Kehebatan Air Susu Ibu yang Dijelaskan dalam Al-Qur'an

Komentar
air susu ibuImage Source: muslimah.id

Bagi orang tua, buah hati yang lahir ke dunia merupakan hal yang cukup membahagiakan. Selain itu, dengan menyusui buah hati semakin membuat lengkap rasa cinta sang Ibu. Berbicara mengenai menyusui, pastilah Ibu akan memberikan Air Susu mereka dan berharap jika nantinya anak akan cepat tumbuh besar dan pintar.

Karena air susu ibu atau juga bisa disebut ASI merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Manfaat luar biasa ASI tersebut telah terbukti kebenarannya secara ilmiah. Tak hanya itu, ternyata menyusui bayi dalam Al-Quran telah terlebih dahulu dijelaskan. Bahkan jauh sebelum penelitian ilmiah muncul. Lalu apa kehebatan air susu ibu menurut islam?

Apa kehebatan air susu ibu menurut al-quran? Apa kehebatan air susu ibu dalam al quran? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Penjelasan Air Susu Ibu Dalam Al-Quran


Image Source: bundakonicare.com

Dalam Al-Quran dijelaskan sebagaimana seorang ibu hendaknya menyusui anaknya dengan ASI.

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.” (QS. Al-Baqarah: 233).

Selain itu, dalam Al-Quran menjelaskan secara rinci tentang lamanya waktu bagi seorang ibu untuk menyusui dan menyapih anaknya.

“Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya.” (QS al-Baqarah: 233).

Oleh karena itu, tentulah menjadi salah satu alasan seorang anak untuk memuliakan kedua orang tuanya. Dengan berbakti kepada orang tuanya, yang khususnya ibu adalah suatu keharusan seorang anak selama hidupnya. Karena ibu adalah orang yang telah mengandung dan menyapihnya.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman:14).

Masyaallah! hal yang kita kira selama ini memang mengagumkan, fakta yang tercantum dalam Al-Quran malah menjadikannya lebih luar biasa lagi. Oleh karena itulah ibu dikenal sebagai salah satu malaikat yang istimewa, mungkin karena ASI yang beliau berikan untuk kita sewaktu kecil itulah. Sehingga membuat kita bisa berdiri dan berusaha meraih masa depan hari ini.

Demikian penjelasan diatas tentang penjelasan apa kehebatan air susu ibu dalam islam. Semoga bermanfaat!
Top