Tak Dianjurkan Baca Basmalah Ketika Akan Sholat dan Adzan, Ini Alasan Syar'inya

Komentar

Gambar adzan (merdeka.com)

Masih banyak yang belum tahu...

Ternyata, membaca basmalah tidak dianjurkan ketika akan melaksanakan sholat serta ketika akan mengumandangkan adzan.

Berikut alasan syar'inya mengenai kondisi tersebut...

Bagi umat Islam, terdapat anjuran atau sunnah untuk mengawali segala sesuatu dengan membaca basmalah.

Baik itu amalan yang berkaitan dengan ibadah maupun bukan seperti makan, minum, mengerjakan sesuatu, dan sebagainya.

Basmalah merupakan lafal yang menandakan disebutnya nama Allah SWT. Dengan begitu, setiap perbuatan yang dikerjakan diharapkan mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Tetapi, sunah ini rupanya tidak berlaku untuk hal-hal tertentu. Terutama untuk ibadah seperti sholat maupun mengumandangkan azan.

Mengapa demikian?

Dikutip dari bincangsyariah.com, membaca basmalah untuk mengawali ibadah seperti sholat atau azan tidak dianjurkan dalam Islam. Sebab, baik sholat maupun azan memiliki kalimat pembuka sendiri yaitu takbir.

Imam Al Qarafi menyinggung hal ini dalam kitab Anwa'ul Buruq di Anwa'il Furuq.

وأما ما لا تشرع فيه فستة أنواع كما يفيده الضابط المذكور : الأول ما جعل الشارع له مبدأ غير البسملة كالصلوات والأذان فإن الشارع جعل مبدأهما التكبير وكالحج والعمرة فإنه جعل مبدأهما التلبية

"Adapun perkara yang tidak disyariatkan membaca basmalah ada enam macam, sebagaimana diketahui dari batasan tersebut. Pertama, perkara yang oleh syari' (Allah dan Rasulnya) telah diberikan kalimat pembuka selain basmalah, seperti sholat dan azan. Sesungguhnya syari' telah menjadikan kalimat takbir sebagai pembuka dari keduanya. Dan juga seperti haji dan umroh, maka syari’ menjadikan kalimat talbiyah sebagai kalimat pembuka dari keduanya."

Dari penjelasan tersebut, terdapat amalan ibadah yang tidak dianjurkan mengawalinya dengan membaca basmalah.

Bahkan para ulama juga menyatakan basmalah tidak sepatutnya dibaca untuk mengawali zikir atau bershalawat kepada Rasulullah Muhammad SAW.

Ini karena zikir dan shalawat merupakan ibadah dengan keutamaan tersendiri. Keutamaan tersebut tidak berkurang meski tidak diawali dengan basmalah.

Demikian, semoga menambah pemahaman dan ilmu bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Wallahu A'lam...

Baca Juga:
Top