Manfaat Gula Merah Bagi Kesehatan, Mulai Cegah Anemia Hingga Asma

Komentar

Image Source: necturajuice.com

Manfaaat Gula Merah. Gula merah dikalangan masyarakat Indonesia mungkin tidak asing lagi, karena sering digunakan sebagai pemanis alami. Gula merah dikenal sebagai gula alami karena pengolahannya yang masih dibuat secara tradisional (khususnya di Indonesia) tanpa campuran bahan kimia di dalamnya.

Dibalik rasanya yang manis, tahukah Anda apa manfaat gula merah untuk kesehatan?

Manfaat gula merah untuk kesehatan

1. Menghambat penuaan dini

Apa manfaat gula merah bagi wajah? Manfaat pertama dari gula merah ini adalah untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Dalam gula merah ini terdapat kandungan nutrisi yang dapat melancarkan peredaran darah, menambah darah, menghangatkan lambung, meredakan nyeri dan memperkuat limpa. Sebuah penelitian yang dilakukan di jepang menemukan bahwa gula merah ini mengandung molasses yang berfungsi untuk menjadi antioksidan alami bagi tubuh, yang mampu menangkal segala radikal bebas yang menghambat penuaan dini pada kulit sehingga terlihat lebih awet muda dan tampak cerah serta bersinar.

2. Mencegah anemia

Gula merah memiliki kandungan yang kaya zat besi dan folat. Kedua kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya anemia. Manfaat gula merah lanjutannya adalah mempertahankan kadar normal sel darah merah. Sering kali, gula merah dijadikan obat alami untuk mencegah anemia.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di dalam gula merah juga mengandung kandungan nutrisi yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. ketika peredaran darah lancar maka fungsi dan kinerja organ tubuh pun akan menjadi lebih maksimal lagi. Hal ini juga setali tiga uang dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh maka tubuh akan dapat melawan berbagai virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit lebih kuat jadi anda tidak mudah sakit lagi.

4. Menstabilkan kolesterol dalam darah

Apa manfaat gula merah? Gula merah tidak mengandung kolesterol sehingga aman dikonsumsi. Selain itu kandungan lainnya dalam gula merah seperti niacin yang berfungsi sebagai pengontrol kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya mengandung kolesterol nol namun juga bisa mengurangi jumlah kolesterol berlebihan dalam tubuh. Selain itu fungsi lainnya dari niacin adalah mampu menghaluskan dan menjaga kesehatan kulit.

5. Melawan radikal bebas

Manfaat gula merah lainnya adalah kemampuannya melawan efek radikal bebas. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama selenium yang membantu mencegah berbagai efek radikal bebas. Selain itu, antioksidan yang dimiliki gula merah dapat mengurangi sejumlah tanda penuaan. Campuran gula merah dengan teh hangat dipercaya akan mengobati migrain dan sakit kepala.

6. Melancarkan haid

Manfaat gula merah untuk ibu hamil adalah melancarkan siklus menstruasi. Bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur tidak adalah salahnya untuk mendapatkan manfaat gula jawa. Gula merah dipercaya memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga membuat siklus haid normal. Bahkan, gula merah juga dipercaya mampu meredakan kram saat menstruasi datang.

7. Mencegah asma

Gejala penyakit asma biasanya akan timbul saat udara menjadi dingin dan tubuh tidak bisa mengimbanginya. Gula merah mampu menghangatkan badan sehingga bisa membantu menstabilkan suhu tubuh dan menghindarkan kambuhnya gejala asma. Selain itu penderita asma memang dianjurkan untuk tidak mengonsumsi gula pasir dan menggantinya dengan gula merah saja.

8. Menurunkan berat badan

Dengan kadar potasium yang tinggi, manfaat gula jawa yang bisa didapatkan adalah meningkatkan proses metabolisme, membantu mengeluarkan racun dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi gula merah dengan jumlah terkontrol hal itu dipercaya dapat menurunkan berat badan Anda.

9. Menjadi sumber energi

Gula merah adalah adalah makanan karbohidrat kompleks yang akan memberikan energi ke tubuh untuk waktu yang lebih lama, namun hal itu tidak akan membuat kadar gula darah naik. Meski gula merah sedikit lebih bermanfaat daripada gula biasa, hal penting yang harus diperhatikan adalah Anda harus mengonsumsinya dalam batas wajar.

10. Mengatasi sakit maag

Apa manfaat gula merah dan jahe? Sakit maag dapat disebabkan karena beberapa faktor, namun bagi Anda yang memiliki sakit maag jangan khawatir karena Anda dapat mengatasi sakit maag menggunakan jahe dan gula merah ini. Kandungan yang terdapat di dalam jahe dan gula merah sangat efektif untuk membantu dalam mengatasi sakit maag.

Itulah beberapa apa manfaat gula merah untuk kesehatan? Semoga dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat.
Top