Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Cepat dan Alami

Komentar
Image Source: hotabilardus.com


Siapa yang tahan sakit gigi? Pasti banyak yang tidak bisa menahan sakit gigi ini. Sakit gigi membuat kita merasa tidak nyaman, karena gigi terasa sakit sampai cenut-cenut. Sakit gigi sering disebabkan oleh gigi berlubang.

Bagaimana cara menyembuhkan sakit gigi dengan cepat? Yuk mari bahas bersama-sama.


Cara Menyembuhkan Sakit Gigi

1. Berkumur menggunakan garam

Bagaimana cara menyembuhkan sakit gigi dengan mudah? Salah satu cara mengobati sakit gigi berlubang dengan mudah yang ampuh adalah menggunakan garam. Sodium yang tinggi pada garam dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.Garam menjadi antiseptic yang alami untuk kesehatan mulut.
Caranya:
  • Pertama masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat.
  • Aduk garam tersebut hingga larut. 
  • Gunakan sebagai obat kumur setiap kali selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

2. Menggunakan jeruk lemon

Cara menyembuhkan sakit gigi secara alami selanjutnya yaitu menggunakan jeruk lemon. Asam dalam jeruk lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, jeruk lemon merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.
Cara menyembuhkan sakit gigi dengan lemon:
  • Peras 1 buah lemon. 
  • Masukkan dalam segelas air hangat. 
  • Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

3. Menggunakan daun jambu biji

Cara menyembuhkan sakit gigi alami dan cepat selanjutnya adalah dengan daun jambu biji. Ternyata, daun jambu biji juga berguna sebagai anti-bakteri untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu, daun jambu efektif sebagai cara mengobati sakit gigi karena mempunyai anti-bakteri, anti-inflamasi, dan analgesi yang kuat.

Yang perlu kamu lakukan hanya mengunyah jambu biji atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

4. Menggunakan bawang putih

Bawang putih berguna sebagai antiseptic alami. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih adalah menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan 1 sendok teh garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

5. Menggunakan daun sirih

Daun sirih bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan sakit gigi berlubang secara alami.
Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami. Kamu bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur.

6. Menggunakan belimbing wuluh

Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut. Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

7. Menggunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh adalah obat tradisional yang sudah lama digunakan sebagai obat sakit gigi paling ampuh lainnya. Minyak ini bisa membantu “mematikan saraf” karena senyawa kimia utama yang terkandung dalam rempah ini adalah eugenol, yang berperan sebagai anestesi alami.

Tapi, hati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang. Karena jika sembarangan rasa sakit akan semakin parah jika minyak tersebut menetes ke lidah atau gusi Anda yang sensitif.
Caranya:
  • Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas.
  • Tempelkan di gigi yang bermasalah sampai rasa sakit mereda.
  • Anda juga bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh sebagai alternatif  obat sakit gigi.

8. Mengkonsumsi antibiotik

Obat paling praktis dan efisien untuk menghilangkan sakit gigi adalah antibiotik. Antibiotik dapat membunuh kuman dan bakteri di gigi, serta ampuh untuk menghilangkan pembekakan di sekitar pipi. Tapi ingat, antibiotik yang dibeli harus sesuai dengan dosis yang diberikan dokter. Perhatikan juga tanggal expired antibiotik tersebut agar tidak membahayakan gigi dan diri sendiri.
Top