Ketika Supermoon Berlangsung, Umat Islam Diimbau Baca Doa Ini

Komentar

Gambar ilustrasi supermoon (kolase okezone/grid.id)

Ingat, malam ini akan ada fenomena Supermoon di langit Indonesia...

Jauhi pantai karena diperkirakan air laut akan pasang dan membentuk gelombang tinggi hingga 6 meter.

Selain itu, umat muslim dihimbau baca doa ini agar tak terjadi bencana...

Malam ini, Senin (21/1/2019) fenomena Supermoon atau Bulan Purnama akan kembali terlihat dari bumi.

Meski masyarakat Indonesia beruntung  dapat menyaksikan fenomena supermoon yang muncul bersamaan dengan gerhana bulan ini, namun juga menimbulkan kehawatiran bencana.

Sebelumnya, BMKG juga telah memberikan peringatan akan adanya gelombang tinggi di beberapa wilayah di Indonesia.


Ilustrasi gelombang pasang (grid.id)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar menjauhi pantai pada tanggal tersebut. Berarti malam minggu ini hingga senin.

Himbauan tersebut diungkapkan BMKG melalui akun Instagram resminya @infobmkg pada Jumat (18/1/2019).

"Adanya fenomena supermoon disertai dengan bulan purnama dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia," tulis BMKG.

Untuk wilayah-wilayah yang diperkirakan terdampak parah bisa dibaca di artikel kami yang berjudul "Waspada Fenomena Supermoon 19 Hingga 22 Januari 2019, Jauhi Pantai"

Bacalah doa tolak bala ketika supermoon terjadi


Gambar ilustrasi supermoon (okezone.com)

Dilansir dari okezone.com, Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin menjelaskan, bahwa pada dasarnya tidak ada dalil yang mengharuskan umat Muslim melakukan ibadah khusus terkait fenomena Supermoon.

Namun, Supermoon itu adalah fenomena alam yang  kemudian berakibat pada terjadinya gelombang pasang pada air laut.

Karena hal tersebut, Ustadz Fauzan menghimbau kepada semua Umat Islam untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT.

Doa yang dianjurkan adalah doa tolak bala yang berbunyi;

اللهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الغَلا وَالوَبَاء وَالرِّبا وَالزِّنا وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ، وَسُوءَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَما بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلادِ المُسْلِمِينَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أِرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya:

"Ya Allah! Angkat dari kami penyimpangan, malapetaka, zina, riba, gempa bumi, bencana, dan segala cobaan yang buruk, baik yang nyata maupun yang tersembunyi, dari negeri kami ini khususnya, dan dari semua negeri kaum muslimin, dengan Rahmat-Mu, Duhai Yang Maha Penyayang."

Versi lainnya sebagai berikut;

اللهم ادفع عنا الغلاء والوباء والفخشاء والمنكر والسيوف المختلفة والشدائد والمحن ما ظهر منها وما بطن من بلدنا خاصة ومن بلدان المسلمين عامة انك على كل شيئ قدير

Artinya :

Ya Allah Tuhan kami, hindarkanlah kami dari malapetaka, bala’ dan bencana, kekejian dan kemungkaran, sengketa yang berankea, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan tersembunyi dalam negara kami khususnya, dan dalam negara kaum muslimin umumnya. Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu."

Ustadz Fauzan juga menghimbau agar masyarakat tetap hati-hati, terutama mereka yang ada di sekitar pantai dan diusahakan untuk tetap tenang.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Wallahu a'lam.

Baca Juga:
Top