7 Bahaya Mandi Malam Hari Bagi Kesehatan

Komentar

Image Source: waspada.co.id

Setiap orang pasti memiliki kesibukan masing-masing, banyak yang melakukan aktifitas hingga malam hari sehingga baru sempat untuk mandi di waktu sebelum tidur. Meskipun akan membuat badan terasa bersih dan nyaman, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan mandi terlalu malam ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti sebagai berikut. Apakah bahaya mandi malam?

Bahaya mandi malam bagi kesehatan

1. Memicu demam

Apakah bahaya mandi pada malam hari? Jika di malam hari suhu udara cenderung panas, maka suhu tubuh juga akan sedikit meningkat sehingga pori-pori kulit akan terbuka. Jika kita mandi dengan air dingin, air bisa meresap ke dalam kulit yang pori-porinya terbuka sehingga akan membuat suhu panas tubuh tercampur dengan air dingin. Hal ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga kita pun lebih rentan terkena virus dan akhirnya menyebabkan demam.

2. Menyebabkan penuaan dini

Bahaya mandi malam setiap hari bisa mempercepat penuaan dini. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh tidak kuat menerima rangsangan air dingin saat kita mandi malam, hal ini berakibat metabolisme tubuh meningkat. Untuk itu tubuh memerlukan suplai kalori dan oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya.

3. Memicu paru-paru basah

Cukup banyak orang yang menganggap kebiasaan mandi malam bisa menyebabkan paru-paru basah. Tak disangka, hal ini ternyata benar adanya. Mandi malam akan membuat tubuh lebih rentan terkena masalah pernafasan seperti batuk dan masalah pernafasan lainnya.

4. Memicu masuk angin

Bahaya mandi malam air dingin ternyata bisa menyebabkan masuk angin, apalagi jika mandi ketika suhu tubuh masih tinggi atau panas. Jika kamu pulang kerja di malam hari sebaiknya jangan mandi bisa membuat masuk angin dan sebaiknya kamu membasuh wajah saja.

5. Bahaya untuk penderita rematik

Rematik merupakan penyakit yang terdapat nyeri pada sendi. Tak heran jika orang yang terkena penyakit sering merasakan nyeri pada sendi. Rematik memang bukan suatu penyakit yang berbahaya, namun kamu jangan mengabaikan penyakit ini. Jika memang kamu harus mandi malam, gunakanlah air hangat. Karena jika mandi malam dengan air dingin dapat memperparah rematik Anda.

6. Menyebabkan asam urat

Sering mandi air dingin di malam hari dapat menyebabkan asam urat. Meskipun menyegarkan tubuh, air dingin akan membuat sendi-sendi terasa nyeri. Cairan sendi mengalami perubahan komposisi karena seiring bertambahnya usia.

7. Menyebabkan nyeri otot

Bahaya mandi malam menurut medis yaitu menyebabkan nyeri otot. Pori-pori kulit yang terbuka pada malam hari menyebabkan bercampurnya suhu tubuh yang tinggi dengan air dingin yang digunakan untuk mandi. Hal ini akan menyebabkan nyeri-nyeri pada otot. Perhatikan baik-baik dahulu kondisi tubuhmu ketika ingin mandi malam. Mandi malam tidak akan menjadi hal yang serius, jika menggunakan air hangat. Sehingga akan membuatmu segar, tekanan darah turun dan tidurmu lebih nyenyak.

Demikianlah beberapa apakah bahaya mandi malam? Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.
Top