Semangka Buah Kesukaan Rasulullah yang Banyak Mengandung Manfaat

Komentar

Sumber gambar sahabatnestle.co.id

Jangan makan semangka jika belum makan bisa menyebabkan diare, masih mempercayai mitos seperti itu ?

Rasulullah sangat menyukai buah yang satu ini karena banyak mengandung manfaat didalamnya.

Setiap orang pasti mengenal semangka, buah manis dan banyak mengandung air dan berbentuk bulat besar dengan kulit berwarna hijau.

Begitupun Rasulullah SAW sangat menyukai semangka, mengapa Rasulullah lebih menyukai semangka dibandingkan dengan buah yang lain?

Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata, “Sesungguhnya Nabi-shallallahu alaihi wasallam-sering makan semangka disertai ruthab." (HR. at-Tirmidzy no 1843, dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843).

Kandungan Semangka

Ibnu Qayyim berpendapat bahwa yang dimaksud dengan Al-Biththikh (semangka) adalah semangka berkulit hijau (bukan melon yang di dalam bahasa Arab juga disebut dengan nama yang sama, yakni Al-Biththikh).

Buah ini lebih cepat dicerna oleh lambung daripada buah ketimun dan wortel. Di samping itu, ia juga cepat mengalami perubahan ketika bercampur dengan zat-zat lain di dalam lambung. Buah ini sebaiknya dikonsumsi sebelum makan.

Selain kandungan buah yang memiliki banyak manfaat, berikut diantaranya:

Menurunkan Tekanan Darah

Orang yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah semangka. Semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung.

Baca juga:

  1. Mencerdaskan Anak dengan 5 Makanan Bernutrisi Terbaik Untuk Otak Anak
  2. Akibat Anak Kecanduan Bermain Hp, Balita 4 Tahun Ini Harus Jalani Operasi Mata Karena Derita Gangguan Ini
Mengatasi Sembelit atau susah buang air besar

Semangka adalah buah yang memiliki kandungan serat dan air dalam jumlah tinggi. Jika memiliki masalah buang air besar in syaa Allah serat dalam semangka bisa mengatasi masalah sembelit ini, terutama jika kekurangan serat larut dalam usus.

Mencegah Dehidrasi

Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kurang bisa konsentrasi. Selain itu kekurangan air juga bisa membuat ginjal bekerja lebih berat sehingga bisa menimbulkan gangguan pada ginjal. Oleh sebab itu mengonsumsi buah semangka bisa mencegah dehidrasi tubuh karena kandungan air yang banyak dikandungnya.

Mengurangi resiko hipertensi dan stroke

Pada buah semangka terdapat karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi . Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan jika mengkonsumsi semangka dengan rutin. Kalium yang dikandung semangka juga menyehatkan jantung.

Buat yang kurang menyukai buah semangka, mungkin perlu belajar untuk mengonsumsi buah merah ini! 
Top