Trick Rahasia Saat Interview Bahasa Inggris, Dijamin Berhasil

Komentar

Tips and trick via squline.com

Kamu ingin melakukan interview namun menggunakan bahasa Inggris, jangan khawatir. Disini kami akan memberikan tips and trick dalam melakukan interview bahasa inggris, dijamin berhasil.

Kami disini akan memberikan tips and trick dalam melakukan Interview Bahasa Inggris. Benar, segala sesuatu pasti memiliki tips and trick. Umumnya, dalam interview kerja itu biasanya digunakan dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, berikut akan kami jabarkan beberapa tips and trick untuk interview bahasa Inggris agar berjalan dengan lancar.

Saat wawancara kerja, dibutuhkan sebuah persiapan yang matang, sebab kesiapan kita dalam menjawab pertanyaan saat wawancara akan menentukan masa depan kita, oleh sebab itu ada tips and trick dalam interview agar kamu bisa mempunyai kesiapan yang matang. Dibawah ini adalah tips and trick dalam melakukan interview bahasa Inggris.

Tips and Trik dalam Melakukan Interview Bahasa Inggris

Beberapa kali disini kita sudah membahas tentang interview. Dari berbagai macam pengertian dan juga contoh tentang interview yang telah diberikan, kalian mungkin bisa menarik kesimpulan bahwa interview merupakan tahapan yang nggak sulit, pun juga nggak mudah juga.

Banyak yang gagal masuk perusahaan yang diidam-idamkan hanya karena interview ini. Pun juga ada yang bisa berhasil masuk ke perusahaan yang diminati sejak lama hanya karena dia berhasil melewati tahapan interview ini. Lantas, kira-kira apa sih penyebab gagalnya interview?

Jawabannya mungkin sederhana dan juga pernah dikutip oleh Careerealism, yaitu sebagai berikut :
  1. Busana interview yang terlalu berantakan, kuno, terlalu ketat, terlalu terbuka, dan terlalu menyolok.
  2. Terlalu banyak menggunakan parfum di sekujur tubuh.
  3. Kontak mata yang terlalu lemah, terlalu kuat, dan juga terlihat licik.
  4. Jabatan tangan yang terlalu basah, kuat, maupun lembek.
  5. Terlalu banyak atau sering mengatakan kata ‘Emmm…. atau ‘Errrrrrr…’
  6. Terlalu sering menggunakan tata bahasa yang salah atau sering menggunakan kalimat yang tidak baik, seperti misalnya keceplosan mengumpat ketika menjawab pertanyaan bahasa Inggris.
  7. Terlihat terlalu percaya diri, memaksa, membanggakan diri sendiri, tidak merasa aman, terlihat terlalu pintar, dan terlihat putus asa.
  8. Berbicara terlalu cepat, kencang, lambat dan juga pelan.
  9. Terlalu banyak bertingkah aneh, cekikikan, dan tidak ekspresif
  10. Terlihat tidak original, kurang percaya diri, mencurigakan dan juga tidak jelas.
Dari penyebab gagalnya interview di atas, sudah bisa terbayang bukan bahwa interview kerja itu harus dipersiapkan sematang mungkin? Apalagi jika interview yang akan dijalani itu bertempat di perusahaan asing yang dalam penggunaannya menggunakan bahasa Inggris. Jelas, itu pasti akan terlihat sangat sulit ya.


Tips via squline.com

Setelah pada postingan tentang ‘Perkenalan dalam Bahasa Inggris saat interview’ yang notabenenya merupakan elemen penting dalam melakukan interview bahasa Inggris, selanjutnya disini kami akan memberikan lebih banyak lagi elemen-elemen penting lainnya yang terangkum dalam tips and trick melakukan interview bahasa Inggrisnya. Yuk kita lihat apa saja tipsnya.

1. Persiapkan Dirimu Secara Matang

Dalam setiap melakukan wawancara, persiapan diri secara matang memang harus dilakukan. Apapun itu, termasuk apabila melakukan interview dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, tidak aneh apabila mempersiapkan diri secara matang menjadi salah satu tips and trick dalam melakukan interview bahasa Inggris.

