Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami, Terbukti Efektif Meski Tanpa Obat

Komentar
cara menambah nafsu makan
Cara Efektif Menambah Nafsu Makan Secara Alami (Foto: dream.co.id)

Pernahkah Anda atau anak-anak merasa tidak nafsu makan? Atau justru sering?

Waspada jangan dibiarkan, karena bisa bertambah semakin parah dan bahkan bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Kehilangan nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya cemas, depresi, awal kehamilan, atau efek samping penggunaan obat tertentu. Kehilangan nafsu makan bisa berdampak serius bagi kesehatan, terutama jika Anda atau anak mengalami kekurangan berat badan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menambah nafsu makan dengan mulai memilih asupan makanan alami dan mengatur pola makan sehari-hari.

Jika terus-menerus kehilangan nafsu makan, hingga berat badan selalu kurang dari ideal dan tak kunjung naik, kepercayaan diri dapat menurun. Selain itu, tak peduli apapun alasannya, jika Anda kekurangan berat badan serta meninggalkan nafsu makan pada akhirnya akan berimbas pada gangguan kesehatan.

Memang, ketika sedang tidak nafsu makan, makanan favorit Anda yang biasanya tampak menggiurkan pun tak akan berhasil menggugah selera.

Namun, hati-hati karena jika tidak ditangani dengan cepat, tidak nafsu makan bisa menyebabkan berbagai komplikasi seperti kurang nutrisi, lemas, gangguan asam lambung, dan gangguan sistem metabolisme, apalagi pada anak-anak atau ibu hamil.

Meningkatkan nafsu makan bisa menjadi masalah yang rumit, apalagi jika sudah membiarkannya terlalu lama. Tapi jangan khawatir, banyak hal yang bisa Anda coba untuk melatih tubuh agar bisa makan lebih banyak dan mulai menikmati makanan lagi.

Nah, berikut telah kami rangkum beberapa saran yang bagus untuk mendapatkan nafsu makan yang sehat secara alami. Baik cara menambah nafsu makan anak ataupun cara menambah nafsu makan diawal kehamilan.

Bagaimana Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami?


Sumber (Cara medika)

Anda bisa saja memaksa diri sendiri atau anak untuk makan, tapi ini hal tersebut justru hanya akan menambah stres. Jadi, simak terus artikel ini untuk cari tahu cara-cara mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan nafsu makan secara alami.

1. Jangan pernah tinggalkan sarapan

Sarapan dengan menu yang sehat bisa membantu meningkatkan nafsu makan dan berat badan. Sarapan bisa memicu efek termogenesis di dalam tubuh, sehingga Anda bisa membakar lebih banyak kalori dalam sehari. Semakin banyak kalori yang terbakar, semakin besar pula nafsu makan Anda.

Hal ini juga berlaku bagi Anak-anak yang sulit makan ataupun ibu yang hamil muda.

2. Siapkan makanan kesukaan

Meski tak nafsu, makan akan lebih mudah timbul jika ada makanan yang di sukai. Untuk itu, selalu siapkan makanan kesukaan, sehingga tidak ada alasan untuk menunda atau melewatkan waktu makan.

3. Makan porsi kecil dengan lebih sering

Makan tiga kali sehari dengan porsi besar, seringkali membuat nafsu makan malah berkurang. Pada kondisi ini, Anda merasa perut menjadi cepat penuh dan nafsu makan menurun.

Untuk menambah nafsu makan baik anda ataupun anak-anak, cobalah untuk lebih sering makan, misalnya 4-6 kali sehari, tetapi dalam porsi yang sedikit.

4. Memilih camilan yang sehat

Camilan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan nafsu makan. Pilih camilan sehat yang mengandung karbohidrat dan lemak yang sehat, seperti pisang, avokad, dan kacang-kacangan.

Tempatkan camilan sehat ini di dalam mangkuk kecil yang mudah dijangkau agar Anda ataupun anak-anak terdorong untuk makan camilan.

Baca Juga: 4 Manfaat Istimewa Sari Kurma, Dari Pengendali Nafsu Makan, Sampai Jadi Antibiotik

5. Hindari terlalu banyak serat

Dalam memproses makanan yang kaya serat seperti sayuran, buah, atau gandum, tubuh membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan ketika mencerna makanan lain. Ketika mengonsumsi makanan berserat, perut akan merasa kenyang lebih lama, sehingga cenderung tidak ingin makan lagi.

