Tujuh Orang Tewas Karena Sengatan Tawon Ndas, Fakta-fakta Ini Harus Anda Ketahui

Komentar

Sumber gambar tribunnews.com

Sudah tujuh orang meninggal akibat sengatan tawon, meskipun serangga yang ukurannya tidak lebih besar dari jari jempol orang dewasa namun sengatannya mampu menjadi mesin pembunuh.

Perlu mewaspadai meskipun kecil ukurannya namun sengatannya mematikan.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, tujuh warga meninggal dunia akibat sengatan tawon jenis Vespa Affinis atau sering disebut tawon ndas di wilayah klaten.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten Nur Khodik mengatakan jika sengatan tawon Vespa affinis ini bisa menyebabkan kematian pada seseorang.

Jika dalam 1 x 24 jam seseorang yang terkena sengatan tawon Vespa tak segera ditangani, maka orang tersebut bisa meninggal.

"Tawon ini sangat berbahaya. Sudah ada tujuh warga yang meninggal karena sengatan tawon Vespa affinis, dua warga pada tahun 2017 dan 5 orang warga tahun 2018" 

Nur Khodik juga mengatakan jika pihaknya telah memusnahkan ratusan sarang tawon Vespa affinis.

Pada tahu 2017, ada 217 sarang tawon yang dimusnahkan.

Sedangkan tahun 2018 kemarin, ada 2017 sarang tawon yang dimusnahkan.

Lebih lanjut, Nur Khodik mengatakan jika ia telah memusnahkan 18 sarang tawon Vespa affinis di awal tahun 2019 ini.

Masih ada 22 sarang tawon yang masih dalam antrean untuk dimusnahkan.

Fakta-fakta Mengenai Tawon Ndas yang Harus Diwaspadai

Sumber gambar Kompasiana.com

1. Segera Bawa ke Dokter Bila Tersengat Tawon

Sengatan tawon Vespa Affinis bisa menyebabkan kematian pada seseorang. Untuk itu, korban harus segera ditangani secara medis dalam waktu 1 x 24 jam.

"Tawon ini sangat berbahaya. Sudah ada 7 warga yang meninggal karena sengatan tawon Vespa affinis.Dua warga pada tahun 2017 dan 5 orang warga tahun 2018," kata Nur Khodik Kepala Damkar Klaten.

2. Musnahkan Sarang Tawon Saat Sore Hari

Ukuran sarang tawon ndas sangat besar, bisa mencapai 2 meter.

Sarang tersebut biasa terdapat di pohon, di batu, dilemari dan di atap rumah.

Pemusnahan bisa dilakukan dengan cara dibakar, ada pula yang menggunakan zat pemusnah serangga.

 Metode pemusnahan menyesuaikan dengan medan lokasi tawon tersebut.

3. Penjelasan Ahli Mengenai Sengatan Tawon Ndas

Pakar toksinologi, Dr dr Tri Maharani MSi SPEM mengatakan, tawon Vespa Affinis merupakan jenis tawon predator.  Tawon jenis ini memiliki kemampuan untuk memasukkan racunnya ke tubuh manusia.

Dosis racun kecil jika hanya satu atau dua tawon yang menyengat. Namun, bila jumlah tawon yang menyengat banyak, maka mampu menyebabkan hiperalergi.

Sementara itu, pakar ilmu serangga dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hari Nugroho menjelaskan, tawon ndas telah tersebar di Asia tropis.

Tawon ini bukan jenis baru. Tawon ndas memiliki ciri tubuh yang mudah dikenali, yakni ukuran badan agak besar dan panjang sekitar tiga sentimeter, tubuh berwarna hitam dan belang berwarna kuning atau oranye di bagian perut, katanya.
Top