Dikira Tumor Tengorokan, Wanita Ini Kaget Saat Tahu Lintah yang Menempel di Tenggorokannya

Komentar

Sumber gambar pengobatanlintah.com

Tidak akan pernah terbayang bagaimana bisa lintah bsa masuk ke dalam mulur dan tidak terasa.

Lebih menyeramkan lagi ketika sudah ditangani tim dokter, hasilnya bukan tumor yang ditemukan namun hewan yang menggeliat menjijikan.

Apa yang dialami seorang wanita berusia 63 tahun asal Vietnam ini mungkin tidak pernah terbayangkan oleh kamu.

Mendertita penyakit tumor yang ada di tenggorokan dan harus segera di operasi, bukan karena pola makan dan pola hidup yang buruk sehingga Tumor bisa bersarang di tenggorokannya.

Tim dokter yang menangani penyakit yang diderita ini sempat mengaku kaget lantaran setelah di periksa malah bukan tumor yang ia temukan.

Deokter malah mengangkat lintah dari tenggorokan wanita itu yang dilaporkan sudah menempel di sana selama tiga bulan.

Dilansir dari laman Oddity Central, sebelum operasi, wanita tanpa nama dari wilayah pegunungan Vietnam, provinsi Ha Giang, mengeluhkan sakit kepala hebat, hidung sering mampet, dan sensasi lendir yang mengalir ke tenggorokannya selama beberapa minggu.

Baca juga:

  1. Manjurnya Rendaman Air Garam Untuk Keluarkan Racun Hingga Asam Urat
  2. Di Tahun Ini Bulan Ramadhan Akan Terjadi 2 Kali Dalam Setahun

Ia akhirnya memutuskan untuk memeriksakan kondisinya ke rumah sakit setempat dan dokter spesialis teling, hidung dan tenggorokan (THT) melakukan serangkaian tes dan menemukan ada massa tak teridentifikasi di tenggorokannya.


Sumber gambar viva.co.id

Wanita itu kemudian dijadwalkan melakukan operasi laparoskopi untuk mengangkat massa yang diyakini sebagai tumor. Tapi, selama proses operasi, para dokter dibuat terkejut dengan apa yang mereka temukan, yaitu lintah hidup yang menempel di tenggorokan wanita itu.

Dalam sebuah video yang diambil oleh Dr. Nguyen Thanh Nam, Wakil Direktur di rumah sakit di Ha Giang, dan dibagikannya dengan izin pasien, Anda bisa melihat lintah berukuran 15 cetimeter (cm) menggeliat di nampan medis setelah diangkat dari tenggorokan wanita itu.

Belum diketahui bagaimana lintah itu bisa sampai di tenggorokan, tapi dokter menduga wanita yang tak disebutkan namanya itu secara tidak sengaja menelannya saat mandi atau minum di mata air.

Menilai dari durasi gejala yang digambarkan pasien, Thanh Nam memperkirakan bahwa parasit penghisap darah itu sudah hidup di tenggorokan wanita itu selama sedikitnya tiga bulan.

Dokter mengatakan, kasus seperti ini sangat langka dan sulit untuk didiagnosis secara tepat.

Jika tidak diambil, lintah itu bisa bergerak ke jaringan sinus dan menyebabkan sakit kepala mengerikan serta nyeri di wajah, atau bisa saja lintah pindah ke laring atau pangkal tenggorokan dan menyebabkan masalah pernapasan yang bisa membahayakan nyawa.

Ini bukanlah kali pertama lintah masuk ke tubuh manusia.

Tahun lalu, ada kasus medis serupa di China, di mana dokter mengambil lintah yang hidup di dalam lubang hidung seorang pria selama tiga bulan.
Top