Bacaan Akad Nikah Paling Lengkap Beserta Terjemahannya

Komentar
bacaan akad nikahCopyright wajibbaca.com

Bacaan Akad Nikah - Akad nikah dalam bahasa arab artinya pengucapan ijab kabul (Qobul) pernikahan dengan menggunakan bahasa arab. Walaupun tidak diharuskan menggunakan satu bacaan tertentu. Akan tetapi, semua kalimat yang dikenal masyarakat sebagai kalimat ijab kabul akad nikah maka status nikahnya sah.

Melafalkan ijab kabul dalam akad nikah tentu akan menjadi momen yang sakral sekaligus momen yang mendebarkan terutama untuk calon pengantin pria. Karena dalam melafalkan ijab kabul sang pengantin pria harus dengan lancar dan tegas dalam pengucapannya.

Selain itu, momen ini mungkin saja hanya akan terjadi sekali dalam seumur hidup. Sehingga tidak jarang akan membuat orang menjadi gugup saat akan menghadapi prosesi ijab kabul.

Prosesi ijab kabul sendiri bisa dibilang sebagai prosesi serah terima dari orang tua wanita yang hendak melepaskan putrinya untuk dinikahkan dengan sang pengantin pria. Sehingga Ijab kabul ini diucapkan oleh ayah dari pengantin wanita dan juga pengantin prianya. Namun apa bacaan akad nikah?

Apa bacaan akad nikah atau ijab kabul? Apa bacaan akad nikah yang benar? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Bacaan Akad Nikah Lengkap Beserta Terjemahannya


Image Source: bimbinganislam.com

1. Bacaan Ijab Kabul dalam bahasa indonesia

Bacaan yang diucapkan oleh wali atau ayah dari pengantin wanita (ijab):
SAUDARA/ANANDA (nama pengantin pria) BIN (nama ayah calon pengantin pria) SAYA NIKAHKAN DAN SAYA KAWINKAN ENGKAU DENGAN (nama pengantin perempuan) BINTI (nama ayah pengantin perempuan) DENGAN MASKAWINNYA BERUPA (sebutkan mas kwainnya), TUNAI.

Bacaan yang diucapkan oleh pengantin pria (qobul):
SAYA TERIMA NIKAHNYA DAN KAWINNYA (nama pengantin perempuan) BINTI (nama ayah dari pengantin perempuan) DENGAN MASKAWINNYA YANG TERSEBUT DIBAYAR TUNAI.

2. Bacaan Ijab Kabul dalam bahasa arab

Bacaan yang diucapkan oleh wali atau ayah pengantin wanita (ijab)

Bacaan yang diucapkan oleh pengantin pria (qobul):

Demikian penjelasan diatas tentang bacaan akad nikah lengkap beserta terjemahannya. Semoga bermanfaat!
Top