15 Tanda Kiamat Kecil ini Telah Lengkap dan Sempurna, Apakah Kiamat Besar Segera Datang?

Komentar

Gambar ilustrasi dilansir dari indowarta.com

Sebelum terjadi kiamat besar, akan ada tanda-tanda kiamat kecil...

Ada yang mengatakan, 15 tanda kiamat kecil telah lengkap dan sempurna menurut hadist shohih. Hingga pada saatnya kita akan menunggu datangnya kiamat besar.

Benarkah segera datang?

Dalam berbagai kesempatan, Rasulullah SAW menyebutkan tanda-tanda kiamat. Ada yang disebutkan beliau dalam satu hadist, yang kemudian itu dikelompokkan menjadi tanda-tanda kiamat besar, dan ada yang disebutkan dalam hadist yang terpisah-pisah dan menjadi tanda-tanda kiamat kecil.

Jika mencermati hadis-hadis Rasulullah SAW tentang tanda-tanda kiamat itu, ternyata tanda-tanda kiamat yang kecil itu sudah lengkap dan banyak kita jumpai di Negara kita maupun di dunia pada umumnya. Apa saja itu?

1. Penaklukan Yerusalem

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwa Auf bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

Aku menghitung 6 hal menjelang hari kiamat.” Baginda Rasulullah menyebutkan salah 1 di antaranya, yaitu penaklukan Yerusalem. ” (Sahih Bukhari)

Baca Juga:

2. Zina merajarela

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadist

Dan tinggallah manusia-manusia yang buruk, yang seenaknya melakukan persetubuhan seperti himar(keledai). Maka pada zaman mereka inilah kiamat akan datang.

3. Merajarelanya alat musik

Ada sebuah hadist yang menerangkan bahwa di akhir zaman akan terjadi bencana longsor, kerusuhan dimana-mana dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh merajalelanya musik.

Pada akhir zaman akan terjadi longsor, kerusuhan dan perubahan muka. “Ada yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam;” Wahai Rasulullah bilakah hal ini terjadi?” Beliau menjawab, “Apabila telah merajalela bunyian (musik) dan penyanyi-penyanyi wanita.” (H.R. Ibnu Majah).

4. Menghias Masjid dan Membanggakannya

“Di antara tanda-tanda telah dekatnya kiamat ialah manusia bermegahan dalam mendirikan masjid” – H.R. Nasai.

5. Munculnya Kekejian, Memutuskan Kerabat dan Hubungan Dengan Tetangga Tidak Baik

Tidak akan datang kiamat sehingga banyak perbuatan dan perkataan keji, memutuskan hubungan silaturrahimdan sikap yang buruk dalam bertetangga.” (H.R. Ahmad dan Hakim)

6. Ramai Orang Sholeh Meninggal Dunia

Tidak akan datang hari kiamat sehingga Allah mengambil orang-orang yang baik & ahli agama di muka bumi, maka tiada yang tinggal padanya kecuali orang-orang yang hina dan buruk yang tidak mengetahui yang makruf dan tidak mengingkari kemungkaran” (HR. Ahmad)

7. Orang yang Hina Mendapat Kedudukan Terhormat

Di antara tanda semakin dekatnya kiamat ialah dunia akan dikuasai oleh Luka ‘bin Luka’ (orang yang bodoh dan hina). Maka orang yang paling baik ketika itu adalah orang yang beriman yang diapit oleh 2 orang mulia ” (H.R. Thabrani.)

8. Mengucapkan Salam Kepada Orang yang Dikenalnya Saja

Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah manusia tidak mau mengucapkan salam kepada orang lain kecuali yang dikenalnya saja.” (H.R. Ahmad).

9. Banyak Wanita yang Berpakaian Tetapi Hakikatnya Telanjang

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. “Di antara tanda-tanda telah hari kiamat adalah akan muncul pakaian-pakaian wanita dan ketika mereka memakainya keadaannya seperti telanjang”.

Para ulama menjelaskan, bahwa yang dimaksud dengan wanita yang berpakaian tetapi telanjang adalah para wanita yang memakai baju atau rok, akan tetapi tembus pandang.

Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa maksudnya adalah mereka memakai pakaian, akan tetapi pakaiannya tersebut “tersobek” dengan sengaja hingga menampakkan auratnya demi mengundang syahwat lelaki.

Ada lagi yang mengatakan bahwa mereka ini adalah wanita-wanita yang memakai pakaian ketat, sehingga bentuk tubuh badannya terlihat amat jelas.

10. Bulan Sabit kelihatan Besar

Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah menggelembung (membesarnya) bulan sabit.” (H.R. Thabrani).

11. Banyak Dusta dan Tidak Tepat Dalam Menyampaikan Berita

Pada akhir zaman akan muncul pembohong-pembohong besar yang datang kepadamu dengan membawa berita-berita yang belum pernah kamu dengar dan belum pernah didengar oleh ayah kamu sebelumnya, karena itu jauhkanlah dirimu dari mereka agar mereka tidak menyesatkanmu dan memfitnahmu.” (H.R. Muslim).

