Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Komentar

Image Source: indonesiakaya.com

Buah matoa adalah buah asli dari Indonesia, buah matoa asalnya dari mana? Sebenarnya buah matoa dari Papua. Pohon buah matoa tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Dan pada umumnya berbuah sekali dalam setahun.

Apa manfaat buah matoa? Apa fungsi buah matoa bagi kesehatan? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan

1. Bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung untuk saat ini adalah pembunuh no.1 di Indonesia, karena pada umumnya orang yang menderita serangan jantung sangan minim kesempatanya untuk bisa selamat.

Namun buah matoa memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, yang dapat berguna untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah ini secara rajin setiap hari dapat berguna untuk meningkatkan fungsi jantung.

2. Bermanfaat untuk menangkal penyakit kronis

Manfaat buah matoa berikutnya adalah dapat menangkal penyakit kronis, seperti penyakit stroke dan diabetes. Karena buah matoa mempunyai kandungan zat tanin yang merupakan antioksidan. Antioksidan sendiri adalah penangkal utama radikal bebas dalam tubuh.

3.  Bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Buah matoa mempunyai banyak sekali kandungan vitamin, antara lain vitamin C yang dapat berguna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Buah matoa ternyata juga mempunyai kandungan vitamin E yang dapat berguna untuk membantu memelihara kesehatan kulit dan kesuburan pria.

Dalam buah ini tidak mengandung vitamin saja, tetapi juga mengandung beberapa mineral seperti kalium dan kalsium yang dapat berguna untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh.

4. Bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Buah matoa juga mengandung zat yang bersifat diuresis. Diureis adalah zat yang dapat meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Pada umumnya tekanan darah otomatis meningkat ketika cairan di dalam tubuh terlalu banyak. Jadi jika anda mengkonsumsi buah matoa kadar cairan dalam tubuh anda akan kembali normal dan tekanan darah anda akan turun.

5. Bermanfaat untuk menjadikan mata lebih sehat

Mata adalah salah satu indera penglihatan yang utama. Untuk itu mata kita harus sehat, karena banyak aktifitas yang membutuhkan penglihatan yang baik. Maka salah satu cara untuk menjadikan mata kita lebih sehat adalah dengan mengkonsumsi buah matoa.

Karena buah matoa juga mengandung vitamin A yang dapat berguna untuk menjadikan mata anda lebih sehat dan membantu menjadikan penglihatan yang baik.

Penjelasan diatas adalah beberapa manfaat buah matoa untuk kesehatan, walaupun semua manfaat buah matoa ini memang masih harus diteliti lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya untuk sekali-kali mencoba buah dengan rasa unik ini, karena punya serat dan kandungan nutrisi yang tak kalah dengan buah lainnya. Semoga bermanfaat!
Top