Masya Allah, Ternyata 5 Penyakit Berat ini Bisa Sembuh Hanya Dengan Sholat Tahajud

Komentar

Gambar ilustrasi dilansir dari tribunnews.com

Sungguh luar biasa keutamaan sholat di sepertiga malam atau tahajud...

Masaya Allah!! Selain sebagai amalan penghapus dosa, ternyata sholat tahajud juga memiliki keutamaan untuk meyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut ulasannya...

Tahajud menjadi salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan di dalam ajaran Islam.

Sebab, waktu sepertiga malam yang dianjurkan untuk melaksanakan Sholat Tahajud disebut-sebut merupakan waktu terbaik untuk beribadah.

Pada waktu sepertiga malam terakhir ini pula, Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh hamba-Nya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Allah Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap malamnya hingga tersisa sepertiga malam yang terakhir, Allah berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, akan Aku ampuni.’” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758)

Tak hanya itu, Rasulullah SAW juga bersabda,

"Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR Tirmidzi)

Dilansir dari dream.co.id, berikut lima penyakit yang dapat disembuhkan dengan rutin menjalankan Sholat Tahajud:

1. Mengobati Diabetes

Berdasarkan beberapa penelitian dikatakan bahwa Sholat Tahajjud tersebut membuat kandungan kortisol menjadi rendah.

Kortisol memiliki manfaat untuk meningkatkan kandungan gula darah dengan cara merangsang metabolisme karbohidrat. Apabila kortisol ini bertambah maka kandungan gula darah dalam tubuh pun akan menjadi lebih.

2. Mencegah Pembengkakan Jantung

Sholat Tahajud dianjurkan bagi mereka yang menderita pembengkakan jantung dan gagal ginjal karena dapat mereduksi kortisol.

Ketika kortisol ini tereduksi, maka tidak akan terjadi pembengkakan dan pembuangan urine pun akan semakin mudah.

3. Mencegah Penyakit Hipertensi dan Hipotensi

Sholat Tahajud ternyata juga penting bagi otak manusia.

Pada waktu sepertiga malam tersebut otak manusia akan melepaskan serotonin, beta endorsin, dan melatonin.

Dengan lepasnya ketiga zat tersebut maka akan membuat seseorang merasa lebih tenang sampai homeostasis terbangun.

Tetapi, lain halnya apabila homeostasis terganggu, maka akibatnya orang tersebut akan mudah mengalami pusing dan bisa saja mengakibatkan hipertensi, hipotensi, tekanan darah rendah. Untuk itu, Sholat Tahajud dapat dijalani dengan kondisi senyaman mungkin.

Tidak hanya itu saja, keseimbangan tubuh juga akan lebih terbangun dan membuat peluang hipertensi atapun hipotensi bisa diturunkan.

4. Mengontrol Emosi

Kortisol yang tidak menurun dapat merangsang depresi yang berlebihan. Maka dari itu dianjurkan untuk Sholat Tahajud karena waktu ini kortisol akan menurun membuat seseorang menjadi lebih tenang.

Dengan ketenangan tersebut maka diri kita tidak akan mudah terbebani dan tidak tertekan dengan segala permasalahan yang dapat mengganggu kesehatan.

Baca Juga:

5. Kemoterapi Kanker Tanpa ada Efek Samping

Menderita kanker tentu bukanlah hal yang diharapkan oleh semua orang. Tetapi, sebagian di antara kita ternyata mengidap penyakit kanker dan harus menjalani serangkaian pengobatan salah satunya kemoterapi.

Namun secara bio-teknologi, penemuan baru menyebutkan bahwa shalat tahajud mampu meningkatkan daya tubuh seseorang. Di samping itu, bagi para penderita kanker akan merasakan manfaat lainnya, menghilangkan rasa nyeri yang kerap melanda.

Pada bidang ini pula dikatakan bahwa shalat tahajud meningkatkan respon positif yang sangat efektif dalam anastesi pra bedah
.
Alasan inilah yang menjadikan mengapa shalat tahajud sangat baik dilaksanakan oleh penderita penyakit berat sekalipun.

Wallahu A'lam...
Top