Cara Mudah Belajar Baca Al Qur'an dengan Cepat, Bisa Lewat Aplikasi HP

Komentar
belajar baca alquran
Cara Mudah Belajar Membaca Al Qur'an dengan Cepat (foto: onino.web.id)

Tak ada kata terlambat untuk belajar membaca Al-Qur’an.

Sebagaimana yang dikatakan dalam Hadist; "Sebaik-baik orang diantara kamu adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya" HR Bukhari.

Pembahasan mengenai Cara Belajar Membaca Al-Qur’an tentunya cukup banyak dicari oleh kalangan Pembaca Muslim Online yang ada di tanah air, karena tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara Muslim yang kebanyakan Masyarakatnya beragama Islam.

Oleh karena itu tentu banyak sekali masyarakat Muslim Tanah Air yang mencari informasi di Internet tentang cara belajar Al-Qur’an untuk pemula ataupun bagaimana cara belajar membaca alquran dengan cepat? maksudnya adalah cepat bisa membaca Al-Qur'an.

Sebagian orang beranggapan kalau membaca Al-Qur’an itu sulit dipelajari dan susah untuk dipahami terlebih khusus jika kita sudah beranjak dewasa. Kondisi seperti ini dapat dimengerti karena kita ketuhi bersama bahwa bahasa alquran menggunakan bahasa arab.

Belajar membaca Al-Qur’an dan memahami kandugan Al-Qur’an, tentunya jauh lebih sulit lagi. Untuk belajar membaca Al-Qur’an perlu energi yang besar, selain fikiran perlu motivasi yang tidak kecil.

Tapi apakah demikian ? tentunya belajar membaca alquran tidaklah se seram yang kita fikirkan.

Jika kita benar-benar belum dapat membaca Al-Qur’an dengan baik yaitu sesuai dengan tajwid, tidak perlu berkecil hati, tidak perlu minder karena, membaca ayat-ayat Al-Qur’an dapat dipelajari dengan mudah dan cepat.

Allah sendiri yang menjamin dalam surat Al-Qamar (54) ayat 17

"Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran ?"

Keutamaan membaca Al-Qur’an

Keutamaan membaca Al Qur’an sekali lagi sangat banyak, dan dalam hal ini telah dijelaskan oleh Hadits-Hadits Shahih seperti telah diterangkan oleh Abdulllah bin Mas’ud Ra bahwa ia berkata, ‘ Nabi Muhammad Sallallahu alaihi wasallam bersabda;

Siapa yg membaca 1 huruf dari kitab suci Al Qur’an maka bagi-nya 1 kebaikan dg bacaan tersebut, 1 kebaikan dilipatkan menjadi 10 kali kebaikan semisalnya, dan Aku tidak mengatakan ALIF itu 1 huruf, melainkan Alif Satu Huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf ”. (HR. Tirmidzi)

Selain itu terdapat Hadits Shahih bahwa dari Sahabat Abu Umamah Al Bahili Ra berkata, saya mendengar Nabi Muhammad Sallallahu alaihi wasallam bersabda :

Bacalah oleh kalian Al Qur’an, karena Al Qur’an akan datang pd hari kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang2 yg rajin membaca-nya ”. (HR. Muslim, NO 804)

Tentunya masih ada banyak lagi Hadits-Hadist Shahih yg menerangkan keutamaan membaca Al Qur’an, oleh karena itu ada baiknya bagi Umat Muslim untuk selalu belajar dan membaca Al Qur’an di setiap harinya.

Cara Belajar Membaca Al Qur’an Bagi Pemula



Berikut akan kami paparkan cara belajar baca Al-Qur’an pemula atau belajar baca Al-Qur’an untuk dewasa tingkat dasar.

Ulasan ini pun juga bisa diterapkan sebagai cara belajar baca belajar baca alquran anak.

1. Pengenalan Dasar Huruf Hijaiyah

Pengertian huruf Hijaiyah sendiri ialah huruf yg ejaannya bahasa arab sebagai bahasa asli Al Qur’an, bisa dikatakan bahwa huruf Hijaiyah seperti huruf Abjad (A B C D E) di dalam bahasa Indonesia.

Sehingga jika kalian ingin lancar dalam membaca Al Qur’an maka kalian harus belajar dan mengerti akan huruf Hijaiyah dan ejaannya.

Adapun untuk pengenalan dasar tentang huruf Hijaiyah disini, bahwa huruf -huruf hijaiyah yang digunakan didalam Kitab Suci Al Qur’an terdapat 29 macam dan jumlah huruf hijaiyah tersebut sudah termasuk Alif.

Dibawah ini bisa kalian lihat 29 Macam Huruf Hijaiyah didalam Al Qur’an.


Sumber: mistamajahp.com

2. Mengenal Tanda Baca (Harakat)

Kemudian didalam cara belajar membaca Al-Qur’an yang kedua setelah mempelajari huruf-huruf Hijaiyah ialah harus mengenal dan mempelajari tanda baca atau harakat didalam Al Qur’an.

