Inilah Beberapa Manfaat Daun Seledri Bagi Tubuh Manusia

Komentar
Image Source : pexels.com/green-celery-carrots-and-pepper-flakes-garlic-34494

Daun seledri bukanlah asing bagi semua kalangan. Daun ini sering digunakan sebagai bahan makanan dan juga sering dikonsumsi.


Apa saja manfaat dari daun seledri? Apa manfaat daun seledri untuk kesehatan? Mari kita bahas manfaat-manfaat daun seledri bagi kesehatan dan kecantikan!.


Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Kolestrol

Tahukah Anda ternyata daun seledri dapat membantu mengobati penyakit kolestrol? Seledri bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh Anda. Caranya, Anda cukup mengonsumsi beberapa daun seledri setiap hari secara rutin, kadar kolestrol Anda pun akan berangsur-angsur turun. Ekstrak daun seledri dapat menurunkan kolesterol, trigliserida, dan lipoprotein densitas rendah (low-density lipoprotein) pada penelitian yang dilakukan. Oleh karena itu, daun seledri sangat baik bagi Anda yang mengidap penyakit kolestrol.

2. Hipertensi

Selain dapat menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh, daun seledri juga sangat bermanfaat bagi Anda yang mempunyai penyakit hipertensi atau darah tinggi. Karena daun seledri mengandung phtalides yang telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah sampai 14%. Senyawa ini merupakan asal dari aroma unik yang dimiliki daun seledri. Oleh karena itu, mulailah mengonsumsi daun seledri setiap hari untuk menjaga tekanan darah Anda.

3. Radang Otak

Daun seledri terbukti dapat menurunkan resiko terjadinya peradangan otak. Seiring bertambahnya usia, maka resio terjadinya radang otak cenderung meningkat. Oleh karena itu, Anda bisa rutin mengonsumsi daun seledri untuk mengatasi hal ini. Karena didalam daun seledri terkandung luteolin yang mampu menurunkan resiko radang otak.

4. Demam

Selain dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dan berat badan, daun seledri juga dapat mengobati demam. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menumbuk daun seledri sampai halus, Peras tumbukkan daun seledri  kemudian oleskan atau taruhlah air hasil tumbukkan tersebut ke kepala. Air tersebut mempunyai kemampuan untuk mendinginkan demam, sehingga jika sedang terkena demam Anda dapat memakainya untuk menurunkan suhu tubuh Anda.

5.Insomnia

Insomnia sering dianggap sebagai masalah sepele, Jika terjadi secara terus menerus maka insomnia dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Anda akan merasa kurang fit dan segar karena tidak dapat tidur dengan tenang, konsentrasi pun menjadi terganggu. Di dalam daun seledri terkandung alkali yang dapat menurunkan level stress dan menenangkan sistem saraf Anda, sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

6. Kulit Wajah

Apa manfaat daun seledri untuk kecantikan? Daun seledri ternyata sangat bermanfaat bagi kulit wajah Anda. Hal ini sudah terbukti karena beberapa produk kecantikan menggunakan seledri sebagai salah satu bahannya. Caranya dengan minum jus seledri secara rutin, Anda dapat merasakan manfaat daun ini terhadap kulit Anda. Namun, Anda harus tetap merawat kulit Anda, seperti cuci muka setiap hari agar kulit tetap bersih dan terawat.

7. Rambut

Apa manfaat daun seledri untuk rambut? Selain dapat membantu kulit wajah, daun seledri juga berkhasiat menyuburkan rambut. Selain itu, daun seledri juga terkenal dapat menghitamkan serta mengurangi terjadinya kerontokan rambut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mulai mengonsumsi daun seledri ini setiap hari untuk mencegah kerontokan rambut dan terlihat lebih hitam dan sehat.

8. Ginjal

Apa manfaat daun seledri untuk ginjal? Tahukah Anda bahwa daun seledri juga sangat bermanfaat bagi ginjal. Karena daun seledri memiliki kandungan sodium dan kalium yang bersifat deuretik. Kalium dan sodium ini dapat mengatur keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh serta membuat produksi urine lebih terangsang, sehingga dapat mencegah terjadinya batu empedu dan ginjal.

9. Stress

Semua orang pasti pernah merasa stress karena padatnya aktivitas. Ketika Anda merasa stress, maka akan sulit bagi Anda untuk berkonsentrasi. Karena di dalam daun seledri terkandung magnesium. Magnesium ini berfungsi menghilangkan stress, oleh karena itu jika Anda sedang merasa stress, cobalah untuk mengkonsumsi daun seledri ini.

10. Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang karena dapat berujung pada kematian. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menjelaskan bahwa seledri terbukti dapat bermanfaat melawan kanker yang terjadi pada ovarium. Ini karena seledri mengandung senyawa yang bersifat anti kanker, seperti misalnya senyawa paliasetilen dan phthalides. Selain kedua senyawa ini, ada banyak senyawa lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.
Top