Manfaat Kursus Bahasa Inggris di Era Globalisasi Ini

Komentar

Bahasa inggris via wikimedia.web.id

Di era globalisasi ini bisa bahasa inggris merupakan sesuatu yang dikatakan wajib, berikut ini 18 manfaat kursus bahasa inggris di era globalisasi ini. Tempat kursus bahasa inggris selalu menjadi tujuan utama bagi para masyarakat yang ingin mempelajari bahasa Inggris. Pasalnya, tempat kursus mengakomodasi kebutuhan yang kita perlukan.

Untuk kamu yang memang belum pandai berbahasa inggris jangan berkecil hati, karena tidak ada kata terlambat untuk belajar. Segeralah kamu mencari tempat kursus bahasa inggris yang menurutmu nyaman untuk kamu belajar disana, karena tempat juga akan berpegaruh pada proses pembelajaran nanti.

Mengetahui tentang manfaat kursus bahasa Inggris dapat meningkatkan semangat & cita - cita kita di dalam mempelajari bahasa internasional, langsung saja dibawah ini adalah Manfaat Kursus Bahasa Inggris di Era Globalisasi.


Manfaat via ibuprofesionalsemarang.com

Manfaat Kursus Bahasa Inggris

1. Menambah pengetahuan.

Menurut pengertiannya, pengetahuan adalah informasi yang disadari oleh seseorang. Maka, mengacu pada apa yang telah dijabarkan tersebut, kalian pasti mengerti kenapa hal ini bisa masuk dalam 18 manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi.

Tentu saja, pengetahuan seharusnya disadari oleh setiap manusia. Namun, bagaimana jika kita hanya mengenal satu bahasa saja? Pasti pengetahuan tersebut tidak sepenuhnya maksimal kita dapatkan. Mengetahui beragam bahasa tentu saja akan sangat membantu kalian dalam mendapatkan banyak pengetahuan. Namun, jika menguasai beragam macam bahasa itu hal sulit, bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat bisa mewakilkan semua bahasa.

Kenapa? Karena bahasa Inggris adalah bahasa universal. Maka dari itu, pelajarilah bahasa Inggris semaksimal mungkin dari sekarang.

2. Mempermudah untuk berkomunikasi dengan orang lain

Kita hidup di bumi yang notabenenya dihuni oleh berbagai macam orang dan tentunya dari berbagai macam negara. Sebagaimana kodrat manusia sebagai makhluk sosial, tentu kita harus berkomunikasi dengan sesama manusia lainnya.

Maka, tentu saja, salah satu dari 18 manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi ini adalah membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Kita semua tau, bahasa Inggris adalah bahasa yang universal. Maka, tentu saja bahasa Inggris termasuk bahasa yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di bumi ini.

Dalam hidup, kita tidak mungkin nantinya hanya akan bertemu dengan orang-orang yang satu negara dengan kita. Pada masanya, kita akan bertemu dengan orang-orang asing. Kelak, jika kita menguasai bahasa Inggris, pasti sangat membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang asing tersebut.

3. Membuatmu terlihat keren.

‘What’s up, man’

‘Anyway’

‘By the way’

‘On the way’

Kita pasti tidak asing dengan kata-kata tersebut. Untuk orang-orang Indonesia, mereka yang menyisipkan kata tersebut di dalam obrolan-obrolan sehari-hari, tentu membuat mereka terlihat lebih keren diantara yang lainnya. Itulah mengapa hal ini bisa masuk dalam daftar manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi seperti sekarang ini.

4. Membuatmu merasa aman ketika liburan.

Untuk kebanyakan orang, liburan adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan, terlebih apabila liburannya di luar negeri yang notabenenya terdapat banyak orang-orang asing.

Kalimat diatas sudah cukup menjelaskankan perihal kenapa hal ini masuk dalam 18 manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi, bukan?

Untuk orang yang kurang mahir berbahasa Inggris, hal ini tentu menjadi kendala sehingga liburannya pun terasa dibatasi. Namun, untuk orang yang mahir berbahasa Inggris, tentu hal ini tidak menjadi masalah sehingga destinasi liburan untuknya terasa sangat tidak terbatas.

