8 Khasiat Minyak Zaitun Untuk Rambut, Cocok Bagi yang Berhijab Serta Aman Bagi Bayi

Komentar
minyak zaitun untuk rambut
8 Khasiat Minyak Zaitun Untuk Rambut, Sehat Bagi yang Berhijab Serta Rambut Bayi (foto: hellosehat.com)

Bunda wajib tahu.

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan dan untuk wajah, minyak zaitun ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk rambut.

Apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut? Yuk simak.

Manfaat minyak zaitun bukan hanya untuk makanan dan kesehatan tapi juga bagi kecantikan. Minyak yang satu ini memang memiliki banyak manfaat, baik yang diaplikasikan dari luar maupun dari dalam tubuh.

Kandungan yang ada pada minyak zaitun adalah vitamin E dan K, serta asam lemak. Tidak hanya berguna untuk kulit, vitamin E juga berguna untuk rambut.

Minyak zaitun memiliki fungsi melembapkan, ini yang membuatnya baik digunakan untuk rambut. Jangan heran jika minyak zaitun dapat digunakan sebagai kondisioner. Hal ini didukung oleh klaim bahwa manfaat lain yang didapat adalah membuat rambut semakin bersinar, lembut, dan kuat.

Apalagi untuk Anda yang berhijab, walaupun rambut tertutup bukan berarti bakal menjamin bahwa rambut Anda akan baik-baik saja dan terlindung.

Justru rambut yang seharian ditutup dengan hijab akan menjadi lepek dan lembab, dan kondisi seperti itu pasti membuat Anda tak nyaman.

Selain itu, minyak zaitun juga efektif untuk perawatan & kesuburan rambut bayi. Jadi, sebagai orang tua Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk Anda sendiri maupun anak.

Nah tanpa basa-basi lagi, apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut? Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut


Sumber foto: tribunnews.com

Selain vitamin yang disebutkan di atas, minyak zaitun juga mengandung elemen kimia seperti asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Ketiga elemen tersebut adalah emolien yang menawarkan fungsi kualitas kelembutan.

Dilansir dari doktersehat.com, berikut ini adalah manfaat minyak zaitun untuk rambut yang bisa Anda dapatkan:

1. Menghilangkan kutu

Masalah kutu rambut memang tidak bisa dianggap sepele. Kutu rambut tidak hanya membuat tidak nyaman karena menyebabkan rasa gatal, tapi juga berpotensi menyebabkan iritasi kulit kepala dan juga kerusakan rambut.

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah dapat membantu menghilangkan kutu rambut.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk membasmi kutu adalah dengan cara mengaplikasikan minyak zaitun ke kulit kepala dan ke seluruh bagian rambut, kemudian bungkus kepala selama kurang lebih 3 jam.

Setelah bilas rambut menggunakan sampo dan keramaslah sambil menyisir rambut Anda untuk membersihkan sisa kutu. Lakukan 2 kali seminggu hingga kutu benar-benar habis.

2. Mempercepat pertumbuhan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang kedua adalah dapat memanjangkan rambut.

Hasil dari memanjangkan rambut dengan minyak zaitun memang tidak secepat menggunakan serum rambut, tetapi cara ini tetap patut dicoba karena sangat ekonomis dan tidak menimbulkan efek samping.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan minyak zaitun ke seluruh rambut, sambil memijakt kulit kepala selama beberapa menit.

Setelah itu diamkan selama paling tidak 30 menit sebelum membilas rambut dengan sampo.

3. Mengatasi rambut singa

Rambut singa atau rambut yang terlalu mengembang tentunya sangat mengganggu penampilan.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan masker rambut dari minyak alami secara rutin. Salah satu jenis minyak yang dapat Anda gunakan adalah minyak zaitun.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut singa adalah dengan mengaplikasikan minyak zaitun yang dihangatkan ke seluruh rambut.

Pijat kulit kepala perlahan selama beberapa menit, lalu diamkan selama 30 menit sebelum dibilas menggunakan sampo.

4. Mengatasi rambut kering dan bercabang

Rambut kering dan bercabang merupakan tanda rambut rusak. Hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya kandungan keratin pada kutikula (lapisan terluar) rambut.

Perawatan minyak zaitun untuk rambut dapat menjaga kandungan keratin pada kutikula rambut sehingga rambut pun menjadi lebih terjaga kelembapannya dan terhindar dari rambut kering dan bercabang.

Baca Juga: 11 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah, Lengkap Beserta Cara Penggunaannya

5. Menghaluskan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut kering. Rambut yang kering dan bercabang tentunya juga akan terlihat kasar dan kehilangan kilaunya. Ketika kita merawat rambut dan menjaga kelembapannya, maka kita juga akan mendapatkan rambut yang lebih halus.

