Cara Membersihkan Wajah dengan Benar Agar Benar-Benar Bersih dari Debu dan Kotoran

Komentar

Image Source: bellamillenia.blogspot.com

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, membersihkan wajah jadi rutinitas yang wajib untuk dilakukan setiap hari. Jika tidak mencuci muka, kotoran, debu, hingga sisa makeup dapat tertumpuk di kulit dan bisa menimbulkan jerawat. Namun membersihkan wajah sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Cukup dua hari sekali, pagi dan malam.

Selain itu, meskipun mudah untuk dilakukan, tidak semua orang tahu cara membersihkan wajah yang baik dan benar. Akibatnya, hasil yang didapatkan jadi tidak maksimal. Lalu bagaimana cara membersihkan wajah yang baik dan benar?

Bagaimana cara membersihkan wajah berminyak? Bagaimana cara membersihkan wajah dengan benar? Yuk simak dibawah ini.

Berikut Cara Membersihkan Wajah Yang Baik dan Benar


Image Source: birchbox.com

1. Bersihkan makeup sebelum mencuci wajah

Cara membersihkan wajah yang benar pertama adalah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover. Dan untuk membersihkan makeup mata yang membandel seperti maskara dan eye liner, kamu bisa memakai cairan remover khusus dengan berbahan dasar minyak.


2. Bersihkan wajah

Berikutnya bersihkan wajah dengan sabun muka sesuai dengan kulit wajah. Selain menggunakan jari, juga bisa memakai sponge atau waslap khusus untuk wajah.

Setelah selesai mencuci wajah dengan sabun muka, basuhlah sisa sabun di wajah dengan air hangat. Namun jangan menggunakan air yang terlalu panas atau dingin, karena dapat merusak pembuluh kapiler dan mengiritasi kulit.


3. Keringkan wajah perlahan dengan handuk bersih

Keringkan wajah perlahan dengan handuk bersih. Namun hindari menggunakan handuk berkali-kali karena kotoran dan bakteri dapat bertumpuk di handuk yang sudah dipakai.

Berikut Cara Membersihkan Wajah Yang Berminyak


Image Source: sheknows.com 

1. Mencuci tangan

Bagaimana cara menghilangkan wajah berminyak pertama, yaitu dengan mencuci tangan. Sebelumnya cucilah tangan sebelum menyentuh wajah.

Jika tangan kotor, bakteri atau debu bisa saja menempel di kulit berminyak sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. Mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri dan bilas dengan air hangat.

2. Mengikat rambut

Bagi yang memiliki rambut panjang atau berponi, lebih baik mengikat rambut terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah.

Karena rambut yang basah dan mengenai wajah bisa membuat kulit jadi rentan terkena bakteri dan kotoran yang menempel di rambut. Selain itu, dengan mengikat rambut akan membuat lebih nyaman untuk mencuci wajah.

3. Bersihkan makeup

Bagi kamu yang menggunakan makeup sehari-hari, lebih baik bersihkan terlebih dulu dengan pembersih khusus sesuai jenis kulit. Kemudian basuh wajah kamu dengan air hangat, setelah itu bersihkan dengan pembersih makeup.


4. Menggunakan lotion pembersih

Sebelum memulai membersihkan wajah, lebih baik menggunakan rangkaian milk cleanser dan toner terlebih dahulu.

5. Cuci wajah dengan air dingin

Cuci wajah dengan air dingin dan pembersih muka tipe kulit berminyak, walaupun sudah dibersihkan dengan lotion pembersih. Bersihkan wajah di bagian T-Zone, yakni dahi, hidung dan dagu. Lalu bilas hingga benar-benar bersih.

Selain itu, mencuci wajah dengan air dingin dapat berguna untuk membantu menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi.

6. Keringkan wajah perlahan

Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk ringan menggunakan handuk, atau mengusapnya halus. Lebih baik menggunakan handuk yang khusus untuk wajah, dan usahakan jangan pakai handuk yang sama dengan yang digunakan untuk mandi.

7. Menggunakan toner

Selanjutnya dengan menggunakan toner wajah setelah selesai mencuci wajah. Karena toner dapat membersihkan semua bekas riasan, debu, dan minyak yang tidak bisa bersihkan. Selain itu, toner juga dapat mengangkat sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak, dan menghaluskan kulit.

8. Menggunakan pelembap wajah

Terakhir dengan menggunakan pelembap wajah setelah mencuci wajah. Karena kulit akan kering setelah dicuci, walaupun kulit wajah jenis berminyak. Selain itu, pastikan pelembap yang kamu gunakan adalah yang oil-free dan berbahan dasar air atau gel.

Demikian penjelasan diatas tentang bagaimana cara membersihkan wajah yang benar. Semoga bermanfaat!
Top