Hal-hal Pendukung yang Dapat Menambah Nafsu Makan

Selain beberapa hal di atas, Anda bisa menambah nafsu makan dengan memperhatikan hal pendukung selain makanan yang dikonsumsi:

1. Ciptakan suasana yang menyenangkan

Ciptakan suasana yang menyenangkan, misalnya makan sambil mendengarkan musik, menonton acara kesukaan di TV, atau mengobrol dengan teman.

2. Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan

Minumlah segelas air putih satu jam sebelum dan sesudah makan untuk membantu pencernaan dan mencegah perut terlalu kenyang.

Hindari minum terlalu banyak air sebelum makan karena efeknya akan memberikan rasa kenyang yang palsu dan menurunkan nafsu makan. Kebutuhan cairan juga dapat dipenuhi dengan minum susu atau teh untuk merangsang nafsu makan.

3. Lakukan aktivitas olahraga ringan

Olahraga akan merangsang nafsu makan Anda ataupun anak-anak. Pada saat berolahraga, kalori yang terdapat di dalam tubuh akan terbakar. Setelah olahraga, tubuh memerlukan energi lagi, sehingga akan merasa lapar.

5 Jenis Makanan Alami Penambah Nafsu Makan


Sumber: hellosehat.com

Untuk mengatasi berkurangnya selera makan, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan nafsu makan secara alami. Anda pun tak perlu minum suplemen penambah nafsu makan tertentu, kecuali jika disarankan oleh dokter Anda.

Makanan tinggi kalori

Saat Anda atau anak tidak nafsu makan, tubuh akan jadi lemas karena kalori yang bisa dibakar sangat sedikit jumlahnya. Semakin Anda merasa lemas, selera makan pun makin lenyap.

Untuk menghentikan siklus berbahaya ini, makanan yang tinggi kalori bisa menjadi penyelamat. Siasati dengan cara memaksimalkan asupan kalori setiap kali makan, meskipun porsinya sedikit.

Misalnya: Siapkan sarapan roti dengan selai kacang daripada meises cokelat.

Selai kacang sangat tinggi kalori dan kaya protein, serat, dan mineral yang bisa membuat badan terasa lebih bugar. Makanan lain yang tinggi kalori antara lain ubi, jagung, mentega, keju, santan kelapa, dan salmon.

Rempah-rempah

Kayu manis, jahe, dan lada adalah bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk menambah selera makan.

Anda bisa menambahkannya pada masakan Anda atau menyeduh teh dengan kayu manis dan jahe. Rempah-rempah tersebut mampu merangsang sistem pencernaan. Jahe juga terbukti ampuh mengurangi sakit perut atau mual yang membuat Anda tidak nafsu makan.

Sayuran pahit

Sayuran yang pahit seperti daun singkong, daun pepaya, dan sawi pahit bisa merangsang produksi cairan empedu.

Cairan empedu baik untuk sistem pencernaan Anda serta berguna untuk merangsang nafsu makan, namun biasanya ini anak-anak tak suka.

Namun bisa Anda siasati dengan cara mengolah sayuran pahit dengan kuah berbahan dasar santan yang gurih dan tinggi kalori. Tambahkan pula rempah-rempah yang aromanya harum.

Sayuran penambah nafsu makan

Selain sayuran pahit, gairah makan juga bisa diselamatkan oleh berbagai sayuran yang memiliki khasiat alami meningkatkan nafsu makan.

Contohnya adalah tomat, timun, bawang putih mentah, dan lobak

 Sayuran tersebut juga kaya akan berbagai vitamin dan zat yang bisa membantu mengembalikan nutrisi yang hilang atau melawan infeksi.

Buah-buahan yang baik untuk pencernaan

Apabila tidak selera untuk makan banyak, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan sebagai camilan yang sehat, bikin kenyang, dan bisa meningkatkan nafsu makan.

Anggur, lemon, apel, dan beri hitam (blackberry) adalah contoh buah-buahan yang bisa merangsang produksi enzim dan cairan empedu yang bertugas untuk menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Demikian, pembahasan mengenai cara menambah nafsu makan yang sehat. Semoga bermanfaat!
Top