5 Jenis Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil, Perhatikan Agar Bayi Terlahir Sehat

Komentar
buah yang baik untuk ibu hamil
Jenis Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil (foto: doktersehat.com)

Bumil tak boleh konsumsi buah sembarangan!

Sebab selain ada buah yang memang sehat untuk ibu hamil, ternyata ada juga buah yang justru bisa membahayakan janin.

Para pakar kesehatan menganjurkan agar ibu hamil memiliki pola makan yang lebih sehat dibandingkan sebelum masa kehamilan dan memberikan asupan yang baik untuk dirinya dan janinnya.

Nah, salah satu pola makan sehat yang bisa dilakukan oleh Anda, calon bunda, adalah dengan cara mengonsumsi buah.

Buah yang dikonsumsipun harus buah yang memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi seperti vitamin, asam folat, beta karoten, dan kalium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan pertumbuhan janinnya.

Selain kandungan vitamin dan mineral yang banyak terkandung di dalam buah-buahan, buah juga mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi sulit BAB alias sembelit pada ibu hamil.

Beta-karoten dari vitamin A dalam buah berfungsi untuk membantu perkembangan sel dan jaringan bayi, penglihatan, dan kekebalan tubuh. Vitamin C dalam buah berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta kolagen dalam jaringan ikat bayi.

Serta Asam folat dalam buah dapat membantu mencegah cacat lahir dan anemia. Kalium dalam buah membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh ibu hamil.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah antara 2-4 sajian per hari, dan setiap 1 sajian terdiri dari 1 buah berukuran sedang atau 1 mangkuk berisi buah potong. Selain itu buah-buahan untuk ibu hamil juga bisa dijadikan camilan sebagai pengganti makanan ringan yang mengandung banyak kalori namun sedikit vitamin dan mineral.

Namun demikian, buah yang dikonsumsi ibu hamil harus selalu menjadi perhatian khusus bagi siapa saja yang ingin memiliki janin dan bayi yang sehat. Sebab, meskipun sehat tak semua buah baik utuk janin dan ibu mengandung. Hal ini karena buah mengandung berbagai nutrisi yang berbeda-beda kandungannya.

Nah berikut kami akan mengulas lengkap mengenai buah yang baik dikonsumsi ibu hamil maupun buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil atau tak dikonsumsi berlebihan sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil


merdeka.com

Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil serta untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Berikut ini beberapa buah yang baik untuk ibu hamil muda maupun buah yang baik untuk ibu hamil tua.

1. Pisang

Kaya akan kalium dan menyediakan kalori yang cepat diubah menjadi energi untuk mencegah kelelahan. Kalium dalah pisang dapat membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh.

Pisang juga mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

Pisang juga mudah untuk dicerna, sehingga dapat menjadi alternatif makanan jika ibu hamil sedang mengalami mual dan muntah.

2. Jeruk

Mengandung vitamin C, folat, dan serat. Hampir 90% kandungannya adalah air sehingga membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan kelelahan. Kandungan folat yang tinggi pada jeruk juga dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin dan mencegah janin lahir cacat.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi saat hamil. Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, serta kalium.

Alpukat dapat membantu mengurangi morning sickness, membantu perkembangan otak, sistem saraf dan jaringan bayi. Namun, alpukat mengandung lemak tinggi, sehingga jika memakannya terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Mangga

Mangga mengandung kalium, vitamin C, dan vitamin A yang tinggi.

Kalium dalam mangga dapat membantu menjaga tekanan darah dan cairan dalam tubuh, vitamin C sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, sedangkan vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi.

Mangga juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat mencegah konstipasi atau sembelit pada ibu hamil.

5. Blueberrry, strawberry, dan raspberry

Buah-buahan berry ini mengandung kalium, folat, dan vitamin C yang tinggi.

Kalium selain untuk menjaga tekanan darah, juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot. Folat dan vitamin C dapat membantu untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

Buah-buahan ini juga mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan ibu hamil.

Selain buah-buahan di atas, buah-buahan lain yang baik untuk ibu hamil adalah kiwi, pepaya matang, anggur, semangka, buah naga dan masih banyak lagi buah-buahan lainnya. Buah-buahan ini mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan janin.

Sebaiknya konsumsi buah-buahan 2-3 porsi dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Ditambah dengan konsumsi sayuran 2-3 porsi per hari, maka akan melengkapi kebutuhan gizi Anda.

Baca Juga: Resep Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Perhatikan Agar Janin Sehat

Buah yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil


merdeka.com

Selain buah yang baik bagi kesehatan bunda dan janin, ada beberapa buah yang sebaiknya tak dikonsumsi ibu hamil. Diantaranya:

1. Pepaya muda

Jika Anda sedang hamil ada baiknya bila menghindari makan buah pepaya yang masih mentah.

Meski memang manfaat dari buah pepaya matang sangat baik untuk ibu hamil, namun kandungan senyawa dalam pepaya muda diketahui cukup berbahaya untuk kehamilan.

Mengkonsumsi pepaya muda bisa menyebabkan timbulnya kontraksi kehamilan dan juga pelunakan pada jalan lahir.

Hal tersebut dapat memicu kelahiran prematur pada janin dan bisa menyebabkan keguguran.

2. Nanas

Ada mitos bila nanas merupakan buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Sesungguhnya ada benarnya juga mitos tersebut dan bukan alasan yang mengada – ada.

Sebab buah nanas memiliki kandungan bromelain yang diketahui cukup berbahaya untuk ibu hamil.

Kandungan tersebut bisa membuat leher rahim menjadi lunak dan terjadi pembukaan yang bisa menyebabkan kelahiran belum cukup usia, sehingga bisa memicu keguguran.

3. Durian

Buah yang dijuluki sebagai raja buah ini memiliki aroma yang sangat menggoda bagi pecintanya.

Namun saat hamil, buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Bukannya tanpa sebab, buah yang kulit luarnya berduri ini memiliki kandungan asam arachidonat serta alkohol yang bisa membahayakan kehamilan.

Seperti kelahiran prematur karena kandungan asam arachidonat dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim.

5. Nangka

Mengkonsumsi Nangka saat hamil bisa menyebabkan rasa panas di perut.

Apabila dibiarkan bisa menyebabkan perut ibu hamil terasa tidak nyaman.

Karenanya meski juga memiliki banyak manfaat, akan tetapi saat hamil lebih baik tunda dahulu keinginan untuk mecicipi buah tropis yang satu ini.

6. Melon cantaluope

Melon sesungguhnya buah yang sangat kaya akan vitamin dan juga antioksidan yang baik untuk tubuh.

Namun ibu hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah melon terutama yang berjenis melon merah atau cantaluope.

Ini karena kulit luar melon bisa saja tercemar bakteri, khususnya bakteri salmonella yang dapat membuat ibu hamil terancam terkena virus TORCH. Virus tersebut dapat memicu terjadinya kelahiran prematur dan juga cacat pada janin.

Nah itulah dian pembahasan mengenai buah yang baik maupun yang harus di hindari ibu hamil, semoga bermanfaat.
Top