12. Banyak Saksi Palsu dan Menyimpan Kesaksian yang Benar

Sesungguhnya sebelum datangnya hari kiamat akan banyak kesaksian palsu dan disembunyikan kesaksian yang benar.” (H.R. Ahmad).

13. Negara Arab Menjadi Padang Rumput dan Sungai

Tidak akan datang hari kiamat sehingga negeri Arab kembali menjadi padang rumput dan sungai-sungai” (Sahih Muslim)

14. Manusia Mewarnai Rambut di Kepalanya Dengan Warna Hitam Supaya kelihatan Muda

Pada akhir zaman akan muncul suatu kaum yang mencelupi rambut mereka dengan warna hitam seperti ‘bulu merpati’ yang mereka itu tidak akan mencium bau syurga.” (Sahih Abu Daud & Nasai)

15. Munculnya Gaya Hidup Mewah dan Manja di Kalangan Umat Islam

Apabila umatku berjalan dengan sombong dan yang melayan mereka adalah putera-puteri raja, putera-puteri Parsi dan Rom, maka orang yang paling buruk akan berkuasa terhadap orang yang paling baik (pilihannya).” (HR. Tarmizi, Sahih Abdullah ibnu Umar RA)

Itu adalah tanda-tanda kiamat kecil yang disebutkan Nabi Saw dalam berbagai kesempatan.

Sedangkan hadis di bawah ini adalah tentang tanda-tanda kiamat besar ketika kiamat sudah begitu dekat.

Dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata:

"Datang kepada kami Rasulullah saw. dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: "Apa yang kamu perbincangkan?".

Kami menjawab: "Kami sedang berbicara tentang hari kiamat".

Lalu Nabi saw. bersabda: "Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya".

Kemudian beliau menyebutkannya: "Asap, Dajjal, binatang, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam alaihissalam, Ya'juj dan Ma'juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka ". (HR Muslim).

Dilansir dari islamidia.com, 10 tanda-tanda Kiamat yang disebutkan Rasulullah SAW dalam hadis ini adalah tanda-tanda kiamat yang besar, dan akan terjadi di saat hampir tibanya hari kiamat.

Sepuluh tanda itu adalah:

1. Dukhan (asap) yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit yang seperti flu di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.

2. Dajjal yang akan membawa fitnah besar yang akan merenggut keimanan, hingga akan banyak orang yang akan terpedaya dengan seruannya.

3. Binatang besar yang keluar dekat Bukit Shafa di Mekah yang akan berbicara bahwa manusia tidak beriman lagi kepada Allah swt.

4. Matahari akan terbit dari tempat tenggelamnya. Maka pada saat itu Allah swt. tidak lagi menerima iman orang kafir dan tidak menerima taubat dari orang yang berdosa. Seperti nasa juga mengeluarkan pernyataan dimana suatu hari nanti matahari akan terbit di sisi BARAT!

5. Turunnya Nabi Isa alaihissalam ke permukaan bumi ini. Beliau akan mendukung pemerintahan Imam Mahdi yang berkuasa pada masa itu dan beliau akan mematahkan semua salib yang dibuat oleb orang-orang Kristen dan dia juga yang akan membunuh Dajjal.

6. Keluarnya bangsa Ya'juj dan Ma'juj yang akan membuat kerusakan dipermukaan bumi ini, yaitu ketika mereka berhasil menghancurkan dinding yang terbuat dari besi bercampur tembaga yang telah didirikan oleh Zul Qarnain bersama dengan pembantu-pembantunya pada zaman dahulu.

7. Gempa bumi di Timur.

8. Gempa di Barat.

9. Gempa bumi di Semenanjung Arab.

10. Api besar yang akan menghalau manusia menuju ke Padang Mahsyar. Api itu akan dimulai dari arah negeri Yaman.

Lantas benarkah kiamat segera datang?

Belakangan ini begitu banyak terjadi fenomena alam maupun peristiwa yang sebagian kalangan mengatakan bahwa itu merupakan tanda-tanda kiamat telah dekat.

Mengenai hal ini, Allah SWT berfirman :

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا

 بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya:

 “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Al- A’raf ayat 187)

Meskipun waktu kedatangan kiamat hanya Allah SWT saja yang mengetahuinya, akan tetapi sebagai seorang mukmin yang baik kita harus selalu meyakini bahwa hari akhir (kiamat) pasti akan tiba, sebagaimana yang tercantum dalam rukun iman yang ke-5.

Allah SWT berfirman :

فَهَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا السَّاعَةَ أَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً فَقَدْ جَاءَ أَشْرَاطُهَا فَأَنَّى لَهُمْ إِذَا جَاءَتْهُمْ ذِكْرَاهُمْ

Artinya:

 “Tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka Apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila kiamat sudah datang?” (QS. Muhammad ayat 18)

Demikian, Wallahu A'lam...
Top