Bahan Alami Pengganti SP Kue, Lebih Sehat Kue Lembut & Mengembang Sempurna

Komentar

Mengenal cake emulsifier./Copyright shutterstock.com

Apa itu SP?

Hati-hati, pengembang kue kimia berisiko sebabkan Kanker Usus...

Baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa zat dalam obat pengembang kue akan meningkatkan perkembangan serta pertumbuhan sel kanker di usus.

Agar lebih aman, gunakan bahan alami pengganti pengembang kue ini saja...

Saat akan membuat cake atau kue biasanya kita butuh cake emulsifier atau pengemulsi khusus untuk adonan kue dan cake.

Zat pengemulsi ini dibutuhkan agar mendapatkan kue atau cake dengan tekstur yang lembut dan empuk.

Jenis-Jenis Pengembang Kue



Mengenal berbagai macam bahan kue dan fungsinya. (pinteres)

Di Indonesia, cake emulsifier yang paling sering ditemukan dan digunakan, antara lain ovalet, TBM, dan SP.

1. TBM

TBM biasanya digunakan dalam pembuatan cake. Ditambahkan saat proses pengocokan. Fungsi dari TBM ini bisa memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut.

Komposisi TBM sendiri dikenal lebih kompleks dari ovalet. Umumnya TBM dipakai pada proses pencampuran mentega dan gula yang telah mengembang dengan telur.

2. SP

Resep cake dan bolu biasanya paling pas menggunakan SP. SP cocok digunakan untuk resep yang telurnya perlu dikocok sampai mengembang kaku.

Pada cake, SP bisa membuat hasil pengocokan adonan lebih stabil dan menyatu. Adonan pun jadi tidak mudah turun ketika dikocok. Resep kue yang memerlukan pengocokan telur dan gula lebih dulu baru diakhiri dengan mentega cair juga bisa pakai SP.

3. Ovalet

Kandungan ovalet hampir sama dengan TBM yang mengandung mono dan digliserida. Hanya saja ovalet ini lebih banyak mengandung asam lemak dari hewan.

Adakalanya kita juga perlu mengecek apakah ada logo halal dari cake emulsifier yang satu ini. Dengan ovalet, bahan mentega dan telur bisa dibuat lebih menyatu. Serta hasil kuenya jadi lebih lembut dan agak basah.

Bahaya Cake Emulsifier (Pengembang Kue)


Gambar ilustrasi (liputan6.com)

Umumnya, semakin banyak emulsifier yang ditambahkan dalam adonan makanan, bisa saja adonan tersebut akan mengembang lebih baik dan mengesankan.

Tapi, meski ia sangat baik buat pengembang adonan khususnya adonan kue, disarankan agar penggunaan emulsifier tidak berlebihan lho ya.

Para peneliti menemukan bahwa zat emulsi yang terkandung di dalam emulsifier dan beberapa zat aktif lainnya akan membuat perkembangan serta pertumbuhan sel kanker di usus semakin meningkat.

Baca Juga: Bahaya Emulsifier (Pengembang Kue) Berisiko Sebabkan Kanker Usus

Tak hanya itu saja, kandungan zat emulsi ini juga sangat memungkinkan usus maupun sistem pencernaan mengalami masalah radang dan sejenisnya.

Bahan Alami Pengganti Pengembang Kue


Telur (okezone.com)

Sebenarnya, ada alternatif lain agar kue tetap mengembang tanpa penggunaan pengembang kue kimia.

Yaitu hanya dengan menggunakan putih telur.

Seperti dikatakan Rani, host acara Hijabers Cooking yang diselenggarakan sebuah tabloid wanita, putih telur dapat mengembangkan kuenya tanpa menggunakan baking soda atau bahan pengembang kue buatan lainnya.

Membuat kue seperti chiffon cake, sponge cake, atau kue yang mengembang lainnya. Putih telur bisa dijadikan alternatif pengembang kue alami. Tapi, harus dikocok dahulu sampai kaku,” jelasnya seperti dikutip dari okezone.com.

Cara Membuat Putih Telur Sebagai Pengembang Kue Alami


(Putih telur yang sudah dikocok (Foto:Image))

Dia menambahkan, putih telur yang hendak dijadikan pengembang kue baiknya dikocok dulu hingga kaku menggunakan mixer.

Ukuran bahwa putih telurnya sudah kaku yaitu saat mangkuk dibalik, putih telurnya tidak jatuh.

Setelah itu baru dicampurkan ke adonan kue dengan cara diaduk melipat perlahan. Hal ini berfungsi agar udara yang terdapat dalam putih telur yang sudah kaku tidak hilang.

Putih Telur Membuat Kue Lembut & Mengembang Sempurna


Gmabar ilustrasi (bisnisusahaonline.com)

Tidak hanya sebagai pengembang, Rani menambahkan, menggunakan putih telur ternyata memiliki kelebihan dari segi rasa dan juga tekstur.

Kalau pakai putih telur nanti kuenya jadi lebih lembut dan juga mengembang sempurna. Dibandingkan kalau pakai baking soda, nanti kalau terlalu banyak rasa kuenya cenderung lebih pahit,” pungkas dia.

Demikianlah pembahasan tentang pengembang kue, semoga bermanfaat untuk bunda sekalian!
Top