Ciri-ciri Jantung Lemah dan Penyebabnya

Komentar

Image Source: alodokter.com

Pada sebagian orang, lemah jantung diturunkan atau diwariskan dari orang tuanya. Biasanya, kondisi ini akan lebih dulu mempengaruhi bilik (ventrikel) jantung. 

Kemudian berkembang dan merusak sel otot, serta jaringan yang mengelilingi jantung. Berikut ini penjelasan penyebab dan ciri ciri jantung lemah.


Definisi lemah jantung

Lemah jantung adalah istilah untuk berbagai masalah pada jantung, terutama kardiomiopati. Kardiomiopati adalah penyakit otot jantung yang melemah, merenggang, atau memiliki masalah pada strukturnya. Kondisi ini sering terjadi ketika jantung tidak dapat memompa atau berfungsi dengan baik. Kardiomiopati dapat berkembang menjadi gagal jantung, jenis kardiomiopati ada 4 dan 1 jenis yang tidak terklasifikasi yaitu dilated cardiomyopathy, hypertrophic cardiomyopathy, arrhythmogenic right ventricular dysplasia (ARVD) dan restrictive cardiomyopathy.

Tanda-tanda dan gejala lemah jantung

Apa ciri ciri jantung lemah? Apabila kardiomiopati memburuk, jantung Anda akan melemah. Lemah jantung cenderung memiliki tanda-tanda dan gejala dari gagal jantung, seperti:
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas, terutama dengan aktivitas fisik yang berat.
  • Kelelahan.
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki, telapak kaki, kaki, perut dan urat pada leher.
  • Gejala lainnya dapat meliputi pusing-pusing, pingsan saat beraktivitas, aritmia (detak jantung tak teratur), nyeri dada terutama setelah beraktivitas berat atau makan banyak, suara-suara yang menyertai detak jantung.
  • Bila Anda memiliki kekhawatiran konsultasikanlah dengan dokter.

Penyebab lemah jantung

Apa saja penyebab dan ciri ciri jantung lemah? Selain, faktor keturunan keluarga sebagai penyebab utama dari pelemahan jantung. Tergantung juga pada jenis kardiomiopati, penyebab dapat memiliki deteksi yang berbeda-beda. Berikut jenis-jenisnya.
  • Dilated cardiomyopathy adalah kondisi di mana jantung melemah dan menipis dan menyebabkan pembesaran rongga jantung. Akibatnya, jantung tidak dapat memompa cukup darah ke seluruh tubuh.
  • Hypertrophic cardiomyopathy adalah kondisi di mana otot jantung menebal dan melemah. Hal ini membuat darah sulit dipompa keluar jantung. Jenis kardiomiopati ini sering kali diturunkan pada keluarga.
  • Restrictive cardiomyopathy adalah gabungan kelainan. Rongga jantung tidak dapat terisi dengan darah karena ventrikel kaku dan tidak dapat rileks. Penyebab utama dari jenis ini adalah amyloidosis dan luka pada jantung yang jarang diketahui.
  • Arrhythmogenic right ventricular dysplasia adalah jenis kardiomiopati yang langka. Pada jenis ini, otot pada bagian kanan bawah rongga jantung terganti dengan jaringan ikat. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada ritme jantung dan sering kali disebabkan oleh mutasi gen.

Semoga dengan mengetahui informasi ini, Anda lebih care kepada jantung Anda. Jantung sehat aktivitas-pun lancar.
Top