Maka, untuk kalian pecinta travelling yang ingin memperluas destinasi liburan kalian di berbagai dunia, sebaiknya mulai dari sekarang pelajari bahasa Inggris.

5. Membuatmu lebih percaya diri.

Manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi selanjutnya adalah tentang kepercayaan diri. Pada dasarnya, manusia itu memiliki sisi minder dan percaya diri. Namun kebanyakan, sebagian manusia justru lebih memiliki sisi minder yang berlebih ketimbang sisi percaya dirinya.

Untuk mengatasi masalah minder tersebut, menguasai bahasa Inggris bisa menjadi salah satu elemen untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menyingkirkan keminderan yang menyerang itu.

Mengacu pada poin nomer 3 yang sudah dijabarkan diatas, terlihat keren dimata orang lain tentu akan meningkatkan rasa kepercayaan diri kita. Dimanapun kita berada, ketika kita bisa menunjukkan bahwa kita bisa berbahasa Inggris, kita pun akan dipandang sebagai orang yang intelek oleh orang lain dan hal ini sangat membantu kita untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

6. Semakin update.

Manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi ini salah satunya adalah membuat kita semakin update atas perkembangan-perkembangan berita yang di dunia.

Mengetahui perkembangan-perkembangan berita secara up to date tentu akan membuat wawasan kita terbuka atas apa-apa saja yang ada. Hal ini sangat membantu ketika kita berkumpul dengan banyak orang dalam suatu forum untuk mengikuti atau menyampaikan berbagai obrolan yang membahas tentang isu-isu yang hangat pada masa itu.

7. Rasional.

Mungkin diantara dari kalian menganggap bahwa hal ini aneh. Namun, pada kenyataannya, salah satu manfaat dari belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi ini adalah bisa membuat kita bersikap rasional.

Hal ini dikarenakan untuk mereka yang memiliki keahlian dalam dua bahasa tentu akan membuat otaknya dapat memproses apa-apa saja masalah yang mendera, kemudian mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut tanpa menggunakan emosi semata.

Mereka yang menguasai dua bahasa secara langsung akan membuat logika mereka terasah dan bisa mengambil keputusan yang nantinya tidak berdampak negatif di masa yang akan datang.

8. Pendidikan Akademis.

Manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi selanjutnya adalah mengenai pendidikan akademis. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, untuk seseorang yang menginginkan untuk lanjut pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti S1 ataupun S3 di perguruan tinggi terkemuka, ada syarat yang mematok agar kita bisa memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Syarat ini biasanya dilihat pada nilai TOEFL diatas 500.

Maka, mengacu pada syarat tersebut, ada baiknya bahasa Inggris memang dipelajari agar kelak bagi mreka yang memiliki cita-cita untuk menjadi doktor atau professor bisa tercapai dengan lancar seiring berjalannya waktu.

9. Bekerja sebagai Translator.

Manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi selanjutnya adalah mencakup masalah pekerjaan. Pada dasarnya, pekerjaan translator di Indonesia itu cukup dibutuhkan.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kita pun bisa mendapatkan penghasilan dari hal tersebut. Lumayan bukan.


Kursus bahasa inggris via informasi-pendidikan.com

10. Dapat Beradaptasi dengan Lingkungan Baru.

Manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi selanjutnya adalah mencakup masalah beradaptasi.

Sebagai manusia, seharusnya kita bisa beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan yang akan ditempati nantinya. Seseorang yang pandai berbahasa inggris tentu akan dapat dengan cepat mengetahui dan memahami tentang penggunaan bahasa di lingkungan baru tersebut, karena memang sudah jelas bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa universal.

Maka, untuk mereka yang berpergian ke suatu tempat dan bertemu dengan lingkungan baru ada baiknya bisa berbahasa Inggris agar dapat dengan mudah menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar.

11. Memudahkan diri untuk bergaul.

Siapa sangka, salah satu manfaat belajar Inggris di Era Globalisasi selanjutnya adalah bisa memudahkan diri kita untuk bergaul. Pasalnya, menguasai bahasa Inggris itu akan membuat kita memahami bagaimana kultur suatu bangsa.

