Perbedaan Teks Sumpah Pemuda Versi Asli dan Ejaan Baru

Komentar

teks sumpah pemuda via indowarta.com

Sebagai pemuda Indonesia, tentunya kita harus berbangga dan bersyukur atas keberanekaragaman yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Minangas hingga Pulau Rote. Atas dasar itu, sebagai pemuda, hendaknya kita dapat mengingat kembali semangat para pemuda tempo dulu.

Sumpah Pemuda, adalah tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan di Indonesia. Ini merupakan salah satu peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia yang membuktikan bahwa pada 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia sudah ada dan bersatu.

Teks naskah Sumpah Pemuda adalah hasil dari Kongres Pemuda Kedua yang sudah dirumuskan pada 28 Oktober 1928.

Kali ini akan dibahas bunyi teks sumpah pemuda yang asli dan benar. Sumpah Pemuda sendiri adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Ikrar sumpah pemuda ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Ikrar ini pada awalnya adalah secarik kertas yang dibacakan oleh Soegondo Djojopoespito hingga kemudian dijelaskan secara panjang lebar oleh Moehammad Yamin.

Sumpah pemuda dihasilkan dari keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Kongres Pemuda Kedua tersebut dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia).

Namun, Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya.

Naskah sumpah pemuda ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.

Teks Sumpah Pemuda

Teks sumpah pemuda ini, memiliki dua versi yaitu versi asli dan versi ejaan baru, yang memiliki arti yang sama dan makna yang sama.

Tanpa ada perubahan sedikitpun ataupun tambahan kata. inti dari teks "sumpah pemuda" tetap sama, menegaskan semangat dan cita-cita bangsa indonesia, terutama untuk muda-mudi Indonesia.

Ini dia 2 versi teks sumpah pemuda, versi orisinil/asli dan versi ejaan baru yang benar. karena sekarang diera yang baru, pasti isi teks sumpah pemuda yang digunakan yaitu versi ejaan baru, bukan ejaan lama.


Teks Sumpah Pemuda Asli

Bunyi sumpah pemuda yang asli dan otentik yang muncul dari tiga keputusan kongres sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda dan ditulis menggunakan ejaan van Ophuysen,


teks sumpah pemuda asli via zonareferensi.com

Soempah Pemoeda

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Teks Sumpah Pemuda Ejaan Baru

Ikrar Sumpah Pemuda ini lantas diubah dan disempurnakan menggunakan ejaan baru Bahasa Indonesia sehingga berbunyi sebagai berikut,


teks sumpah pemuda ejaanbaru via zonareferensi.com

Sumpah Pemuda

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai isi teks sumpah pemuda yang asli dan benar, dimana hari sumpah pemuda selalu diperingati tanggal 28 oktober setiap tahunnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan bagi kita semua.
Top