Hipertensi, Jangan Tergantung Obat, Makan 8 Buah Penurun Darah Tinggi Berikut

Komentar

Image Source: pixabay.com

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan yang umum ditemui terutama pada lansia. Tekanan darah tinggi sering kali tidak menimbulkan gejala, sehingga hanya dapat terdeteksi melalui pemeriksaan tekanan darah. Meskipun tidak menimbulkan gejala tetapi tekanan darah tinggi termasuk dalam penyakit berbahaya karena dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Ada banyak cara mengatasi gejala darah tinggi, salah satunya adalah dengan menggunakan buah penurun darah tinggi. Anda disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari.

Hal ini membantu memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Saat Anda mempunyai penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, vitamin dan mineral serta serat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Terutama, buah yang mengandung kalsium, magnesium, atau kalium adalah buah yang dianjurkan untuk para penderita tekanan darah tinggi. Apa saja buah penurun darah tinggi?

Buah penurun darah tinggi

1. Kiwi


Image Source: pixabay.com

Nama buah penurun darah tinggi yang pertama adalah kiwi. Ini merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita tekanan darah tinggi. Karena dalam satu buah kiwi terkandung 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium. Ketiga mineral yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda, ternyata terkandung dalam buah ini.

Selain mengandung ketiga mineral tersebut, buah kiwi juga kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu tubuh Anda dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. Walaupun rasanya agak sedikit masam, namun ternyata buah ini mempunyai manfaat yang sangat menguntungkan bagi Anda.

2. Pisang

Image Source: pixabay.com

Buah lain yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda adalah pisang. Nah, ini merupakan buah yang sangat terjangkau dan mudah Anda temukan. Pasti Anda tidak asing lagi dengan buah ini sebagai makanan pencuci mulut. Satu buah pisang ukuran sedang ternyata mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang Anda butuhkan setiap hari. Karena kandungan kalium yang cukup tinggi ini, pisang menjadi buah yang cocok untuk dapat menurunkan kadar tekanan darah.

Selain untuk menurunkan tekanan darah, pisang juga mampu membantu menurunkan kadar hormon stres dalam darah. Untuk itu, mulailah konsumsi pisang setiap hari setidaknya 1 buah sebagai sarapan atau makanan selingan Anda.

3. Buah berry

Image Source: pixabay.com

Buah apa penurun darah tinggi? Buah yang termasuk ke dalam jenis buah berry adalah seperti blueberry, strawberry, blackberry, raspberry, hingga cranberry. Buah berry mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk memelihara tekanan darah.

Semua jenis berry tentunya baik, namun jika Anda menginginkan yang memiliki antioksidan dalam bentuk flavonoid yang paling tinggi, maka Anda bisa memilih blueberry. Buah ini lezat dimakan langsung atau bisa Anda campurkan pada oatmeal untuk sarapan. Buah blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Senyawa flavonoid ini, menurut salah satu penelitian, dapat mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Buah bit

Image Source: pixabay.com

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal American Heart Association menunjukkan bahwa konsumsi jus bit dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan oleh Queen Mary University of London ini menjelaskan bahwa kandungan nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan kadar gas nitrat oksida dalam sirkulasi darah sehingga membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Penelitian lainnya yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2013 juga menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik partisipan yang minum jus bit dan apel dapat menurun setelah 6 jam, terutama pada partisipan pria. Kandungan nitrat dalam buah bit ini ternyata memang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi buah bit dalam berbagai cara, misalnya dibuat jus, ditambahkan pada sereal sarapan Anda, dipanggang bersama sayuran, dibuat salad, dan sebagainya.

5. Delima

Image Source: pixabay.com

Buah apa untuk menurunkan darah tinggi? Delima adalah salah satu buah yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah penurun darah tinggi. Kandungan kalium dan juga polifenol dalam delima membuatnya mampu menurunkan tekanan darah sekaligus menjadi antioksidan bagi tubuh. Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini.

Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan oleh Plant Foods for Human Nutrition. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi jus delima lebih dari satu gelas setiap hari selama 4 minggu berhubungan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. Kandungan kalium dan polifenol dalam buah ini mungkin yang menyebabkan hal ini terjadi.

6. Alpukat

Image Source: pixabay.com

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan lemak tinggi. Meskipun begitu lemak yang ada dalam alpukat merupakan lemak yang baik bagi tubuh.  Satu setengah buah alpukat dapat menyediakan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang Anda butuhkan. Selain kaya akan mineral dan lemak baik tersebut, alpukat juga mengandung karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Saat mengupas alpukat, sebaiknya kupaslah dengan hati-hati. Karena ternyata kandungan berbagai senyawa yang baik ini berada tepat di bawah kulit alpukat.

7. Jeruk

Image Source: pixabay.com

Buah untuk penurun darah tinggi selanjutnya adalah jeruk. Jeruk merupakan buah yang akan akan vitatim C dan vitamin A. Buah jeruk juga memiliki kandungan yang cukup tinggi. Selain dapat menurunkan tekanan darah, konsumsi jeruk secara rutin juga dapat memelihara kesehaan Anda secara menyeluruh.

8. Melon

Image Source: pixabay.com


Buah apa penurun tekanan darah tinggi? Buah penurun darah tinggi selanjutnya adalah melon. Buah ini memiliki kandungan potassium atau kalium yang juga tinggi. Melon juga mengandung zat lain yang baik bagi tubuh mulai dari vitamin A. vitamin C, zat besi, vitamin B5, magnesium, kalsium, DNA juga serat.

Demikian buah untuk penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi sebagai alternatif. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Top