Rugi Jika Ditinggalkan, Ini Alasan Mengapa Rasulullah SAW Anjurkan Untuk Tidur Siang

Komentar

Sumber gambar lifestyle.kompas.com

Meskipun waktunya singkat, sempatkan untuk berbaring atau tidur sejenak di pertengahan siang.

Sunnah Rasulullah yang jarang untuk dilakukan karena sesungguhnya setan tidak pernah tidur siang.

Tidur siang memberikan banyak manfaat untuk tubuh, memberikan jeda bagi tubuh untuk beristirahat sejenak dari aktivitas agar kembali bugar dan siap untuk melanjutkan aktivitas yang lainnya.

Terlepas dari manfaatnya secara kesehatan, tidur siang ternyata adalah sunnah yang diajarkan dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebagaimana beliau memerintahkan kita untuk tidur siang dalam sabdanya:

" Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang." (HR. Abu Nu’aim)

Anjuran melakukan tidur siang ini Rasullulah SAW lakukan mengikuti firman Allah SWT di dalam Alquran tentang keberkahan melakukan tidur di tengah hari.

Semasa hidupnya, Rasulullah memiliki kebiasaan tidur siang. Namun, durasi tidur siang beliau tidaklah lama sekitar 10-15 menit.

"Jadi bukan tidur seharian ya. Itu salah," ungkap Pimpinan Lembaga Dahwah Kratif iHaqi, Ustaz Erick Yusuf seperti yang dikutip dari republika.co.id.

Baca juga:

  1. Semangka Buah Kesukaan Rasulullah yang Banyak Mengandung Manfaat
  2. Mencerdaskan Anak dengan 5 Makanan Bernutrisi Terbaik Untuk Otak Anak
  3. Bisul Dihidung Jangan Disepelekan, Anak ini Meninggal Akibat Bisul di Hidung yang Infeksi Menjalar Ke Otak

Anjuran melakukan tidur siang ini Rasullulah SAW lakukan mengikuti firman Allah SWT di dalam Alquran tentang keberkahan melakukan tidur di tengah hari.

" Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (Ar-Ruum :23)

Begitu nikmat dan berkahnya melakukan tidur siang para sahabat Rasullulah SAW pun mengikuti dan mengamalkannya.

" Mereka (para sahabat) dulu biasa melaksanakan shalat Jum’at, kemudian istirahat siang." (HR. Al-Bukhari)

Jika para sahabat saja bersemangat mengikuti perintah Rasulullah SAW serta mengajak yang lainnya melakukan kebaikan ini, tentu kita tak pantas meninggalkannya.

Selain mendapat manfaat tubuh yang segar, tidur siang bisa menjauhkan kita dari godaan setan karena ketaatan kita kepada Allah SWT dan membiasakan diri meneladani sunnah Rasullulah SAW.
Top