Persiapan yang matang tentu saja akan membantu kalian dalam memulai interview. Kendala-kendalan mainstream yang sering terjadi seperti misal terlambat ataupun gugup pun pasti tidak akan terjadi karena kalian telah mempersiapkan diri secara matang.

Oleh karena itu, apabila ingin berhasil dalam melakukan interview dalam bahasa Inggris, tips and triknya adalah dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Sekarang pertanyaannya adalah… Sudahkah kalian mempersiapkan dengan matang?

2. Tenanglah.

Menurut beberapa sumber, kegagalan interview itu sebenarnya lebih banyak diakibatkan oleh para pelamar yang tidak tenang dalam melakukan interview. Ketidaktenangan ini pun berdampak pada tata bahasa yang kacau, pembicaraan yang acak-acakan, dan juga keringat dingin yang mengucur deras didahi sehingga membuat pihak HRD Perusahaan lantas segera mencoret nama pelamar tersebut.

Disini, hal yang bisa kami bagikan untuk tips and trick dalam melakukan interview bahasa Inggris adalah buatlah diri kalian tenang dalam menghadapi interview kerja. Anggaplah saja interview kerja ini seperti kalian berbicara dengan lawan bicara yang biasa, namun dengan bahasa formal.

Dengan demikian, ketenangan akan membawa kalian untuk menarik hati pihak HRD perusahaan dan selanjutnya, tunggu saja kalian akan dipanggil untuk segera bekerja di perusahaan yang kalian lamar tersebut.

3. Akrablah dengan Pewawancara

Ketika wawancara, sebaiknya kalian harus mengakrabkan diri dengan pihak pewawancara. Hal itu tentu akan membantu jalannya interview secara baik. Semakin kalian pandai dalam mencairkan suasana saat interview, semakin besar pula kemungkinan untuk kalian bisa akrab dengan pewawancara.

Keuntungan dari hal tersebut tentu adalah dapat membuat suasana interview yang biasanya tegang, menjadi cair. Membuat pertanyaan-pertanyaan interview yang biasanya sulit, menjadi mudah. Pun juga membut kemungkinan kalian untuk lolos tes interview semakin besar.

Tips and trick untuk melakukan interview bahasa Inggris dalam hal mengakrabkan diri ini pun salah satunya adalah dengan cara melakukan pembicaraan-pembicaraan ringan dengan pihak pewawancara disela-sela interview. Dengan melakukan cara itu, pihak pewawancara akan merasa bahwa kalian mudah akrab dengan orang dan itu akan membuat pewawancara merasa bahwa kalianlah orang yang tepat untuk bekerja di perusahaan.

4. Menguasai berbagai macam vocab tentang wawancara kerja.

Karena disini kita membahas tentang tips and trick dalam melakukan interview Bahasa Inggris, maka menguasai berbagai macam vocab tentang wawancara kerja tentu menjadi hal utama yang harus dilakukan.

Mungkin kita semua sepakat, dalam pembelajaran bahasa Inggris, vocab itu bisa diibaratkan sebagai pondasi dalam membuat sebuah bangunan. Maka sudah jelas, semakin kalian bisa menguasai vocab dengan baik, maka semakin besar pula kesempatan kalian dalam melewati interview kerja bahasa Inggris secara lancar.

Vocab yang harus dipelajari disini tentu saja terkait tentang interview kerja, seperti misalnya pertanyaan-pertanyaan umum saat interview kerja, penjabaran tentang kelemahan dan kelebihan kalian, pengalaman hidup yang telah kalian lalui, dan lain sebagainya.

Namun yang jelas, untuk interview kerja, penguasaan vocabulary tentu akan membantu kalian dalam meraih kesuksesan. Jadi, jangan malas untuk belajar ya.

