Belajar dari Sakit Kanker Nasofaring Ustadz Arifin Ilham, Hati-hati Mengkonsumsi Ikan Ini

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 11 Jan 2019

Belajar dari Sakit Kanker Nasofaring Ustadz Arifin Ilham, Hati-hati Mengkonsumsi Ikan Ini
Foto kolase/grid.id

Terkuak...

Kanker Nasofaring seperti yang diderita Ustadz Arifin Ilham ternyata bisa diakibatkan karena kebiasaan konsumsi ikan ini...

Hati-hati, jangan sampai Anda juga menjadi korban!!

Kamis (10/1/2019), Ustadz Arifin Ilham meninggalkan RSCM sekitar pukul 05.16 WIB. Saat dibawa keluar rumah sakit, beliau terlihat berbaring di bed hospital (ranjang khusus pasien).

"Beliau (Arifin Ilham) mau dibawa ke Penang, berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma," kata salah satu pengurus Yayasan Az-Zikra yang enggan menyebutkan namanya, saat ditemui di RSCM.

Dikutip dari detik.com, sebelumnya, Penasihat dan Dewan Syariah Az-Zikra, KH Abah Raodl Bahar Bakry menyebut kondisi Ustadz Arifin Ilham sudah membaik.

Meski demikian, beliau bakal di rujuk ke rumah sakit di Penang agar mendapat penanganan yang lebih insentif.

"Alhamdulillah sudah membaik. Besok mau dibawa ke Penang untuk intensif lagi pemeliharaan dan pengobatan beliau. Kalau melihat kondisi yang baru saja saya lihat, alhamdulillah beliau jauh lebih baik ketimbang kemarin," ujar Bakry setelah menjenguk Arifin Ilham di RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Rabu (9/1).

Belum diketahui apa penyakit yang diderita Ustad Arifin Ilham hingga menyebabkannya diopname di rumah sakit. Namun akhir Desember lalu, Ustad Arifin Ilham mengaku sempat mengidap penyakit kanker nasofaring dan getah bening.

Ustadz Arifin sempat menyatakan dirinya sudah sembuh dari kanker. Sayang, beberapa hari terakhir ini, Arifin Ilham pun harus terbaring di rumah sakit.

Kanker Nasofaring, Penyebabnya Bisa Karena Ikan Asin

Belajar dari Sakit Kanker Nasofaring Ustadz Arifin Ilham, Hati-hati Mengkonsumsi Ikan Ini
Foto ikan asin dilansir dari kabariku.com

Lo kok bisa?

Kanker nasofaring adalah kanker yang menyerang bagian rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut.

Dilansir dari Tribunnews.com, dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) RS Cipto Mangunkusumo Kencana, dr Fikry Hamdan Yasin, menyebutkan gejala yang awal yang terjadi pada pengidap kanker ini adalah hidung kerap terasa tersumbat.

Selain itu gejala awal kanker nasofaring adalah hidung mengeluarkan darah atau mimisan yang intensif alias terus berulang dan telinga terus berdengung.

(Gejala yang paling mudah terlihat) hidung tersumbat atau mimisan berulang. Telinga rasa tersumbat atau berdengung terus menerus,” tutur dr Fikry Hamdan Yasin kepada Tribunnews.com, Rabu (9/1/2019).

Baca Juga: Meski Dikatakan Sudah Membaik, Ini Alasan Ustadz Arifin Ilham Dipindah ke RS Malaysia


Mengonsumsi banyak ikan asin bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya kanker nasofaring atau karsinoma nasofaring.

Salah satu zat yang terkandung dalam ikan asin yang disebut nitrosamin dapat menjadi faktor pemicu timbulnya kanker nasofaring.

Hal ini diungkapkan oleh pakar karsinoma nasofaring Dr. dr. Farhat, M.Ked Sp. THT.KL.

Faktor makanan tadi diulas itu ikan asin. Ikan asin itu ada zat namanya Nitrosamin. Tapi bukan di ikan asin saja, pada daging yang diasapkan, itu juga tinggi nitrosaminnya. Jadi itu juga bahaya,” terangnya.

Fakta ini masih jarang diketahui, oleh karena itu Anda perlu hati-hati lagi agar tak menjadi korban!
SHARE ARTIKEL