Bawang Pencegah Kanker, Konsumsi Rutin Untuk Hindari Resiko Kanker

Komentar

Sumber gambar merdeka.com

Siapa sih yang akan menyangka jika bawang putih yang sering kita jumpai di dapur kita sebagai bumbu penyedap masakan ini ternyata berkhasiat untuk pencegah kanker.

Didalam bawang putih sendiri mengandung banyak sekali zat yang mampu melawan berbagai penyakit.

Peneliti dari University of Nottingham menyebutkan, sebenarnya bawang putih dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu, penyakit kardiovaskular, hingga diabetes tipe 2.

Dalam sebuah studi terhadap lebih dari 400 ribu wanita, para peneliti menemukan mereka yang paling banyak makan bawang putih memiliki risiko kanker kolon 50 persen lebih rendah dibanding yang makan paling sedikit.

Para ilmuwan percaya, hal ini disebabkan antioksidan yang ada di dalam bawang putih, allicin, yang bisa memerangi infeksi dan bakteri.

Studi ini juga bukan satu-satunya yang menyimpulkan hasil sama.

Riset tambahan menunjukkan, pencinta bawang putih yang makan lebih dari enam siung bawang putih dalam seminggu, memiliki angka kanker kolorektal 30 persen lebih rendah, dan 50 persen lebih rendah untuk kanker perut.

Baca juga:

  1. Kabar Ustadz Arifin Ilham Wajah Sumringah Ikut Shalat Subuh Berjamaah
  2. BPJS Tidak Gratis Lagi, Ketahui Peraturan Baru BPJS Kesehatan

3 Manfaat Utama Bawang Putih Sebagai Obat Penyakit


Selain kanker bawang putih sendiri memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, berikut beberapa manfaat bawang putih yang pasti belum pernah anda sadari sebelumnya.

1. Meningkatkan kadar insulin

Jika kamu memiliki bentuk tubuh yang sedikit tambun, dan tidak ingin terserang penyakit diabetes.
Jika perlu, ganti ke dokter dan mengeluarkan uang banyak, alternatifnya bisa menggunakan bawang putih. Karena zat-zat yang terkandung dalam bawang putih dapat membantu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh dan membantu meningkatkan kadar gula dalam darah.

2. Mencegah kanker

Penyakit kanker memang merupakan penyakit yang paling tidak bisa diderita dan belum ada obatnya. Meskipun pernah ada beberapa orang dari berbagai belahan dunia pernah dikabarkan sembuh dari penyakit kanker.

Namun ada pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah dari pada merawat. Nah bawang putih inilah solusinya. Kandungan sulfur bioaktif yang terdapat pada bawang putih, bisa mencegah pembentukan sel kanker pada tubuh kita.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Berbagai gangguan yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan demensia rupanya bisa dicegah dengan makan bawang putih. Penelitian terbaru dalam Journal of Neurochemistry membuktikan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia pada bawang putih tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai bawang putih yang berkhasiat sebagai pencegah kanker dan manfaat bawang putih yang luar biasa untuk pencegahan dan obati penyakit.
Top