrub beras:
  1. Tumbuk beras hingga halus
  2. Ambil lemon dan potong menjadi dua
  3. Baurkan bubuk beras ini ke lemon yang telah dipotong tadi. Gunakan langsung pada wajah seperti Anda menggunakan sikat.
  4. Ratakan hingga ke seluruh wajah dengan gerakan berputar. Hindari bagian mata.
Jika Anda memiliki kulit sensitif, ganti lemon dengan madu.  Campurkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan bubuk beras. Ratakan dan baurkan pada wajah seperti Anda menggunakan scrub. Bilas hingga bersih tanpa sabun.

Mudah bukan? Resep masker beras, scrub  maupun bedak dingin yang ditampilkan di atas bisa digunakan sesering mungkin. Anda bisa mengoleskannya pada wajah di malam hari atau sebagai masker mingguan.

Selamat mencoba dan rasakan hasiatnya.
Top