Cara Membersihkan Telinga yang Benar Agar Tak Sampai Merusak Gendang Telinga

Komentar

Image Source: kompas.com

Telinga merupakan organ yang sangat penting dan sensitif dalam tubuh manusia. Dalam sebagian orang membersihkan telinga merupakan hal yang dianggap sudah biasa. Mereka tidak memikirkan bagaimana jika organ didalam telinga terganggu karena kesalahan dirinya sendiri ketika membersihkannya.

Membersihkan telinga sebenarnya tidak boleh asal-asalan. Sebelum membersihkan telinga sebaiknya Anda mengetahui cara membersihkan telinga yang baik dan benar. Apabila terjadi kesalahan saat membersihkannya maka dapat menimbulkan luka dalam pada telinga yang berbahaya.

Sebenarnya kotoran pada telinga itu adalah kelenjar bewarna kuning (earwax) yang berfungsi untuk mencegah infeksi, melembapkan saluran telinga, hingga melindungi gendang telinga. Earwax akan bergerak ke arah luar saluran telinga dan biasanya mengering dan keluar dengan sendirinya dari lubang telinga. Bagaimana cara membersihkan telinga?

Cara membersihkan telinga yang baik dan benar

1. Menggunakan obat tetes telinga

Bagaimana cara membersihkan telinga anak? Menggunakan obat tetes telinga dapat mempermudah kotoran dalam telinga tanpa menggunakan alat bantu lain. Menggunakan obat ini tidak hanya diteteskan saja tetapi ada prosedur-prosedur khusus. Supaya obat dapat bekerja efektif pastikan obat tersebut masuk kedalam telinga.
Caranya:
  1. Cuci tangan terlebih dahulu.
  2. Hangatkan obat tetes telinga dengan menggenggamnya.
  3. Kemudian buka tutup botol dan letakkan pada tempat yang kering.
  4. Posisikan kepala miring hingga telinga menghadap ke atas.
  5. Ambil obat tetes tersebut kemudian teteskan pada lubang telinga dengan hati-hati dan perlahan.
  6. Setelah diteteskan, tarik pelan daun telinga ke atas dan ke bawah agar cairan obat benar-benar masuk ke dalam telinga
  7. Miringkan kepala Anda atau tetap berada dalam posisi tidur selama 2 hingga 5 menit.

2. Menggunakan minyak zaitun atau baby oil

Bagaimana cara menghilangkan telinga tersumbat? Kotoran yang menumpuk pada telinga ternyata diakibatkan oleh bagian dalam telinga yang terlalu kering. Agar masalah ini dapat diatasi menggunakan minyak zaitun atau baby oil adalah cara yang sangat sederhana. Tetapi menggunakan minyak zaitun ini membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mengeluarkan kotoran pada telinga.
Caranya:
  1. Siapkan minyak zaitun atau baby oil.
  2. Kemudian posisikan kepala miring, bisa juga posisi tidur miring.
  3. Lalu, teteskan minyak zaitun atau baby oil secara perlahan ke telinga.
  4. Tunggu hingga cairan minyak zaitun atau baby oil benar-benar masuk.

3. Periksa ke dokter THT

Bagaimana cara membersihkan kotoran telinga yang sudah mengeras? Selain cara-cara diatas, periksa ke dokter merupakan cara yang efektif dan aman untuk membantu membersihkan kotoran yang ada dalam telinga. Secara umum, periksakan telinga Anda ke dokter THT secara rutin setidaknya sebulan sekali sesuai dengan instruksi dokter. Pemeriksaan teling ke dokter sangat penting untuk dilakukan, apalagi saat usia Anda mulai tua. Karena diusia yang sudah tua gangguan pada telinga pastinya akan lebih sering terjadi.

Cara menjaga kesehatan telinga

Selain bagaimana cara membersihkan telinga dengan baik. Anda juga harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan telinga. Berikut cara-caranya.

1. Batasi volume saat mendengarkan musik

Jika Anda suka mendengarkan musik, pastikan Anda mengatur volume tidak terlalu keras. Anda bisa kira-kira sendiri volume musik yang akan didengar. Apabila Anda mendengarkan musik dan suaranya terdengar oleh orang di dekat Anda, berarti volume musik Anda terlalu keras yang dapat merusak gendang telinga.

2. Batasi penggunaan headset yang terlalu sering

Untuk menjaga kesehatan telinga Anda harus memeperhatikan bagaimana menggunakan headset yang baik. Usahakan untuk tidak mendengarkan musik terlalu sering menggunakan headset. Berilah waktu telinga Anda untuk beristirahat. Anda dapat menggunakan headset dengan volume kurang dari 60 dan menggunakan headset selama kurang dari 60 menit.

3. Menggunakan pelindung telinga

Jika Anda bekerja dilingkungan yang timbul suara bising dan keras sebaiknya Anda menggunakan pelindung telinga untuk mengurangi efek suara yang ditimbulkan. Sementara bila Anda suka menonton konser, ke bioskop, atau pergi ke tempat yang memutar musik dengan suara keras, sebaiknya menggunakan penyumbat telinga. Hal ini dilakukan untuk meredam efek suara yang bervolume tinggi tersebut.

4. Jangan mendengarkan sumber suara keras dalam satu waktu secara bersama

Hal ini jika dilakukan terus menerus dapat merusak pendengaran Anda. Misalnya, saat ada orang yang sedang membersihkan rumah dengan vacuum cleaner yang mengeluarkan suara berisik, Anda jangan membesarkan volume televisi atau malah mendengarkan musik dengan suara keras.

5. Pastikan telinga Anda selalu kering

Jika Anda sedang berenang, sebaiknya Anda menggunakan penyumbat telinga untuk mencegah air masuk ke dalam telinga. Jika Anda merasa ada air yang masuk ke dalam telinga, segeralah miringkan kepala Anda agar air yang masuk tadi dapat keluar. Selalu keringkan telinga dengan handuk kering setiap selesai berenang dan setiap selesai mandi.

Demikian bagaimana cara membersihkan telinga yang baik tanpa menyakiti organ dalam telinga. Semoga dapat bermanfaat.
Top