Syarat CPNS 2018 Untuk Lulusan SMA, D3 dan S1

Komentar

Syarat cpns via koranpangkep.co.id

Apa saja yang diperlukan untuk syarat CPNS 2018? Yuk simak daftar syarat CPNS 2018 bagi lulusan S1 maupun D3 atau SMA.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan kesiapannya menyelenggarakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018. Lantas, apa saja persyaratan serta dokumen yang perlu disiapkan dalam pembukaan lowongan CPNS di 2018 ini? Jika Anda ingin mengetahui syarat CPNS 2018 simak penjelasannya dalam artikel ini.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil, untuk syarat CPNS 2018 sudah diumumkan. Syarat CPNS 2018 Lulusan SMA, Persyaratan CPNS Untuk S1. Pastikan berkas dokumen persyaratan CPNS Anda lengkap dan benar.

Dibawah inilah Syarat CPNS 2018 Untuk S1 dan persyaratan CPNS Lulusan SMA dan D3 yang perlu Anda siapkan jika Anda ingin mendaftar menjadi CPNS.

Syarat CPNS 2018 Untuk S1, Persyaratan CPNS Lulusan SMA

BKN pusat masih menyusun rumusan jumlah formasi CPNS yang akan dibuka. Oleh karena itu akan ditentukan secepatnya secara pasti Formasi CPNS 2018. Bersambung Syarat Pendaftaran CPNS 2018 Untuk Sarjana, Persyaratan CPNS Lulusan SMA ini.

Kata Asman, “Rencananya akhir Juli ini, tapi itu kan fleksibel saja ya karena merumuskan formasi itu kan nggak gampang”.

Selain Badan Kepegawaian Negara (BKN), KemenPAN RB juga selalu menghimbau terkait loker CPNS. Yaitu tentang portal resmi pendaftaran CPNS 2018. Juga dihimbau pelamar atau pendaftar CPNS 2018 agar selalu hati-hati terhadap berita hoax dan oknum nakal.

Dalam tweet BKN, “Hanya ada satu portal dalam penerimaan CPNS 2018 #SobatBKN yaitu SSCN dan terjamin transparansinya”.

Hingga kini, situs resmi pendaftaran cpns di https://sscn.bkn.go.id/ masih offline. Bahkan Web SSCN BKN juga sering down dalam perbaikan, jelang penerimaan CPNS 2018 ini.

Guna merekrut tenaga CPNS ASN yang profesional dan berkualitas, BKN juga sudah ada sebuah tim khusus. Yaitu (Panselnas) Panitia Seleksi Nasional, yang terdiri atas 7 tim.

Badan Kepegawaian Nasional juga menyediakan Helpdesk di situs mereka. Terutama untuk menjawab beberapa pertanyaan dari calon pendaftar. Biasanya pendaftar ada yang kebingungan ketika pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018. Itulah gunanya menu Helpdesk tersebut.

Tambah BKN, “Mekanisme Pendaftaran peserta CPNS 2018 lebih mudah dan terintegrasi nih #SobatBKN”.

Formasi CPNS 2018 akan prioritaskan Tenaga Kesehatan dan Pendidikan (guru). Prioritas utama formasi CPNS 2018 adalah bagi tenaga pendidik dan kesehatan.

Menteri Asman juga menambahkan, kalau seleksi CPNS 2018 akan dilaksanakan secara transparan dan bersih.

Jelas Menteri Asman, “Ada 220 ribu ASN yang pensiun, oleh sebab itu dalam waktu dekat ini akan diumumkan formasinya untuk menempati posisi di pemerintah daerah dan kementerian atau lembaga. Seleksi akan dilakukan oleh BKN”.

Pemerintah pusat nantinya akan menerapkan sistem “Minus growth“, pertumbuhan berkurang. Yaitu jumlah CPNS yang diterima tidak lebih dari 200.000 orang. Namun, khusus lowongan CPNS 2018, formasi khusus guru akan ada tambahan 100 ribu formasi. Baca selalu Syarat Pendaftaran CPNS 2018 Untuk S1, Persyaratan CPNS Lulusan SMA ini.

Tambahan formasi CPNS guru akan di luar dari teknis yang sudah ditentukan. Sepertinya guru honorer bakal ada teknis khusus yang akan dilalui. Akan tetapi Honorer Administrasi harus bersabar lebih. Soalnya belum ada kepastian formasi CPNS untuk Honorer K2 administrasi atau fungsional umum.

Semoga saja untuk tahun depan dibuka formasi CPNS 2019 khusus tenaga Honorer K2 fungsional umum / Administrasi. Untuk menjadi CPNS 2018, guru honorer juga wajib ikut tes seleksi. Ingat, hanya guru Honorer K2 yang memenuhi syarat bisa ikut tes CPNS.

Semua rangkaian tahapan seleksi penerimaan CPNS akan dilaksanakan secara transparan. Bebas dari model titipan pejabat dan kerabat, katanya sih. Akan dibuka Formasi CPNS Guru sekitar 100.000 orang untuk tahun ini. Jumlah tersebut di luar teknis yang 200 ribu formasi cpns diatas.

Karena untuk menambah kekurangan tenaga guru di seluruh daerah. Dari data Kemendikbud, Indonesia kekurangan tenaga guru sekitar 700.000 orang. Ya, bahwa kita kekurangan guru sebanyak 700 ribu an. Hal ini juga berdasarkan data Kemendikbud.

Meskipun begitu, formasi guru hanya akan dibuka sekitar 100.000 saja. Sedangkan kekurangan tenaga pendidik atau guru lainnya akan dicicil pertahun. Dan untuk formasi CPNS tenaga kesehatan, hingga kini belum ada kepastian. Kemungkinan seluruh data dari KemenKes belum terkumpul seluruhnya.

Selain itu, ternyata formasi tenaga diaspora juga belum terkumpul, katanya masih menunggu data final dari Kementerian Luar Negeri. Dengan sabar Anda sudah menanti Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS, sebaiknya lakukanlah beberapa hal seperti berikut.

Tentunya dengan mempersiapkan dokumen Syarat Pendaftaran CPNS 2018 S1, Persyaratan CPNS Lulusan SMA. Harap di persiapkan yang lengkap, baik dokumen asli ataupun berkas copy legalisir resmi. Lebih lengkapnya dengan Syarat Pendaftaran Online CPNS 2018, silahkan dibaca berikut ini.


Cpns 2018 via youtube.com

Inilah Syarat CPNS 2018 Untuk S1, Persyaratan CPNS Lulusan SMA.

Syarat CPNS 2018 Untuk S1 antara lain :

  • Fotokopi KTP;
  • Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir;
  • Surat keterangan akreditasi dari BAN PT;
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm, 4 lembar background merah.

Untuk Syaratan CPNS 2018 Lulusan SMA sederajat dan D3 antara lain :

  • Materai Rp 6.000;
  • Fotokopi KTP;
  • Fotokopi ijazah/STTB;
  • Fotokopi ijazah SD;
  • Fotokopi ijazah SLTP;
  • Fotokopi ijazah SLTA.

Peringatan keras !!

Jangan sampai lupa, NIK dan KK Anda wajib telah terdaftar di Disdukcapil. Bila belum terdaftar, secepatnya Anda mengurusnya di Disdukcapil terdekat.

Demikian penjelasan mengenai syarat CPNS 2018 kami berikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda, serta bagi Anda yang akan daftar menjadi calon CPNS semoga berhasil dan tetap semangat.
Top