Rambut kasar yang berubah menjadi lebih halus juga akan terlihat dari kembalinya kilau rambut Anda. Selain itu, rambut juga terasa lebih mudah diatur dan tidak mudah kusut.

6. Mengatasi ketombe

Manfaat minyak zaitun lainnya adalah dapat membantu mengatasi ketombe.

Keberadaan ketombe di kulit kepala tidak hanya menimbulkan rasa gatal, tetapi juga bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun secara langsung pada kulit kepala atau bisa juga dengan mencampurkannya dengan perasan lemon.

Tapi perlu diingat bahwa penyebab ketombe bermacam-macam sehingga tidak semua jenis ketombe dapat dihilangkan menggunakan minyak zaitun.

Jika ketombe tetap membandel setelah perawatan rambut dengan minyak zaitun, sebaiknya dibarengi juga dengan perawatan lain seperti sampo antiketombe.

7. Minyak zaitun untuk rambut anak


sumber gambar: mommyasia.id

Memilih perawatan rambut untuk bayi tentunya tidak bisa sembarangan, karena bayi memiliki kulit yang sensitif dan lebih mudah terkena iritasi.

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut ternyata adalah baik untuk perawatan rambut bayi.

Jadi, sebagai orang tua Anda tidak perlu khawatir jika ingin mencoba perawatan rambut menggunakan minyak zaitun pada bayi Anda, karena perawatan ini hampir tidak menimbulkan efek samping sama sekali.

8. Bisa digunakan untuk alis dan bulu mata

Selain rambut di atas kepala, alis dan bulu mata juga merupakan bagian yang harus dirawat.

Banyak sekali orang yang menginginkan alis yang lebih tebal dan bulu mata yang lebih tebal dan panjang. Bulu mata panjang dan tebal serta alis yang tebal sering diidentikkan dengan wajah yang lebih cantik.

Tidak perlu melakukan sulam alis maupun sulam bulu mata, Anda cukup merawat alis dan bulu mata menggunakan minyak zaitun.

Sama seperti pada rambut di atas kepala, minyak zaitun untuk rambut alis dan bulu mata juga sama hasiatnya.

Baca Juga: 6 Bahaya dari Minyak Zaitun Jika Salah Dalam Pemakaiannya

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Menggunakan Minyak Zaitun

Sumber gambar: depolinks.com

Manfaat minyak zaitun untuk rambut memang sangat banyak, tapi untuk mendapatkan rambut yang sempurna, tentunya perawatan minyak zaitun untuk rambut saja tidak cukup.

Terdapat beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan dalam merawat rambut. Berikut adalah tips untuk merawat rambut dengan minyak zaitun dan juga perawatan lainnya:

1. Lakukan secara rutin

Jika ingin endapatkan manfaat minyak zaitun untuk rambut, maka lalukanlah perawaran secara rutin. Menggunakan minyak zaitun untuk rambut satu atau dua kali saja tidak akan memberikan efek signifikan pada rambut.

Lakukan perawatan 1-2 kali seminggu dalam beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

2. Pilih perawatan yang sesuai

Perawatan rambut tidak boleh dilakukan sembarangan. Pilihlah perawatan yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

Mulai dari pemilihan sampo, kondisioner, hingga masker rambut harus selalu disesuaikan dengan karakter rambut Anda. Perawatan rambut untuk pemilik rambut kering dan berminyak tentunya berbeda, begitu juga perawatan untuk rambut yang diwarnai dan tidak diwarnai.

3. Ingat, hair styling bisa merusak rambut!

Hair styling biasanya bertujuan untuk mempercantik penampilan rambut. Tapi apakah Anda yakin hasilnya akan sebanding kerusakan rambut yang nantinya akan Anda rasakan?

Sebaiknya sebelum melakukan styling rambut Anda mempertimbangkan berbagai hal.
  • Jangan melakukan hair styling terlalu sering karena rambut membutuhkan waktu untuk beregenerasi.
  • Jangan juga melakukan hair styling tanpa memberikan perlindungan pada rambut sama sekali.
  • Pastikan Anda juga memilih produk-produk perawatan terbaik untuk menghindari kerusakan rambut akibat styling.

4. Jangan keramas setiap hari

Siapa bilang keramas setiap hari merupakan solusi untuk rambut yang bersih dan sehat?

Pada dasarnya keramas haruslah disesuikan dengan kebutuhan. Mempertimbangkan iklim di Indonesia, lebih disarankan untuk keramas dua hari sekali. Namun jika mendesak, maka diperbolehkan untuk keramas selama dua hari berturut-turut.

Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!
Top