Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah Tanpa Efek Samping

Komentar
Image Source: unsplash.com/@entersge

Kurang tidur merupakan penyebab dari berbagai menurunnya fungsi tubuh, mulai dari konsentrasi yang rendah hingga daya tahan tubuh melemah.

Bagaimana cara mengatasi insomnia? Bagaimana cara untuk menghilangkan insomnia?

Mari kita bahas satu-persatu.


Tips-Tips Mengatasi Insomnia(Susah Tidur)

1. Hindari stress

Istirahatkan tubuh setelah beraktivitas yang panjang. Luangkan waktu untuk menetralisir stress yang didapatkan dari aktivitas di siang hari, khususnya ketika menjelang tidur. Hilangkan stres dengan melihat ke pemandangan alam yang hijau,atau melakukan teknik teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga. Dengan begitu, stress yang Anda alami akan berkurang dan membuat tubuh Anda lebih rileks.

2.Redupkan cahaya atau matikan lampu saat tidur

Apa cara menghilangkan insomnia? Ketika akan tidur cahaya yang terlalu terang di dalam kamar sering menjadi penyebab sulitnya tidur. Apabila Anda mengalami insomnia, redupkan lampu kamar atau matikan ketika menjelang tidur. Mematikan lampu saat menjelang tidur juga mampu memicu pengeluaran hormon dalam tubuh untuk relaksasi, sehingga mempercepat rasa kantuk dan tertidur. Selain untuk mengatasi insomnia, mematikan lampu juga bermanfaat banyak untuk kesehatan tubuh.

3.Mandi air hangat

Mandi air hangat akan membantu Anda untuk merilekskan tubuh sebelum tidur. Air hangat dapat membantu merilekskan otot-otot tubuh setelah seharian bekerja atau beraktivitas. Mandi air akan membantu meringankan rasa capek dan pegal pegal setelah beraktivitas. Ketika tubuh terasa lebih ringan dan rileks, maka tidur pun akan lebih nyaman dan cepat.

4.Olahraga teratur

Olahraga dapat membantu tubuh tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Jika metabolisme tubuh berjalan lancar, maka kesulitan tidur atau insomnia tidak akan terjadi. Aktivitas yang berat di pagi dan siang hari membuat tubuh membutuhkan istirahat yang cukup saat malam hari. Melakukan olahraga juga sangat efektif mempercepat tidur disaat tubuh sudah kelelahan.

5. Jangan menggunakan ponsel menjelang tidur

Jangan mencoba memainkan ponsel dan gadget lainnya ketika menjelang jam tidur datang. Meski sulit kebiasaan ini perlu diterapkan karena ini merupakan cara mengatasi insomnia secara alami. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan ponsel bersifat merangsang otak dan akan membuat anda susah terlelap.

6. Minum susu

Bagaimana cara mengatasi insomnia secara alami? Susu mengandung triptofan yang dapat membantu menenangkan tubuh dan membuat tubuh lebih rileks, sehingga tidur menjadi lebih mudah. Cobalah untuk mengonsumsi susu hangat setiap hari sebelum tidur. Cara mengatasi insomnia dengan bahan alami ini dipercaya mampu membantu Anda agar lebih cepat terlelap.

7. Konsumsi kiwi 

Mengkonsumsi makanan yang kaya melatonin memungkinkan tubuh untuk tidur lebih nyenyak. Obat herbal cara mengatasi insomnia adalah dengan mengonsumsi buah yang kaya melatonin seperti kiwi. Riset mengatakan bahwa mereka yang makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu menunjukkan peningkatan efisiensi, kualitas dan kuantitas tidur.
Top