5. Ceritakan Pengalaman.

Dalam interview kerja, menceritakan tentang pengalaman yang sudah kalian alami ketika bekerja di perusahaan lama tentu saja akan membuat pihak pewawancara menilai seberapa jauh anda dalam menguasai pekerjaan yang sedang kalian lamar.

Jadi, hal itu tentu saja menjadi salah satu nilai tambah untuk kalian yang sedang berusaha menjalani interview nantinya. Namun, yang harus menjadi catatan adalah jangan pernah kalian menjelek-jelekkan perusahaan tempat kerja kalian yang dulu. Karena apabila ada satu kata negatif saja yang keluar dari mulut kalian tentang perusahan terdahulu, maka pihak pewawancara akan segera menandai kalian dan kesempatan kalian untuk bekerja diperusahaan yang sedang kalian lamar akan semakin mengecil.

Oleh karena itu, apabila sedang menceritakan tentang pengalaman kerja diperusahaan terdahulu, lebih baik ceritakan yang baik-baiknya saja.

Tetap semangat untuk interview kerja ya.

6. Jabarkan Kelebihan dan Kekurangan.

Menjabarkan kelebihan dan kekurangan diri kalian secara terbuka tentu akan membuat pihak pewawancara menilai kalian sebagai pribadi yang jujur dan terbuka. Terlepas dari semua kelebihan dan kekurangan yang kalian miliki, kalian akan mendapat nilai tambah dari pihak pewawancara karena kejujuran yang kalian ucapkan.

Lagipula, dengan menjabarkan tentang kelemahan yang kalian miliki, itu bukan berarti membuat kalian terlihat rendah. Namun, hal itu bisa juga untuk menampilkan bahwa kelemahan adalah salah satu proses belajar yang bisa kalian dapatkan ketika bekerja nantinya. Misalnya saja kalian mengucapkan kalimat semacam ini ketika interview bahasa Inggris nanti :

“I talk a lot, when there are things that don’t go as the plans accordingly I will tell my friends verbally to stay on the track.”

Dengan begitu, apa yang kalian jabarkan tentang semua kelemahan itu akan membuat kalian justru terlihat memiliki banyak kelebihan. Jadi, tips dan trik dalam melakukan interview Bahasa Inggris itu salah satunya adalah dengan menjabarkan kelebihan dan kekurangan secara jujur dan terbuka ya.

7. Jangan Ragu dan Percayalah Pada Dirimu Sendiri.

Tips and Trick dalam melakukan Interview Bahasa Inggris yang terakhir adalah dengan menempatkan diri kalian pada posisi tanpa keraguan dan ditingkat rasa percaya diri yang tinggi. Apabila hal itu dilakukan, sudah bisa dipastikan bahwa kalian akan segera dinyatakan lolos untuk tes interview.

Hal yang  harus diketahui bersama, pihak pewawancara itu sangat menyukai pelamar yang tidak pernah ragu atas ucapan, keputusan, dan jawaban-jawaban yang diucapkan. Hal itu tentu menggambarkan bahwa pelamar adalah pribadi yang memiliki rasa percaya diri tinggi dan itu akan membantu perusahaan dalam mewujudkan visi dan misinya.

Jadi, apabila kalian disini ingin sukses dalam interview bahasa Inggris, hilangkanlah segera rasa ragumu dan tingkatkanlah rasa percaya dirimu. Niscaya, hal itu akan membantumu dalam mendapatkan pekerjaan yang lebih baik nantinya.


Trick via blog.wallstreetenglish.co.id

Nah, itu di atas itu adalah 7 tips and trick dalam melakukan Interview Bahasa Inggris yang  harus kalian ketahui bersama. Apabila kalian membaca ini dan teringat bahwa saudara atau kerabatmu ingin mendaftar kerja, sarankan kepada mereka untuk membaca tips and trick ini.

Besar harapan kami untuk dapat membantu kalian semua dalam mencapai keinginan untuk bekerja di perusahaan yang diinginkan. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah untuk belajar dan jangan pernah berhenti untuk mencoba dan berusaha. Tetap semangat! Semoga artikel ini bermanfaat.
Top