Dimarahi Karena Wudhu! Jawaban Mahasiswa Ini Bikin Dosen Asal Amerika Bungkam

Komentar

Gambar ilustrasi dilansir dari generasiquran.or.id

Masya Allah...

Wudhu tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan diri dari hadats kecil. Wudhu juga memiliki fungsi atau manfaat lainnya bahkan untuk kesehatan. Namun demikian, masih ada saja orang yang meragukan dan megolok-olok wudhu.

Jika Anda menemukan hal yang sama, tampar saja pakai cara ini...

Singkat cerita, seorang mahasiswa muslim asal Sudan belajar di Unversitas Amerika di Bairut. Dia mahasiswa yang sangat taat menjalankan ibadah.


Universitas Amerika Beirut (AUB) adalah institusi pendidikan tinggi yang didirikan untuk memberikan keunggulan dalam pendidikan, untuk berpartisipasi dalam kemajuan pengetahuan melalui penelitian, dan untuk melayani masyarakat Timur Tengah dan sekitarnya. (masterstudies.co.id)

Dilansir dari Islam.co, pada suatu hari seorang dosen kulit putih melihat mahasiswa ini berwudhu untuk mengerjakan sholat.

Maka dosen itu membentak sang mahasiswa dengan muka kemerahan penuh marah.

Hai tolol! Kenapa kamu mencucui telapak kakimu di tempat kami mencuci muka?

Berapa kali tuan mencuci muka dalam satu hari? tanya mahasiswa muslim.

Sehari satu kali waktu pagi” Jawab dosen Amerika.

Maka mahasiswa muslim berkata: “Kalau aku mencuci telapak kakiku paling tidak sehari lima kali. Kini tuan boleh memastikan, mana yang lebih bersih, kakiku atau muka tuan?”.

Wudhu dan hasiatnya dunia akhirat


Gambar ilustrasi dilansir dari hippwee.com

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Nujaih Amr bin Abasah al-Sulami, Rasulullah bersabda bahwa wudhu dapat menggugurkan atau menghapuskan dosa-dosa seseorang. Saat seseorang berwudhu, maka dosa-dosanya akan berguguran melalui anggota tubuh yang dibasuhnya.

Tidak hanya itu, ternyata wudhu juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Di dalam bukunya Prayers, A Sport for The Body and Soul, Mokhtar Salem menjelaskan kalau berwudhu yang baik dan benar dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

Alasannya, orang yang berwudhu secara otomatis pasti juga membersihkan anggota tubuh dan kulitnya. Ia selalu menjaga kebersihan hidungya (dengan istinsyaq), tangannya, wajahnya, hingga kedua kakinya.

Lebih dari itu, Salem menyebutkan kalau berwudhu yang baik dan benar juga bisa mencegah kanker kulit. Setiap hari orang pasti bersentuhan dengan banyak elemen, termasuk bahan-bahan kimia. Dengan berwudhu, maka bahan kimia yang menempel dikulit tersebut akan larut dan hilang.

Baca Juga:

Sarjana-sarjana luar negeri juga banyak yang meneliti tentang manfaat wudhu.

Salah satunya adalah psikiater dan neurolog berkebangsaan Austria, Leopold Werner von Ehrenfels. Berdasarkan hasil penelitiannya, Von Ehrenfels mengatakan bahwa berwudhu menjadikan tubuh selalu sehat. Air wudhu merangsang saraf-saraf tubuh manusia. Hasilnya, tubuh orang yang sering berwudhu selalu sehat.

Sama seperti Salem, Von Ehrenfels juga mengemukakan kalau berwudhu dapat mencegah penyakit kulit. Salah satu penyebab penyakit kulit adalah kurangnya menjaga kebersihan kulit. Dengan wudhu lima kali sehari –bahkan lebih, maka orang yang berwudhu tersebut secara tidak langsung juga menjaga kebersihan kulitnya.

Jadi sungguh heran ketika masih banyak orang yang meragukan wudhu, apalagi sebagai seorang muslim.
Top