Apa Itu WhatsApp Business, Aplikasi yang Baru Diluncurkan Untuk Pengguna Androit & iOS?

Komentar

WhatsApp Business (carainvestasibisnis.com)

Setelah meluncur dalam versi Android pada 2018 lalu, kini WhatsApp Business hadir untuk pengguna iOS dalam versi beta.

Lantas apa bedanya dengan aplikasi WhatsApp biasa? Yuk simak ulasannya biar nggak nyesel.

Terutama bagi Anda pelaku usaha!!

Kabar baik bagi pengguna WhatsApp dan pelaku bisnis, setelah meluncur dalam versi Android pada 2018 lalu, kini WhatsApp Business hadir untuk pengguna iOS dalam versi beta.

Hal ini pertama kali diumbar WABetaInfo, yakni situs khusus untuk mengupas dan mengumbar fitur-fitur yang tengah dikembangkan WhatsApp. Karena judulnya masih “beta”, maka baru segelintir orang yang bisa menjajal WhatsApp Business di iOS.

Setelah peluncuran WhatsApp Business untuk Android, banyak yang bertanya soal dukungan di iOS. Kami tak tahu alasan WhatsApp mendahulukan Android, mungkin karena penggunanya lebih banyak di sana,” begitu tertera pada WABetaInfo.

Namun kini kami senang mengumumkan bahwa versi iOS akhirnya tersedia secara beta,” situs tersebut menambahkan.

Lantas apa kegunaan WhatsApp Business ini dibandingkan dengan WhatsApp biasa?


postcron.com

Sesuai dengan namanya, WhatsApp Business fungsinya sama seperti WhatsApp standar, hanya saja dilengkapi beberapa fitur untuk menunjang bisnis Anda.

Fitur-fitur di WhatsApp Business versi Android maupun versi iOS dilengkapi fitur yang mempermudah bisnis besar atau UMKM untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Konsepnya kurang lebih sama dengan “Line@“ buatan Line.

Pebisnis bisa menyetel balasan otomatis untuk pertanyaan serupa yang dilontarkan pelanggan.

Pesan otomatis juga bisa diatur untuk menyambut pelanggan baru atau pelanggan lama yang dalam 14 hari tak aktif berinteraksi.

Selain itu, pebisnis juga bisa melihat statistik pesan terkirim dan pesan diterima oleh masing-masing pelanggan. Dengan begitu, pengaturan alur interaksi ke pelanggan bisa disesuaikan, tak terlalu jarang dan tak terlalu sering.

Beberapa fitur lain yang juga membedakan WhatsApp Business dan versi standar adalah penambahan nomor telepon rumah dan kantor, pemilihan kategori bisnis, serta ada centang hijau untuk menandai akun yang terverifikasi.

Baca Juga:


Cara mengaktifkan akun WhatsApp Business 


Sparkcentral

Nah bagi Anda pelaku bisnis yang ingin membuat akun di WhatsApp Business harus menyetujui segala “Terms and Conditions” yang ditetapkan.

Sebagaimana kami kutip dari kompas.com, WhatsApp lantas akan bertanya apakah pebisnis ingin memindahkan rekam jejak chat dari WhatsApp standar ke versi Business.

Jika pebisnis memilih opsi itu, maka semua chat dari WhatsApp standar bakal terhapus dan tertransfer ke akun Business. Pebisnis juga otomatis keluar (logged out) dari akun WhatsApp standar.

Ada jalan tengah jika pebisnis masih mau mempertahankan akun personalnya. Pebisnis bisa memakai dua nomor berbeda, satu untuk WhatsApp standar dan satunya lagi khusus untuk akun Business.

Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda pelaku usaha.
Top