Viral Suara Mirip Terompet Terdengar di Langit Pekalongan, Fenomena Apa?

Komentar

Gambar ilustrasi Suara Misterius Bikin Heboh Warga Pekalongan (tribunnews.com)
Suara misterius menggema di langit dini hari, warga Pekalongan gempar...

Suara yang mirip terompet tersebut muncul sekitar pukul 01.00 WIB, Jumat dini hari (14/12). Bahkan terdengar di Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, hingga Kabupaten Batang.

Untuk sementara, BMKG menduga hal ini sebagai penyebabnya...

Suara aneh yang mirip seperti dengungan terompet terdengar dari langit di sejumlah daerah di Jawa Tengah, Jumat dini hari (14/12).

Fenomena itu pun langsung membuat geger warganet. Fans page Facebook Pekalongan INFO (@pekalonganinfo) mengunggah video rekaman suara itu sekitar pukul 01.45 WIB. Dalam video berdurasi 17 detik itu, terdengar suara dengungan mirip terompet dari langit.

Seseorang yang merekam suara itu juga berucap keheranan, “Suara apa itu?


Posting-an tersebut langsung diserbu komentar dan dibagikan ribuan kali.

Sejumlah pengguna Facebook mengaku mendengarkan suara yang sama pada jam tersebut.

Andriyani Phuji Rahayu, salah seorang warganet asal Kabupaten Batang, mengaku mendengar suara tersebut dengan jelas.

Saya d batang/gringsing juga dnger kira q psawt keras bngt ky d atas rumah (Saya di Batang/Gringsing juga dengar. Kirain aku pesawat. Keras banget kaya di atas rumah),” tulisnya di kolom komentar.

Suara itu ternyata tidak hanya terdengar di sekitar Pekalongan dan Batang, tetapi juga di Tegal dan Brebes.

Seorang warganet dengan nama akun Facebook "Ręsį Måhăşãdû" mengaku mendengarkan suara yang sama pada pukul 00.40 WIB. “Nang brebes (suara muncul) pukul 00.40 pak,” tulisnya.

Seorang warga Tegal, Hendri Lisdiant, juga mengungkapkan hal senada. Tengah malam, dia mendengar suara dengungan dengan durasi yang cukup panjang. Karena penasaran, dia pun menanyakan apa yang dialaminya lewat unggahan status di Facebook. “Apa sekitar jam 00.00 ke atas ada yg denger suara dengungan keras??” tulisnya.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih mendiskusikan terkait fenomena suara misterius yang terjadi di langit Pantura dini hari tadi. Namun dipastikan suara itu bukan berasal dari fenomena cuaca.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko, mengatakan BMKG belum bisa mengidentifikasi asal suara. Namun kemungkinannya dari pesawat dengan baling-baling.

"Menurut info dari BMKG Ahmad Yani belum bisa teridentifikasi. Kalau dari suaranya seperti dengan baling-baling atau propeller," kata Iis seperti dikutip dari detikcom, Jumat (14/12/2018).

Suara pesawat bisa terdengar jika pesawat itu terbang di bawah 24 ribu kaki. Meski demikian saat suara terdengar yaitu sekita pukul 01.00 tidak terlihat ada pesawat karena berawan.

"Yang jelas bukan fenomena cuaca yang menyebabkan suara tersebut," terang Iis.

Sementara dikutip dari Tribu-video.com, dipantau melalui aplikasi radar penerbangan menunjukkan, memang ada pesawat yang melintas sekira pukul 01.00 WIB adalah pesawat Boeing 737-8U3.

Pesawat tersebut melintas di atas kota Pekalongan rute Jakarta menuju Sorong dengan ketinggian 35 ribu kaki dan berkecepatan mencapai 467 knot.

Pesawat jenis Boeing 737 merupakan jenis pesawat komersial dengan mesin ganda yang diproduksi oleh pabrik Boeing di Seattle Amerika Serikat.

Namun hingga kini, belum ada yang tahu pasti penyebab sesungguhnya.
Top