MasyaAllah, Bacaan Shalawat Nabi Berikut ini Memiliki Keutamaan Luar Biasa

Komentar

Image Source: portaldakwah.com

Shalawat Nabi adalah salah satu amalan yang harus dan wajib dilaksanakan oleh setiap umat Islam. Shalawat Nabi diucapkan atau dilantunkan sebagai salah satu ibadah kepada Allah sekaligus sebagai cara kita mencintai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Maka dari itu kita dianjurkan untuk selalu memperbanyak shalawat kepada Rasulullah Saw agar kelak dihari kiamat nanti kita diberi syafaatnya. Apa bacaan shalawat nabi? Shalawat secara bahasa merupakan bentuk jamak dari shalla yang artinya doa. Secara istilah, shalawat merupakan doa dan pujian untuk Nabi Muhammad Saw.

Jika Nabi Muhammad kelak akan memberikan syafaatnya, maka kita sebagai umatnya haruslah selalu menyebut namanya dengan shalawat Nabi. Bagaimana bacaan shalawat nabi?

Bacaan shalawat Nabi

1. Dibaca ketika mendengar Nabi Muhammad Saw disebut


صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Semoga shalawat dan salam dari Allah atasnya (Rasulullah)”.

اَللَهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah shalawat kepadanya”.

2. Shalawat kepada Nabi Muhammad Saw

Bagaimana bunyi bacaan shalawat nabi? 
صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ

Artinya: “Semoga shalawat dari Allah Swt atas (Nabi) Muhammad Saw”.

3. Shalawat untuk Nabi Muhammad serta keluarganya


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad”.

4. Shalawat tasyahud

Seperti apa bacaan shalawat nabi? Shalawat tasyahud ini pernah diajarkan Rasulullah sendiri dan telah diriwayatkan Imam Bukhari. Shalawat tasyahud biasanya sering dilantunkan ketika shalat. Berikut bacaannya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Artinya: “Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Setelah membaca shalawat diatas pastinya barang siapa yang melantunkan shalawat kepada Nabi dia akan mendapat keutamaan yang luar biasa. Lalu, Apa saja keutamaan membaca shalawat nabi?

Baca Juga:

Keutamaan membaca shalawat Nabi

1. Akan mendapat syafaat dari Rasulullah

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam akan memberikan syafaat kepada umatnya diakhirat nanti. Orang yang paling berhak  mendapat syafaatnya adalah orang yang paling banyak bershalawat kepada beliau. Dalam sebuah hadits telah dituliskan,

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

“Orang yang paling berhak mendapatkan syafaatku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bershalawat kepadaku” (HR. Tirmidzi)

2. Dapat menghapus 10 dosa dalam 1 kali membacanya 

Keutamaan membaca shalawat Nabi lainnya yang sangat luar biasa adalah siapa yang bershalawat satu kali, Allah akan menghapus sepuluh dosanya. Sebuah hadits telah tertulis,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحَطَّ عَنْهُ عَشْرَ خَطِيئَاتٍ

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh shalawat dan menghapus darinya sepuluh dosa” (HR. Ahmad)

3. Dapat mengangkat derajatnya 

Barang siapa yang bershalawat satu kali, maka akan diangkat 10 derajat.

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh shalawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. An Nasa’i)

4. Doanya akan mudah terkabul

Dalam berdoa mempunyai syarat dan adab supaya doa tersebut dikabulkan Allah Swt. Diantaranya adalah bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi waallam.

كل دعاء محجوب حتى يصلي على محمد


“Setiap doa akan terhalang hingga diucapkan sholawat kepada Muhammad.” (HR. Thabrani)

Demikian bagaimana bacaan shalawat nabi yang benar. Semoga dapat bermanfaat dan kita selalu dapat mengamalkannya setiap hari agar kelak dihari kiamat nanti mendapat syafaat dari Nabi Muhammad Saw.
Top