Setelah Gempa 6,1 SR di Papua, Kini Gempa 4,2 Terjadi di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan

Komentar

Gempa kembali menggungcang wilayah Indonesia (tribunnews.com)

Innalillahi Wa Innailahi Rojiun...

Kemarin, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua diguncang gempa bumi tektonik dengen kekutan 6,1 skala richter. Kini, gempa berkekuatan magnitudo 4,2 terjadi di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Ampuni kami ya Allah...

Minggu (16/12/2018) pukul 18.42 WIT. Gempa berkekuatan 6,1 skala richter mengguncang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,97 LS dan 140,35 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 57 km arah timur laut Kota Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Propinsi Papua, pada kedalaman 74 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi continental basement di bawah 'Jaya Wijaya Fold and Thrust Belt'.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar turun (normal fault).

"Dampak gempa bumi berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Keerom III-IV MMI, di Wamena III-IV MMI, di Jayapura II-III MMI, di Sentani II-III MMI, di Merauke II MMI, dan di Nabire II MMI," ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili menambahkan, Distrik Towe Hitam, Kabupaten Keerom, merupakan daerah yang lebih dekat dengan kejadian pusat gempa bumi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah yang dekat dengan daerah sumber kejadian, agar meningkatkan kewaspadaan dari kejadian gempa bumi ini, dan berhati-hatilah di daerah perbukitan atau lereng yang rawan longsor," kata dia.

Sehari berselang, kini Gempa berkekuatan magnitudo 4,2 terjadi di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Dilansir dari twitter @infoBMKG, Senin (17/12/2018), gempa terjadi sekitar pukul 05.06 WIB pada koordinat 3,75 LS-120,30 BT.

Pusat gempat berada di darat 7 Km Utara Kabupaten Wajo. Titik gempa berada di kedalaman 10 Km.

Selain terasa di Wajo, guncangan juga terasa di Kabupaten Sidenreng Rappang.

Update terbaru.

Gempa berkekuatan magnitudo 2,7 kembali mengguncang Kabupaten Wajo pada pukul 06:55:49 WIB.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui ada-tidaknya korban atau kerusakan akibat gempa ini.
Top