Beragam Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Komentar
Image Source: pixabay.com/aloe-vera-treatment-of-burn-2036626/

Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai tanaman berkhasiat. Bentuk tanamannya memang seperti kaktus, namun isi dari daunnya sendiri sangat berlendir. Apa manfaat lidah buaya untuk kesehatan? Kami merangkum beberapa manfaat lidah buaya berikut ini.

Beberapa Manfaat Lidah Buaya 

1. Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit 

Banyak yang telah mengeksplorasi peran pemberian lidah buaya topikal dalam kondisi kulit dan manajemen penyembuhan luka. Antara lain pengobatan psoriasis, dermatitis, mucositis oral, luka bedah, dan sebagai obat rumah untuk luka bakar. Ekstrak lidah buaya mampu memberikan bantuan cepat untuk mengatasi gatal dan terbakar terkait dengan dermatitis radiasi yang parah dan regenerasi kulit.

2. Mengobati luka bakar 

Gel lidah buaya memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan radiasi pada kulit. Pada 1959, Administrasi Makanan dan Obat AS menyetujui penggunaan salep lidah buaya sebagai obat yang dijual bebas untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit. Ketika gel lidah buaya digunakan pada luka bakar, materialnya mampu mencegah penindasan yang diinduksi oleh sinar UV, sehingga area tersebut dapat sembuh lebih cepat.

3. Menyembuhkan luka 

Aloe vera memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka basah atau luka di mulut. Asam amino dan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 dan vitamin C juga sangat membantu. Salah satu manfaat vitamin B6, misalnya, adalah bertindak sebagai pengobatan rasa sakit alami dan menciptakan antibodi yang digunakan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh.

4. Melembapkan rambut dan kulit kepala 

Apa manfaat lidah buaya untuk rambut? Aloe vera adalah perawatan alami yang bagus untuk rambut kering atau kulit kepala yang gatal. Vitamin dan mineral yang tinggi dari aloe vera membuat rambut kuat dan sehat. Karena memilki sifat antibakteri dan antijamur, lidah buaya dapat membantu mengatasi ketombe. Sementara, enzim gel dapat membersihkan kulit kepala sel mati dan mendorong regenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut. Aloe gel juga membantu menghentikan rasa gatal yang terkait dengan ketombe atau kulit kepala yang kering.

5. Melembabkan kulit 

Apa manfaat lidah buaya untuk kulit? Perawatan kulit dengan lotion memang suatu hal yang wajar. Namun, menurut riset dari The Indian Journal of Dermatology, lidah buaya tidak hanya kaya akan vitamin A,C dan E, tapi juga mengandung mineral dan antioksidan yang mengikat sel kulit untuk melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit. Aloe vera ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kulit kering.

6. Membantu mengatasi jerawat 

Apa manfaat lidah buaya untuk wajah? Aloe vera mengandung asam salisilat alami yang berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat. Setelah membersihkan kulit, cobalah untuk mengaplikasikan lidah buaya ini untuk mendapatkan kulit bersih dan bersinar.

7.Mengurangi plak gigi 

Obat kumur memang menjadi alternatif untuk membasmi kuman di mulut, namun kandungan alkohol yang tinggi bisa menyebabkan mulut kering dan sensitif. Sebagai alternatif alami, cobalah menggantinya dengan lidah buaya. Dilansir dari Journal of Health, manfaat lidah buaya untuk gigi ternyata efektif untuk mengurangi plak sebagai bahan obat kumur generik. Ramuan ini memiliki fungsi sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan lainnya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Kita bisa mengonsumsi lidah buaya, baik dalam bentuk minuman atau suplemen. Lidah buaya diketahui membantu penyerapan vitamin dan mineral esensial sehingga daya tahan tubuh meningkat.
Top