Hafalkan 99 Asmaul Husna Beserta Artinya, Insya Allah Surga Jaminannya

Komentar
asmaul husna beserta artinya
Asmaul husna (pasberita.com)

Asmaul Husna beserta artinya lengkap! Barang siapa yang menghafalnya, Insya Allah surgalah tempatnya. 

“Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama. Barang siapa menghapalnya (dengan meyakini kebenarannya) ia masuk surga. Sesungguhnya Allah Maha ganjil (tidak genap) dan senang sekali pada sesuatu yang ganjil.” (HR Ibnu Majah).

Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang indah dan baik. Bacaan Asmaul Husna jumlahnya ada 99, tiap nama memiliki arti dan makna masing-masing yang bagus dan baik.

Dalam agama Islam, pengertian asmaul husna adalah nama-nama Allah yang indah dan baik. Asma berarti nama (penyebutan) dan husna berarti yang baik atau yang indah, jadi asma'ul husna adalah nama nama milik Allah yang baik lagi indah.

Asmaul Husna sering dijadikan sebagai doa dan dzikir. Sebagai muslim, tentu harus mengetahui apa saja nama-nama Allah yang ada pada bacaan dzikir asmaul husna tersebut. Selain itu 99 asmaul husna harus diamalkan karena mengandung sifat dan akhlak yang baik.

Asmaul Husna merujuk kepada nama-nama, sebutan, gelar, sekaligus sifat-sifat Allah SWT yang indah dan baik. Istilah Asmaul Husna juga dikemukakan oleh Allah SWT dalam Surat Thaha:8 yang artinya:

"Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai asmaa'ul husna (nama-nama yang baik)" (Q.S. Thaha:8).

Allah SWT juga berfirman dalam Surat Al-Baqara:31 dan Al-Ar'raaf:130, sebagai berikut:

"Milik Allahlah nama-nama yang indah, dan mohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama tersebut" (Al-A'raaf:180)

"Dia telah mengajari Adam seluruh nama" (Q.S Al-Baqarah:31)

Nama Allah yang mulia dan agung tersebut merupakan kebesaran dan kekuasaan Allah, sebagai pencipta serta pemelihara alam semesta beserta segala isinya ini. Bagi seorang muslim salah satu cara mengenal Allah adalah dengan mempelajari sifat-sifat Allah serta mengenal 99 asma Allah (99 nama Allah).

Dengan demikian kita dapat meresapi apa makna dari asmaul husna, bahkan sangat dianjurkan untuk berdoa dan menyebut asmaul husna dalam keseharian kita agar kita selalu mengingat Allah SWT disetiap langkah kita.

Hal ini pun juga tertera pada hadist yang menyebutkan tentang asmaul husna yang berbunyi sebagai berikut:

Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama. Barang siapa menghapalnya (dengan meyakini kebenarannya) ia masuk surga. Sesungguhnya Allah Maha ganjil (tidak genap) dan senang sekali pada sesuatu yang ganjil.” (HR Ibnu Majah).

Seperti yang telah disebutkan pada hadist tersebut kita memang dianjurkan untuk menyebut nama -nama Allah bahkan dianjurkan juga untuk menghapalnya.

Tidak ada kata-kata yang baik melainkan kita selalu menyebut nama-nama Allah, dengan demikian kita selalu mengingat Allah beserta sifat-sifatNya.

Nah, berikut 99 Asmaul Husna beserta arti bahasa indonesia;

Asmaul Husna Beserta Artinya












Baca Juga: 99 Nama Allah SWT Beserta Arti dan Manfaatnya

Video Lagu Asmaul Husna Untuk Belajar Anak-Anak


Demikian penjelasan lengkap 99 Asmaul Husna beserta artinya. Semoga menjadikan kita semakin mencintai Allah dengan segala keagunganNya.

Semoga bermanfaat.
Top