Hal tersebut dikarenakan tanda baca (Harakat) ini berfungsi untuk menentukan bagaimana huruf-huruf Hijaiyah didalam Al-Qur’an diucapkan atau dilafalkan. Sebagai contohnya jika didalam Bahasa Indonesia terdapat A I U E O, dan tanda baca (Harakat) didalam Al Qur’an (Bahasa Arab) sendiri antara lain.

Tanda Baca Fathah, Tanda Baca Alif Khanjariah, Tanda Baca Kasrah, Tanda Baca Dammah, Tanda Baca Sukun, Tanda Baca Tasydid, Tanda Baca Tanwin dan Tanda Baca Wasal.

Adapun untuk pengenalan lebih detail mengenai Tanda Baca Harakat ini, kalian bisa mencarinya Buku Tajwid Al-Qur’an yang banyak di Jual di Toko Buku, atau bisa tanya (belajar) langsung ke Ustad disekitar Anda.

3. Mengenal Bacaan Tajwid Al-Qur’an

Lalu langkah cara belajar membaca Al-Qur’an selanjutnya ialah dengan lebih mengenal bacaan-bacaan Tajwid Al-Qur’an.

Ilmu bacaan Tajwid Al Qur’an ini adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan huruf-huruf (Bacaan) Al-Qur’an secara baik dan benar. Seperti dibacakan secara mendengung, samar-samar atau jelas.

Secara sederhana bahwa bacaan Tajwid ini bisa dikatakan sebagai grammar nya didalam Bahasa Inggris, dan adapun Grammar didalam Bahasa Arab sendiri (Macam – Macam Bacaan Tajwid) antara lain Bacaan Idzhar, Bacaan Idgham, Bacaan Iqlab dan masih banyak yang lainnya.

Sangat direkomendasikan jika kalian ingin lebih mengenal dan memahami tentang bacaan-bacaan Al-Qur’an. Maka, sangat baik sekali jika kalian sebagai seorang Muslim-Muslimah untuk membeli buku-buku tentang Bacaan Tajwid Al-Qur’an yang banyak di jual di Toko Buku, dan setelah itu bisa juga dengan belajar secara langsung dengan Ustad disekitar rumah kalian.

Kunci Cepat Belajar Al-Qur’an Selama 30 Menit


Sumber foto: tribunnews.com.

Sesuai dengan namanya metode ini hanya memerlukan waktu 30 menit untuk dapat membaca Al-Qur’an, yang nantinya dilanjutkan dengan praktek.

Penemu metode 30 menit lancar membaca Alquran ini adalah Ustaz Achmaf Farid Hasan. Ustaz Farid mengatakan, terdapat tiga kunci untuk lancar membaca Al Qur’an dengan menggunakan metode tersebut.
  • Pertama, seseorang itu harus menguasai huruf Alquran yang jumlahnya 30 huruf.
  • Sementara, kunci yang kedua harus bisa menguasai tanda baca Alquran yang jumlahnya ada delapan tanda baca. Untuk bisa menguasai huruf dan tanda baca itu dibutuhkan waktu 30 menit. Setelah itu dilanjutkan dengan praktik.
  • Sementara kunci yang ketiga, kata Ustaz Farid, dengan menguasai tajwid yang ada dalam Al-Quran. Dimana, untuk menguasai tajwid tersebut dapat dipraktekkan seiring dengan praktik yang dilakukan setelah kegiatan ini kedepannya.

Namun untuk menguasai huruf Alquran tersebut dengan cepat, kata Ustaz Farid, juga ada beberapa teknik. Dimana, pertama dengan menyebut 30 huruf tersebut dengan nama latinnya.

Contoh: Kalau huruf alif sama dengan A kalau latinnya, hamzah juga A, Ain juga A, jadi A ada tiga. Terus dal, dho itu disebut D semua. Sin, Syin, Sod itu S semua.

Baca Juga: 25 Doa Mustajab dari Al Qur'an yang dapat Dibaca Disetiap Kesempatan
Karena dalam satu huruf latin terdapat beberapa huruf Alquran, maka teknik membedakannya dengan diberi ciri-ciri terhadap huruf tersebut. Teknik tersebut merupakan teknik kedua untuk dapat menguasai 30 huruf tersebut.

Setelah melalui dua teknik tersebut, maka selanjutnya dengan mengajari bagaimana melafalkan huruf tersebut dengan benar, sesuai dengan tajwid.

Cara Belajar Membaca Al-Qur'an Sendiri dengan Aplikasi


Aplikasi belajar Al-Qur'an

Sebenarnya, ada cara lain yang mudah untuk kita bisa belajar membaca Al-Qur'an secara mandiri. Yaitu dengan belajar baca alquran apk (aplikasi hp).

Aplikasi yang mengajarkan membaca al-Qur'an disertai dengan pengucapannya (audio), dan dilengkapi dengan dasar-dasar ilmu tajwid kini semakin banyak di PlayStore.

Anda bisa Download Aplikasi Baca Al-Qur'an tersebut dan langsung mempraktekkannya.

Kuncinya adalah belajar secara sunguh-sungguh dan rajin, Insya Allah amal baik Anda untuk belajar membaca Al-Qur'an dimudahkan oleh Allah SWT.

Demikian, semoga bermanfaat.
Top