Maka, dengan menguasai bahasa Inggris, kita pun jadi semakin berhati-hati dan semakin pandai dalam mengucapkan kata demi kata agar tidak menyinggung orang lain. Hal ini pun menimbulkan dampak baik untuk kita yang jadi terkesan asik untuk diajak mengobrol dan orang lain jadi suka dengan keberadaan kita.

12. Meningkatkan Kemampuan Diri.

Manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi selanjutnya adalah semakin meningkatkan kemampuan pada diri kita. Hal itu sudah jelas karena untuk mereka yang pandai berbahasa Inggris, mereka akan disegani oleh orang-orang sekitar.

Hal itu dikarenakan memang banyak orang yang mengakui bahwa mempelajari dan menguasai bahasa Inggris itu memang suatu hal yang susah.

Dalam ruang lingkup tempat kerja, mereka yang pandai berbahasa Inggris akan dianggap sebagai karyawan atau pekera yang peranannya dianggap sangat penting dalam menjalin hubungan dengan mitra-mitra asing.

13. Mengetahui Teknologi.

Ya, memang, manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi seperti sekarang ini adalah membantu kita untuk mengetahui teknologi-teknologi yang ada.

Pada dasarnya, mungkin hal ini memang dianggap sepele oleh banyak orang. Namun, pada kenyataannya, hal ini pun memang sering membuat kita bingung akan ketidakpahaman mengenai teknologi yang kita sepelekan tersebut.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kita tentu akan sangat mengetahui bagaimana cara mengoperasikan suatu teknologi seperti komputer, smartphone, internet, software dan juga teknologi-teknologi lainnya.

14. Sebagai Sarana Untuk Memperkenalkan Budaya Negeri

Untuk orang yang berjiwa nasionalis, manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi yang satu ini tentu sangat bisa dibanggakan untuk mereka. Pasalnya, untuk mereka yang bisa berbahasa Inggris, mereka bisa membantu Indonesia untuk memperkenalkan budaya-budayanya ke ranah dunia.

15. Bisa menjadi Mentor atau Pengajar

Setiap orang merasa ingin berguna bagi orang lain. Maka, manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi yang satu ini bisa membuat kalian berguna bagi orang banyak. Pasalnya, untuk mereka yang menguasai bahasa Inggris, tentu mereka bisa membagikan ilmu bahasa Inggris ke banyak orang.

Menjadi Mentor atau Pengajar adalah satu profesi yang banyak orang pilih ketika mereka memiliki skill bahasa Inggris yang mumpuni.

16. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi selanjutnya adalah dapat meningkatkan daya konsentrasi. Hal ini didasari karena untuk mereka yang mahir dalam berbahasa Inggris akan membuat mereka lebih fokus untuk mendengar ejaan-ejaan yang diucapkan.

Maka, semakin mereka berkonsentrasi dalam mendengarkan ejaan-ejaan tersebut, secara otomatis kualitas konsentrasi mereka akan berkembang dan meningkat.

17. Bisa dapat Beasiswa di Luar Negeri

Beasiswa di Luar Negeri adalah salah satu hal yang diinginkan banyak orang. Maka, manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi ini dapat mengantarkan mereka untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Jadi, untuk kalian yang benar-benar berminat ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri, lebih baik mulai pelajari bahasa Inggris secara dalam karena memang kelancaran bahasa Inggris itulah yang menjadi syarat penting untuk mencapai itu.

18. Memudahkan Diri Untuk Mempelajari Bahasa-Bahasa Lainnya

Manfaat belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi yang terakhir dan sangat bermanfaat adalah bisa memudahkan kalian untuk memahami bahasa-bahasa lainnya.

Hal ini dikarenakan ketika kalian paham bahasa Inggris, maka untuk mempelajari bahasa-bahasa lainnya pun akan terasa mengalir dan terkesan mudah.


Belajar via educenter.id

Menarik bukan?

Jadi, demikian 18 manfaat kursus bahasa Inggris di Era Globalisasi yang mungkin masih banyak manfaat-manfaat lainnya lagi. Untuk kalian yang merasa tergerak dirinya untuk mengikuti kursus bahasa Inggris, mulailah mencari tempat kursus dari sekarang, karena tidak ada kata terlambat jika ingin belajar.

Jadi, kapan mau memulainya? Selamat belajar.
Top