Coba Cek! Ini 4 Tanda yang Sering Muncul Pada Anak yang Berpotensi Jenius

Komentar

Gambar dari popmama.com

Bunda harus tahu ini!

Tanda anak jenius itu bisa dilihat sejak kecil, sehingga bunda bisa mengarahkan langsung ke potensi yang dimiliki anak bunda.

Ada cara untuk melihat tanda-tanda kejeniusan anak bunda, meski kerap muncul namun jarang orang tua yang mengetahuinya.

Kecerdasan atau intelektualitas pada anak, termasuk salah satu yang diturunkan secara genetik. Meski demikian, lingkungan juga sangat berpengaruh. Ada juga yang memang 'pemberian istimewa' dari yang Maha Kuasa.

Dari mana pun sumbernya, tentunya sebagai orangtua kita berharap agar kepintaran yang dimiliki anak bermanfaat secara positif untuk dirinya dan orang-orang di sekelilingnya.

Lalu bagaimana kita tahu apakah seorang anak termasuk jenius atau tidak? Rupanya hal ini terlihat sejak bayi.

Baca Juga :

Berikut tanda-tanda seorang bayi bisa tumbuh jadi anak yang jenius.

1. Keterampilan komunikasi dan bahasa 

Bayi kerap menyuarakan berbagai jenis suara, mulai dari bababa, caca, tertawa hingga tangisan. Bayi yang jenius biasa di usia 4-5 bulan sudah mulai bersuara, mengucapkan kata-kata pertama mereka sekitar 12 bulan. Bayi yang dengan mudah mengerti saat diberi instruksi juga menandakan kepintaran.

2. Merasakan emosi yang sangat kuat

Bayi yang berbakat dengan kecerdasan, juga memiliki aspek emosional yang kuat. Ini berarti mereka akan mengekspresikan emosi positif dan negatif dengan sangat jelas. Hal ini memicunya memiliki pemikiran yang rumit dan matang.

3. Sangat fokus

Bayi memiliki rentang perhatian yang pendek dan mudah terganggu oleh suara atau gerakan baru yang terjadi di sekitar mereka. Mereka mungkin fokus pada tugas tertentu selama sekitar 10 hingga 15 menit pada saat mereka melakukan sesuatu.

Seperti yang dilansir oleh dream.id, Seorang anak berbakat, mampu fokus untuk jangka waktu yang lebih lama sejak usia dini, mungkin sebelum ia mencapai tanda enam bulan. Bila mereka sudah bisa mencocokkan bentuk dan warna sebelum berusia 10 atau 11 bulan, itu tandanya mereka genius!

4. Mengingat dengan baik

Seorang anak mungkin memiliki ingatan yang tajam dari tahun-tahun awal jika ia benar-benar anak yang sangat cerdas. Mereka cenderung mengingat tempat-tempat yang dikunjungi sebelumnya, nama-nama orang dan bahkan lokasi tertentu.otaknya.

Nah, setelah mengetahui beberapa tanda diatas, mungkin bunda bisa mendapatkan gambaran pada anak bunda, berpotensi jenius atau tidak ?

Semoga bermanfaat.
Top